Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta

Sanggar Anak Alam Yogyakarta (SALAM) merupakan sekolah alternatif/sekolah nonformal penyelenggara pendidikan untuk anak usia dini yang memiliki pola parenting/pola pembelajaran yang memerdekakan siswanya dalam berfikir dan berekspresi. Dengan pola parenting tersebut, SALAM dirasa kurang mampu mengha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WICAKSONO, Noor Fatih Ario
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34858
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-34858
record_format oai_dc
spelling isilib-348582017-08-31T10:44:56Z Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta WICAKSONO, Noor Fatih Ario Moveable Design Ramah Anak Desain Interior FSR ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34858 DI/Wic/p/2017 Sanggar Anak Alam Yogyakarta (SALAM) merupakan sekolah alternatif/sekolah nonformal penyelenggara pendidikan untuk anak usia dini yang memiliki pola parenting/pola pembelajaran yang memerdekakan siswanya dalam berfikir dan berekspresi. Dengan pola parenting tersebut, SALAM dirasa kurang mampu menghadirkan ruang belajar yang ramah anak dan kurang mampu menghadirkan ruang belajar yang dapat merangsang kebebasan berfikir siswa. Tujuan perancangan ini adalah menjadikan SALAM menjadi lebih ramah anak dan lebih mampu merangsang kebebasan berfikir siswa dengan mempertahankan kesan ekologis dari bangunan sekolah. Oleh karena itu, perancang mengangkat konsep “built your own learning place”. Konsep ini bertujuan untuk merangsang kebebasan berfikir dan imajinasi siswa dimana siswa dapat membangun ruang belajarnya sendiri di dalam kelas. Perancang juga menghadirkan ruang tematik dengan tema rumah pohon agar suasana ruang lebih menyenangkan. Dalam penerapan konsep tersebut, perancang menghadirkan moveable design atau desain yang dinamis dan mobile, dengan mendesain furniture yang mudah dipindah-pindahkan oleh siswa sesuai metode belajar yang sedang berjalan di kelas. Selain mobile, furnitur tersebut didesain dengan bentuk yang modular sehingga dapat digabung maupun dipisah satu sama lain. Perancang juga mendesain ruang seintetaktif mungkin dengan menghadirkan permainan interaktif dan dinding interaktif untuk menyalurkan imajinasi anak dalam bentuk coretan atau gambar. Warna dominan yang perancang pilih adalah orange, hijau, putih, dan hitam. Yogyakarta xii, 87 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Moveable Design
Ramah Anak
Desain Interior
NONE
spellingShingle Moveable Design
Ramah Anak
Desain Interior
NONE
WICAKSONO, Noor Fatih Ario
Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta
description Sanggar Anak Alam Yogyakarta (SALAM) merupakan sekolah alternatif/sekolah nonformal penyelenggara pendidikan untuk anak usia dini yang memiliki pola parenting/pola pembelajaran yang memerdekakan siswanya dalam berfikir dan berekspresi. Dengan pola parenting tersebut, SALAM dirasa kurang mampu menghadirkan ruang belajar yang ramah anak dan kurang mampu menghadirkan ruang belajar yang dapat merangsang kebebasan berfikir siswa. Tujuan perancangan ini adalah menjadikan SALAM menjadi lebih ramah anak dan lebih mampu merangsang kebebasan berfikir siswa dengan mempertahankan kesan ekologis dari bangunan sekolah. Oleh karena itu, perancang mengangkat konsep “built your own learning place”. Konsep ini bertujuan untuk merangsang kebebasan berfikir dan imajinasi siswa dimana siswa dapat membangun ruang belajarnya sendiri di dalam kelas. Perancang juga menghadirkan ruang tematik dengan tema rumah pohon agar suasana ruang lebih menyenangkan. Dalam penerapan konsep tersebut, perancang menghadirkan moveable design atau desain yang dinamis dan mobile, dengan mendesain furniture yang mudah dipindah-pindahkan oleh siswa sesuai metode belajar yang sedang berjalan di kelas. Selain mobile, furnitur tersebut didesain dengan bentuk yang modular sehingga dapat digabung maupun dipisah satu sama lain. Perancang juga mendesain ruang seintetaktif mungkin dengan menghadirkan permainan interaktif dan dinding interaktif untuk menyalurkan imajinasi anak dalam bentuk coretan atau gambar. Warna dominan yang perancang pilih adalah orange, hijau, putih, dan hitam.
format Tugas Akhir
author WICAKSONO, Noor Fatih Ario
author_facet WICAKSONO, Noor Fatih Ario
author_sort WICAKSONO, Noor Fatih Ario
title Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta
title_short Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta
title_full Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta
title_fullStr Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta
title_full_unstemmed Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta
title_sort perancangan interior tk sanggar anak alam yogyakarta
publisher FSR ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34858
_version_ 1741200217049399297