Perancangan Interior SLBA N 01 Bantul

Tunanetra adalah gangguan penglihatan mata yang dikelompokkan menjadi low vision (masih dapat) dan totally blind (secara keseluruhan). Sekolah Luar Biasa SLB N 01 Bantul terletak di Jl. Wates 147, Km.3, Ngestiharjo Kasihan Bantul. SLB N 01 Bantul merupakan sekolah luar biasa negeri yang menyelenggar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRASTYANI, Ayu Tri
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34899
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-34899
record_format oai_dc
spelling isilib-348992017-09-06T07:45:02Z Perancangan Interior SLBA N 01 Bantul PRASTYANI, Ayu Tri aksesibilitas Sekolah Luar Biasa Desain Interior FSR ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34899 DI/Pra/p/2017 Tunanetra adalah gangguan penglihatan mata yang dikelompokkan menjadi low vision (masih dapat) dan totally blind (secara keseluruhan). Sekolah Luar Biasa SLB N 01 Bantul terletak di Jl. Wates 147, Km.3, Ngestiharjo Kasihan Bantul. SLB N 01 Bantul merupakan sekolah luar biasa negeri yang menyelenggarakan pembelajaran yang di dasarkan pada kurikulum tingkat satuan Pendidikan yang telah disesuaikan dengan kondisi, potensi, kemampuan dan kebutuhan individu siswa tunanetra. Siswa tunanetra nantinya akan mengikuti program pelatihan keterampilan yang berbasis potensi, kemampuan dan kebutuhan individu siswa dengan kebutuhan masyarakat. Dalam mengikuti program pelatihan keterampilan tersebut, siswa difasilitasi dengan ruang kelas, ruang pengembangan diri, ruang massage, ruang penjaskes, dan ruangan dapur. Cakupan dalam perancangan interior SLB N 01 Bantul adalah pada area pembelajaran antara lain: ruang kelas, ruang dapur, ruang keterampilan, ruang massage, ruang penjaskes, ruang kantor dan toilet. Metode dalam perancangan menggunakan metode desain thinking milik Vijay Kumar, dimana metode proses desain yang dilakukan dimulai dengan mengamati lingkungan SLB, pengumpulan data, penelusuran masalah, pencarian ide, pengembangan desain dan melakukan evaluasi pemilihan desain. Dengan tujuan untuk merancang desain interior ruang pembelajaran yang menfasilitasi kebutuhan ruang anak tunanetra, meningkatkan percaya diri kepada anak tunanetra ketika berada di area sekolahan, merancang ruang kelas yang fleksibilitas, meningkatkan efektivitas pembelajaran anak tunanetra dan meningkatkan kemandirian siswa di dalam lingkungan kelas. Berdasarkan data-data dan penelitian yang diperoleh, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut : bagaimana merancangan ruangan kelas anak tunanetra yang mudah di akses untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Berdasarkan permasalahan desain yang didapat ide solusi desain dipecahkan menjadi 3 solusi : Menolong diri sendiri dan bertanggung jawab,Aspek kepekaan pendengaran dan perabaan,Penggunaan warna untuk low vision.Pengembangan ide desainnya dengan cara semua anak dapat mencapai suatu tempat dengan mudah tidak mengharapkan pertolongan untuk memberikan kesempatan menolong diri sendiri. Menentukan sirkulasi dan orientasi yang mudah dihafal dan penggunaan material yang bertekstur. Pemilihan warna yang kontras dengan backgroud warna kuning, putih dan merah dengan objek berwarna gelap yaitu biru dan hitam. Yogyakarta xiv, 88 hal.: ilus., lamp.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic aksesibilitas
Sekolah Luar Biasa
Desain Interior
NONE
spellingShingle aksesibilitas
Sekolah Luar Biasa
Desain Interior
NONE
PRASTYANI, Ayu Tri
Perancangan Interior SLBA N 01 Bantul
description Tunanetra adalah gangguan penglihatan mata yang dikelompokkan menjadi low vision (masih dapat) dan totally blind (secara keseluruhan). Sekolah Luar Biasa SLB N 01 Bantul terletak di Jl. Wates 147, Km.3, Ngestiharjo Kasihan Bantul. SLB N 01 Bantul merupakan sekolah luar biasa negeri yang menyelenggarakan pembelajaran yang di dasarkan pada kurikulum tingkat satuan Pendidikan yang telah disesuaikan dengan kondisi, potensi, kemampuan dan kebutuhan individu siswa tunanetra. Siswa tunanetra nantinya akan mengikuti program pelatihan keterampilan yang berbasis potensi, kemampuan dan kebutuhan individu siswa dengan kebutuhan masyarakat. Dalam mengikuti program pelatihan keterampilan tersebut, siswa difasilitasi dengan ruang kelas, ruang pengembangan diri, ruang massage, ruang penjaskes, dan ruangan dapur. Cakupan dalam perancangan interior SLB N 01 Bantul adalah pada area pembelajaran antara lain: ruang kelas, ruang dapur, ruang keterampilan, ruang massage, ruang penjaskes, ruang kantor dan toilet. Metode dalam perancangan menggunakan metode desain thinking milik Vijay Kumar, dimana metode proses desain yang dilakukan dimulai dengan mengamati lingkungan SLB, pengumpulan data, penelusuran masalah, pencarian ide, pengembangan desain dan melakukan evaluasi pemilihan desain. Dengan tujuan untuk merancang desain interior ruang pembelajaran yang menfasilitasi kebutuhan ruang anak tunanetra, meningkatkan percaya diri kepada anak tunanetra ketika berada di area sekolahan, merancang ruang kelas yang fleksibilitas, meningkatkan efektivitas pembelajaran anak tunanetra dan meningkatkan kemandirian siswa di dalam lingkungan kelas. Berdasarkan data-data dan penelitian yang diperoleh, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut : bagaimana merancangan ruangan kelas anak tunanetra yang mudah di akses untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Berdasarkan permasalahan desain yang didapat ide solusi desain dipecahkan menjadi 3 solusi : Menolong diri sendiri dan bertanggung jawab,Aspek kepekaan pendengaran dan perabaan,Penggunaan warna untuk low vision.Pengembangan ide desainnya dengan cara semua anak dapat mencapai suatu tempat dengan mudah tidak mengharapkan pertolongan untuk memberikan kesempatan menolong diri sendiri. Menentukan sirkulasi dan orientasi yang mudah dihafal dan penggunaan material yang bertekstur. Pemilihan warna yang kontras dengan backgroud warna kuning, putih dan merah dengan objek berwarna gelap yaitu biru dan hitam.
format Tugas Akhir
author PRASTYANI, Ayu Tri
author_facet PRASTYANI, Ayu Tri
author_sort PRASTYANI, Ayu Tri
title Perancangan Interior SLBA N 01 Bantul
title_short Perancangan Interior SLBA N 01 Bantul
title_full Perancangan Interior SLBA N 01 Bantul
title_fullStr Perancangan Interior SLBA N 01 Bantul
title_full_unstemmed Perancangan Interior SLBA N 01 Bantul
title_sort perancangan interior slba n 01 bantul
publisher FSR ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34899
_version_ 1741200224793133056