Ladrang Asmarandana dalam Sajian Uyon-Uyon dan Karawitan Tari: Suatu Tinjauan Garap Karawitan
Skripsi dengan judul “Ladrang Asmarandana dalam sajian Uyon-uyondan Karawitan Tari: Suatu Tinjauan Garap Karawitan” ini bertujuan untukmengetahui struktur dan garap penyajian Ladrang Asmarandana dalam uyon-uyondan karawitan tari. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian inimenggunakan metode de...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34999 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Skripsi dengan judul “Ladrang Asmarandana dalam sajian Uyon-uyondan Karawitan Tari: Suatu Tinjauan Garap Karawitan” ini bertujuan untukmengetahui struktur dan garap penyajian Ladrang Asmarandana dalam uyon-uyondan karawitan tari. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian inimenggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan musikalitas. LadrangAsmarandana berfungsi sebagai gending karawitan mandiri (uyon-uyon/klenèngan) dan gending iringan dalam kesenian lainnya. Dalam konteks iringan,Ladrang Asmarandana dapat digunakan pada pertunjukan tari, kethoprak, wayang(pakeliran), panembrama, langen mandra wanara, dan sebagainya.Sajian garap Ladrang Asmarandana dalam uyon-uyon terbagi menjadi 2versi garap, yakni garap tradisi (medium lama idiom lama) dan garap kreasi(medium lama idiom baru). Dalam pertunjukan tari, Ladrang Asmarandanaberfungsi sebagai gending beksan/tari klasik Gaya Yogyakarta karya K.R.T.Sasmintadipura yakni Golèk Asmarandana Bawaraga dan Golèk Kenya Tinembé.Golèk Asmarandana Bawaraga penyajiannya menggunakan LadrangAsmarandana Laras Pelog Pathet Barang, dan Golèk Kenya Tinembémenggunakan Ladrang Asmarandana Kenya Tinembé Laras Pelog Pathet Nem.Kata kunci: Asmarandana, ragam garap, uyon-uyon dan karawitan tari. |
---|