Silang Menyilang
Sampai saat ini perkembangan seni karawitan Bali terus memperlihatkanperubahan dan pembaruan yang cukup mendasar, serta disemarakkan olehmunculnya berbagai jenis karya baru. Namun, seiring berkembangnya kreativitaspelaku seni (seniman), perubahan dan pembaruan tersebut tidak lagi didasari ataspemaha...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34889 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-34889 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-348892017-09-04T15:52:39Z Silang Menyilang SANTIKA, I Kadek Dwi prakempa pembawa irama pembawa gending alih fungsi PPS ISI Yogyakarta 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34889 TES/MN/San/s/2016 Sampai saat ini perkembangan seni karawitan Bali terus memperlihatkanperubahan dan pembaruan yang cukup mendasar, serta disemarakkan olehmunculnya berbagai jenis karya baru. Namun, seiring berkembangnya kreativitaspelaku seni (seniman), perubahan dan pembaruan tersebut tidak lagi didasari ataspemahaman mengenai aturan-aturan dalam gamelan Bali. Guna menanggulangigejala tersebut, alih fungsi instrumentasi dalam gamelan Bali sebagai gagasanakan menjadi tawaran dalam perjalanan kehidupan seni karawitan Bali denganberporos pada aturan yang telah ada.Tujuan penciptaan karya Silang Menyilang adalah menemukan kemungkinanyang terjadi dari permainan instrumen pembawa gending yang diolah menjadiinstrumen pembawa irama dan menemukan kemungkinan yang terjadi daripermainan instrumen pembawa irama yang diolah menjadi instrumen pembawagending. Temuan dari tujuan penciptaan karya komposisi musik SilangMenyilang, diharapkan dapat memberi sumbangan pemikiran-pemikiran baru dariranah ide maupun konsep dalam penciptaan karya karawitan Bali selanjutnya.Kajian pustaka dan teori yang mendukung dalam proses pembentukan karyaSilang Menyilang menggunakan sumber tinjauan pustaka dan sumber tinjauankarya. Sementara itu, landasan penciptaannya menggunakan prakempa (lontargamelan Bali) sebagai teori dasar dalam proses penciptaan. Aspek yangterkandung dalam lontar tersebut adalah tatwa (filsafat), susila (etika), lango(estetika) dan gagebug (teknik).Proses penciptaan karya Silang Menyilang menggunakan tiga tahapan yaitutahap perencanaan, pembentukan dan penyajian. Melalui analisis kemungkinankemungkinanalih fungsi, maka diperoleh suatu konsep bahwa pengalihfungsianinstrumentasi dalam karya Silang Menyilang dilakukan dalam tiga langkah yaitumempertimbangkan aspek warna suara, motif permainan dan instrumentasi Yogyakarta xi, 215 hal.: ilus., lamp., 30 cm TES/MN http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
prakempa pembawa irama pembawa gending alih fungsi TES/MN |
spellingShingle |
prakempa pembawa irama pembawa gending alih fungsi TES/MN SANTIKA, I Kadek Dwi Silang Menyilang |
description |
Sampai saat ini perkembangan seni karawitan Bali terus memperlihatkanperubahan dan pembaruan yang cukup mendasar, serta disemarakkan olehmunculnya berbagai jenis karya baru. Namun, seiring berkembangnya kreativitaspelaku seni (seniman), perubahan dan pembaruan tersebut tidak lagi didasari ataspemahaman mengenai aturan-aturan dalam gamelan Bali. Guna menanggulangigejala tersebut, alih fungsi instrumentasi dalam gamelan Bali sebagai gagasanakan menjadi tawaran dalam perjalanan kehidupan seni karawitan Bali denganberporos pada aturan yang telah ada.Tujuan penciptaan karya Silang Menyilang adalah menemukan kemungkinanyang terjadi dari permainan instrumen pembawa gending yang diolah menjadiinstrumen pembawa irama dan menemukan kemungkinan yang terjadi daripermainan instrumen pembawa irama yang diolah menjadi instrumen pembawagending. Temuan dari tujuan penciptaan karya komposisi musik SilangMenyilang, diharapkan dapat memberi sumbangan pemikiran-pemikiran baru dariranah ide maupun konsep dalam penciptaan karya karawitan Bali selanjutnya.Kajian pustaka dan teori yang mendukung dalam proses pembentukan karyaSilang Menyilang menggunakan sumber tinjauan pustaka dan sumber tinjauankarya. Sementara itu, landasan penciptaannya menggunakan prakempa (lontargamelan Bali) sebagai teori dasar dalam proses penciptaan. Aspek yangterkandung dalam lontar tersebut adalah tatwa (filsafat), susila (etika), lango(estetika) dan gagebug (teknik).Proses penciptaan karya Silang Menyilang menggunakan tiga tahapan yaitutahap perencanaan, pembentukan dan penyajian. Melalui analisis kemungkinankemungkinanalih fungsi, maka diperoleh suatu konsep bahwa pengalihfungsianinstrumentasi dalam karya Silang Menyilang dilakukan dalam tiga langkah yaitumempertimbangkan aspek warna suara, motif permainan dan instrumentasi |
format |
Tugas Akhir |
author |
SANTIKA, I Kadek Dwi |
author_facet |
SANTIKA, I Kadek Dwi |
author_sort |
SANTIKA, I Kadek Dwi |
title |
Silang Menyilang |
title_short |
Silang Menyilang |
title_full |
Silang Menyilang |
title_fullStr |
Silang Menyilang |
title_full_unstemmed |
Silang Menyilang |
title_sort |
silang menyilang |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2016 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34889 |
_version_ |
1741200222926667776 |