Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son Of Ranying Hatalla Langit”

Suku Dayak Ngaju memahami dunianya (kosmologi) melalui pemaknaan terhadap Batang Garing (Pohon Kehidupan). Pohon ini diyakini diturunkan langsung oleh Tuhan Suku Dayak Ngaju yang disebut Ranying Hatalla Langit (Tuhan Yang Maha Esa). Hal ini dapat ditemu dalam Tetek Tatum (Ratap Tangis Sejati), yaitu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURHADI
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35148
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-35148
record_format oai_dc
spelling isilib-351482017-10-17T11:02:47Z Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son Of Ranying Hatalla Langit” NURHADI cerita rakyat Suku Dayak Ngaju desain komunikasi visual FSR ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35148 DK/Nur/p/2017 Suku Dayak Ngaju memahami dunianya (kosmologi) melalui pemaknaan terhadap Batang Garing (Pohon Kehidupan). Pohon ini diyakini diturunkan langsung oleh Tuhan Suku Dayak Ngaju yang disebut Ranying Hatalla Langit (Tuhan Yang Maha Esa). Hal ini dapat ditemu dalam Tetek Tatum (Ratap Tangis Sejati), yaitu cerita tentang asal-usul nenek moyang, sejarah dan epik kepahlawanan Suku Dayak Ngaju kepada generasi penerus. Cerita berseri ini dilantunkan atau dinyanyikan sebagai pengantar tidur diiringi dengan alat musik kecapi. Selain itu, juga menjadi salah satu cara membentuk sikap dan perilaku anak. Menurut Tetek Tatum leluhur Suku Dayak Ngaju merupakan ciptaan langsung Ranying Hatalla Langit yang sempurna, yang ditugaskan untuk menjaga bumi dan isinya agar tidak rusak. Seiring berjalanya waktu, cerita-cerita bertemakan kearifan lokal ini makin susah kita temui. Perkembangan teknologi dan berbagai jenis media saat ini masih belum banyak dimanfaatkan dalam mengembangkan dan memperkenalkan kearifan budaya lokal, sehingga makin lama kebudayaan lokal tersebut semakin dilupakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka terciptalah sebuah ide untuk menghadirkan kembali kebudayaan lokal itu dalam bentuk media populer yang mengikuti perkembangan zaman. Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son of Ranying Hatalla Langit” dibuat dengan teknik Digital Painting yang menggunakan komputer dan Pen Tablet serta aplikasi Adobe Photoshop sebagai media pembuatannya. TCG merupakan permainan kartu yang menggabungkan unsur Visual dan Story Telling di dalamnya, sehingga sangat cocok dijadikan media utama dalam menyampaikan dan memperkenalkan cerita rakyat Dayak Ngaju. Diharapkan dengan perancangan Tugas Akhir dengan menggunakan media Trading Card Game yang populer dan dekat di kalangan para generasi muda ini dapat memupuk kecintaan para pemainnya akan kebudayaan lokal suku Dayak Ngaju. Sehingga para generasi muda dapat terus melestarikan kearifan lokal sebagai tanggung jawab bersama agar tetap terjaga sebagai kekayaan warisan leluhur kita. Yogyakarta xvii, 170 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic cerita rakyat
Suku Dayak Ngaju
desain komunikasi visual
NONE
spellingShingle cerita rakyat
Suku Dayak Ngaju
desain komunikasi visual
NONE
NURHADI
Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son Of Ranying Hatalla Langit”
description Suku Dayak Ngaju memahami dunianya (kosmologi) melalui pemaknaan terhadap Batang Garing (Pohon Kehidupan). Pohon ini diyakini diturunkan langsung oleh Tuhan Suku Dayak Ngaju yang disebut Ranying Hatalla Langit (Tuhan Yang Maha Esa). Hal ini dapat ditemu dalam Tetek Tatum (Ratap Tangis Sejati), yaitu cerita tentang asal-usul nenek moyang, sejarah dan epik kepahlawanan Suku Dayak Ngaju kepada generasi penerus. Cerita berseri ini dilantunkan atau dinyanyikan sebagai pengantar tidur diiringi dengan alat musik kecapi. Selain itu, juga menjadi salah satu cara membentuk sikap dan perilaku anak. Menurut Tetek Tatum leluhur Suku Dayak Ngaju merupakan ciptaan langsung Ranying Hatalla Langit yang sempurna, yang ditugaskan untuk menjaga bumi dan isinya agar tidak rusak. Seiring berjalanya waktu, cerita-cerita bertemakan kearifan lokal ini makin susah kita temui. Perkembangan teknologi dan berbagai jenis media saat ini masih belum banyak dimanfaatkan dalam mengembangkan dan memperkenalkan kearifan budaya lokal, sehingga makin lama kebudayaan lokal tersebut semakin dilupakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka terciptalah sebuah ide untuk menghadirkan kembali kebudayaan lokal itu dalam bentuk media populer yang mengikuti perkembangan zaman. Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son of Ranying Hatalla Langit” dibuat dengan teknik Digital Painting yang menggunakan komputer dan Pen Tablet serta aplikasi Adobe Photoshop sebagai media pembuatannya. TCG merupakan permainan kartu yang menggabungkan unsur Visual dan Story Telling di dalamnya, sehingga sangat cocok dijadikan media utama dalam menyampaikan dan memperkenalkan cerita rakyat Dayak Ngaju. Diharapkan dengan perancangan Tugas Akhir dengan menggunakan media Trading Card Game yang populer dan dekat di kalangan para generasi muda ini dapat memupuk kecintaan para pemainnya akan kebudayaan lokal suku Dayak Ngaju. Sehingga para generasi muda dapat terus melestarikan kearifan lokal sebagai tanggung jawab bersama agar tetap terjaga sebagai kekayaan warisan leluhur kita.
format Tugas Akhir
author NURHADI
author_facet NURHADI
author_sort NURHADI
title Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son Of Ranying Hatalla Langit”
title_short Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son Of Ranying Hatalla Langit”
title_full Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son Of Ranying Hatalla Langit”
title_fullStr Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son Of Ranying Hatalla Langit”
title_full_unstemmed Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son Of Ranying Hatalla Langit”
title_sort perancangan tabletop trading card game adaptasi cerita rakyat dayak ngaju bergenre fantasi “kesah: son of ranying hatalla langit”
publisher FSR ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35148
_version_ 1741200272880828416