Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta
Sanggar Anak Alam Yogyakarta (SALAM) merupakan sekolah alternatif/sekolah nonformal penyelenggara pendidikan untuk anak usia dini yang memiliki pola parenting/pola pembelajaran yang memerdekakan siswanya dalam berfikir dan berekspresi. Dengan pola parenting tersebut, SALAM dirasa kurang mampu mengha...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yk.
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34858 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-34858 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-348582017-08-31T10:44:56Z Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta WICAKSONO, Noor Fatih Ario Moveable Design Ramah Anak Desain Interior FSR ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34858 DI/Wic/p/2017 Sanggar Anak Alam Yogyakarta (SALAM) merupakan sekolah alternatif/sekolah nonformal penyelenggara pendidikan untuk anak usia dini yang memiliki pola parenting/pola pembelajaran yang memerdekakan siswanya dalam berfikir dan berekspresi. Dengan pola parenting tersebut, SALAM dirasa kurang mampu menghadirkan ruang belajar yang ramah anak dan kurang mampu menghadirkan ruang belajar yang dapat merangsang kebebasan berfikir siswa. Tujuan perancangan ini adalah menjadikan SALAM menjadi lebih ramah anak dan lebih mampu merangsang kebebasan berfikir siswa dengan mempertahankan kesan ekologis dari bangunan sekolah. Oleh karena itu, perancang mengangkat konsep “built your own learning place”. Konsep ini bertujuan untuk merangsang kebebasan berfikir dan imajinasi siswa dimana siswa dapat membangun ruang belajarnya sendiri di dalam kelas. Perancang juga menghadirkan ruang tematik dengan tema rumah pohon agar suasana ruang lebih menyenangkan. Dalam penerapan konsep tersebut, perancang menghadirkan moveable design atau desain yang dinamis dan mobile, dengan mendesain furniture yang mudah dipindah-pindahkan oleh siswa sesuai metode belajar yang sedang berjalan di kelas. Selain mobile, furnitur tersebut didesain dengan bentuk yang modular sehingga dapat digabung maupun dipisah satu sama lain. Perancang juga mendesain ruang seintetaktif mungkin dengan menghadirkan permainan interaktif dan dinding interaktif untuk menyalurkan imajinasi anak dalam bentuk coretan atau gambar. Warna dominan yang perancang pilih adalah orange, hijau, putih, dan hitam. Yogyakarta xii, 87 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Moveable Design Ramah Anak Desain Interior NONE |
spellingShingle |
Moveable Design Ramah Anak Desain Interior NONE WICAKSONO, Noor Fatih Ario Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta |
description |
Sanggar Anak Alam Yogyakarta (SALAM) merupakan sekolah alternatif/sekolah nonformal penyelenggara pendidikan untuk anak usia dini yang memiliki pola parenting/pola pembelajaran yang memerdekakan siswanya dalam berfikir dan berekspresi. Dengan pola parenting tersebut, SALAM dirasa kurang mampu menghadirkan ruang belajar yang ramah anak dan kurang mampu menghadirkan ruang belajar yang dapat merangsang kebebasan berfikir siswa. Tujuan perancangan ini adalah menjadikan SALAM menjadi lebih ramah anak dan lebih mampu merangsang kebebasan berfikir siswa dengan mempertahankan kesan ekologis dari bangunan sekolah. Oleh karena itu, perancang mengangkat konsep “built your own learning place”. Konsep ini bertujuan untuk merangsang kebebasan berfikir dan imajinasi siswa dimana siswa dapat membangun ruang belajarnya sendiri di dalam kelas. Perancang juga menghadirkan ruang tematik dengan tema rumah pohon agar suasana ruang lebih menyenangkan. Dalam penerapan konsep tersebut, perancang menghadirkan moveable design atau desain yang dinamis dan mobile, dengan mendesain furniture yang mudah dipindah-pindahkan oleh siswa sesuai metode belajar yang sedang berjalan di kelas. Selain mobile, furnitur tersebut didesain dengan bentuk yang modular sehingga dapat digabung maupun dipisah satu sama lain. Perancang juga mendesain ruang seintetaktif mungkin dengan menghadirkan permainan interaktif dan dinding interaktif untuk menyalurkan imajinasi anak dalam bentuk coretan atau gambar. Warna dominan yang perancang pilih adalah orange, hijau, putih, dan hitam. |
format |
Tugas Akhir |
author |
WICAKSONO, Noor Fatih Ario |
author_facet |
WICAKSONO, Noor Fatih Ario |
author_sort |
WICAKSONO, Noor Fatih Ario |
title |
Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta |
title_short |
Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta |
title_full |
Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta |
title_fullStr |
Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta |
title_sort |
perancangan interior tk sanggar anak alam yogyakarta |
publisher |
FSR ISI Yk. |
publishDate |
2017 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34858 |
_version_ |
1741200217049399297 |