Perancangan buku digital interaktif sejarah Stasiun Samarang
Pelajaran sejarah memerlukan pembaharuan dalam penyebaran informasi dan materi kepada pelajar. Pasalnya minat pelajar untuk belajar semakin bergeser seiring kedekatan media habit pelajar dengan teknologi dan internet. Pentingnya pembaharuan dalam pengajaran materi sejarah adalah tingginya kompleksit...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34881 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pelajaran sejarah memerlukan pembaharuan dalam penyebaran informasi dan materi kepada pelajar. Pasalnya minat pelajar untuk belajar semakin bergeser seiring kedekatan media habit pelajar dengan teknologi dan internet. Pentingnya pembaharuan dalam pengajaran materi sejarah adalah tingginya kompleksitas materi sejarah yang harus dicerna oleh pelajar. Keterbatasan pendidik dalam mengamati, membuktikan, dan menginterpretasi masa lampau mendorong adanya media yang tepat untuk mengajarkan materi sejarah kepada pelajar. Disamping itu, keberadaan sejarah sangat penting untuk pelajar sebagai generasi penerus bangsa, terutama sejarah yang mengalami punah seperti Sejarah Stasiun Samarang. Stasiun Samarang sebagai saksi bisu sejarah perkeretaapian di Indonesia mengalami kemunduran sejak penjajahan Jepang. Minimnya data tentang Stasiun Samarang membuat sejarah tentang stasiun ini semakin tertelan zaman. Perancangan buku digital interaktif Sejarah Stasiun Samarang ini membantu mengangkat eksistensi Stasiun Samarang dengan menggunakan media digital interaktif yang dikemas dalam sajian cerita yang kompleks dan menarik seputar pembangunan dan kejayaan Stasiun Samarang dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber. Media digital interaktif ini termasuk salah satu strategi dalam media pembelajaran ditengah maraknya teknologi dan internet di kalangan pelajar. Materi sejarah yang disajikan secara informatif dapat menarik perhatian remaja sebagai generasi penerus bangsa. Keterlibatan dan kedekatan pelajar dengan teknologi, internet, dan sosial media dapat membantu menyebarluaskan sejarah tentang Stasiun Samarang kepada masyarakat |
---|