Proses Pembelajaran Saksofon untuk Pemula di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta
Lembaga musik non formal khususnya di bidang pembelajaran saksofon kinisemakin banyak, salah satu lembaga non formal yang menawarkan programpembelajaran saksofon yaitu Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta yang berlokasidi jalan C. Simanjuntak. Pada pembelajaran saksofon tentunya terdapat suatuproses d...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35003 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Lembaga musik non formal khususnya di bidang pembelajaran saksofon kinisemakin banyak, salah satu lembaga non formal yang menawarkan programpembelajaran saksofon yaitu Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta yang berlokasidi jalan C. Simanjuntak. Pada pembelajaran saksofon tentunya terdapat suatuproses dan beberapa kendala baik dari faktor internal maupun eksternal, yangakhirnya mengarah terhadap bagaimana proses pembelajaran saksofon di SekolahMusik Indonesia Yogyakarta dan apa saja kendala-kendala dalam prosespembelajaran saksofon di Sekolah Musik Indonesia yogyakarta. Pada prosespembelajaran terdapat metode yang merupakan suatu cara yang digunakan untukmencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Metode pembelajaran saksofonuntuk pemula yang digunakan yaitu metode menurut George M. Bundy “TheSelmer Elementary” dan metode menurut Hendry Linderman “Method forSaxophone”, adapun metode pembelajaran lainnya yang digunakan pada prosespembelajaran saksofon di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta sangatlahbervariasi sehingga proses pembelajaran tidak membosankan. Metode pengajaransecara umum yang digunakan yaitu metode eksperimen, tugas, diskusi,demonstrasi, tanya jawab, latihan, dan ceramah. Pada proses pembelajaransaksofon terdapat beberapa kendala baik dari faktor internal maupun eksternalyaitu meliputi lingkungan, guru, metode, kurikulum, program, materi, sarana danprasarana. Namun di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta proses pembelajaransaksofon berjalan cukup baik walaupun terdapat beberapa kendala.Kata Kunci: Proses pembelajaran, Saksofon, Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta |
---|