Peran Genre Musik pada Respons Auditori Anak Autistik di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta
Respons auditori merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan reaksi afektif saat mendengarkan suara-suara, dan akan ditanggapi dengan respons sikap seperti menggerakkan anggota tubuh atau timbulnya suatu perasaan dan emosi. Saat individu mendengarkan musik maka mereka akan memberikan stimul...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35134 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Respons auditori merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan reaksi afektif saat mendengarkan suara-suara, dan akan ditanggapi dengan respons sikap seperti menggerakkan anggota tubuh atau timbulnya suatu perasaan dan emosi. Saat individu mendengarkan musik maka mereka akan memberikan stimulus seperti bergerak sesuai irama musik yang sedang didengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran genremusik pada respons auditori anak autistik dengan pola prilaku agresif saat diperdengarkan musik dengan empat jenis genre musik yang meliputi klasik, pop, musik gamelan, dan jazz. Anak yang mengidap autistik memiliki gangguan pada sistem saraf (neorobiological disorder) yang mengakibatkan terlambatnya perkembangan didalam diri seorang anak autistik sehingga penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati kegiatan mendengarkanmusik yang dilakukan saat jam pelajaran bermusi anak autistik, cara ini dirasa tepat bila digunakan dalam penelitian ini mengingat anak autistik menolak perubahan rutinitas sehari-hari. Penelitian ini mengambil sample tiga anak autistik usia sekolah dasar dengan rentang umur 7 sampai 8 tahun yang duduk di kelas dua SD di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu dengan cara pengujianterhadap suatu subjek dengan secara mendalam dan terperinci. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif interpretatif merupakan pendekatan yang dilakukan dengan cara memaparkan data lebih dahulu, lalu diinterpretasikan. Setelah itu akan peneliti akan mereduksi data yang berarti merangkum dan memilih hal-hal yang pokok. Hasil yang didapatkan bahwa musik dapat berperan pada respons auditori anak autistik, itu dibuktikan dua dari tiga subjek dapat memberikan reaksi afektif saat mendengarkan musik yang mereka dengar.Kata Kunci : Genre Musik, Respons Auditori, Anak Autis |
---|