Pembelajaran Instrumen Mayor Trombone untuk Siswa Pemula di Smkn 2 Kasihan Bantul (SMM) Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mayor trombone di Sekolah Menengah Musik Yogyakarta dan mengetahui efektifitas penerapan metode yang digunakan sudah mencapai hasil yang diinginkan. Populasi penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Menengah Musik Yogyakarta. Peneliti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAIMADJO, Andru Abdullah
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
MS
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35015
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mayor trombone di Sekolah Menengah Musik Yogyakarta dan mengetahui efektifitas penerapan metode yang digunakan sudah mencapai hasil yang diinginkan. Populasi penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Menengah Musik Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi, dokumentasi dan studi literatur. Hasil analisa menunjukkan bahwa pengajaran trombone bagi siswa kelas X semester ke 2 tahun ajaran 2016/2017 dilakukan menggunakan buku dan pengalaman guru, dan penerapan metode pengajaran yang sudah efektif meski masih ada beberapa kendala bagi siswa dikarenakan siswa trombone kelas X adalah siswa pemula. Kata Kunci: Pembelajaran, Mayor Trombone