Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru
Djokopekik merupakan salah satu seniman yang pernah menjadi tahanpolitik pada era orde baru karena dianggap berhubungan dengan kasus kudeta1965. Namun pada akhir 1980an Djokpekik mampu terlibat dalam kegiatan besarseni rupa terutama pameran Kebudayaan Indonesia di Amerika Serikat.Kehadirannya dangan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yk.
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35217 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-35217 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-352172017-11-08T14:02:09Z Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru KHAIRI, Miftahul Dunia Seni Djokopekik SENI LUKIS PPS ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35217 TES/SL/Kha/e/2017 Djokopekik merupakan salah satu seniman yang pernah menjadi tahanpolitik pada era orde baru karena dianggap berhubungan dengan kasus kudeta1965. Namun pada akhir 1980an Djokpekik mampu terlibat dalam kegiatan besarseni rupa terutama pameran Kebudayaan Indonesia di Amerika Serikat.Kehadirannya dangan tema-tema sosial dalam setiap pameran memperlihatkanproses dimana dia didukung oleh dunia seni pada masa itu. Untuk mengungkaphal tersebut, terdapat persoalan yang perlu dikemukakan dalam penelitian iniyakni (1) Faktor yang mendukung Djokopekik terintegrasi dalam dunia seni di eraOrde Baru (2) Posisi Djokopekik sebagai seniman dalam dunia seni di era ordebaru (3) Praktik yang dilakukan oleh aktor-aktor dalam dunia seni rupa sehinggaDjokopekik dapat diterima dalam dunia seni di era Orde Baru. Persoalan tersebutdiurai menggunakan teori Art World dari Howard S. Becker dan strukturasi dariPierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatanilmu sosial dalam metodologi sejarah.Penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran lembaga-lembaga seni rupaseperti Taman Budaya, Taman Ismail Marzuki serta galeri-galeri Swasta denganpengeloalaan dan Kegiatan-kegiatan yang diadakannya pada kurun waktu 1980an-1990an mendukung aktivitas Dp. Dengan diliriknya kembali tema-tema sosialpada 1980an akhir membuat karya-karyanya diterima dalam lembaga-lembagaseni tersebut. Posisi Dp dalam dunia seni rupa di era Orde Baru bergerak sesuaidengan perkembangan dunia seni itu sendiri. Posisi Dp sebagai seniman maverickdilihat dari sikapnya yang melawan mainstream pada 1970an-1980an awalsehingga tidak dapat terdistribusi dengan baik karena tidak didukung olehlembaga seni maupun aktor-aktor dalam dunia seni. Setelah diterimanya Dpdalam jaringan distribusi konvensional dalam dunia seni Dp Menjadi Integratedprofessional artist karena seniman menjadi profesinya. Terintegrasinya Dp dalamdunia seni tidak terlepas aktivitas kolektif melalui Praktik pertukaran modal yangdilandasi atas peran dan kepentingan aktor dalam dunia seni. Sanento Yuliman,Astri Wright, Sri Warso Wahono, Bambang Bujono, Edwin Rahardjo, William WWongso serta Mochtar Kusuma Atmadja menjadi aktor yang cukup penting dalammenepis stigma komunis dan mengangkat reputasi Dp serta melegitimasi Dpsebagai seniman kerakyatan ketika tema-tema tersebut mendapatkan tempat dalamdunia seni di era Orde Baru.. Yogyakarta xii, 181 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Dunia Seni Djokopekik SENI LUKIS NONE |
spellingShingle |
Dunia Seni Djokopekik SENI LUKIS NONE KHAIRI, Miftahul Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru |
description |
Djokopekik merupakan salah satu seniman yang pernah menjadi tahanpolitik pada era orde baru karena dianggap berhubungan dengan kasus kudeta1965. Namun pada akhir 1980an Djokpekik mampu terlibat dalam kegiatan besarseni rupa terutama pameran Kebudayaan Indonesia di Amerika Serikat.Kehadirannya dangan tema-tema sosial dalam setiap pameran memperlihatkanproses dimana dia didukung oleh dunia seni pada masa itu. Untuk mengungkaphal tersebut, terdapat persoalan yang perlu dikemukakan dalam penelitian iniyakni (1) Faktor yang mendukung Djokopekik terintegrasi dalam dunia seni di eraOrde Baru (2) Posisi Djokopekik sebagai seniman dalam dunia seni di era ordebaru (3) Praktik yang dilakukan oleh aktor-aktor dalam dunia seni rupa sehinggaDjokopekik dapat diterima dalam dunia seni di era Orde Baru. Persoalan tersebutdiurai menggunakan teori Art World dari Howard S. Becker dan strukturasi dariPierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatanilmu sosial dalam metodologi sejarah.Penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran lembaga-lembaga seni rupaseperti Taman Budaya, Taman Ismail Marzuki serta galeri-galeri Swasta denganpengeloalaan dan Kegiatan-kegiatan yang diadakannya pada kurun waktu 1980an-1990an mendukung aktivitas Dp. Dengan diliriknya kembali tema-tema sosialpada 1980an akhir membuat karya-karyanya diterima dalam lembaga-lembagaseni tersebut. Posisi Dp dalam dunia seni rupa di era Orde Baru bergerak sesuaidengan perkembangan dunia seni itu sendiri. Posisi Dp sebagai seniman maverickdilihat dari sikapnya yang melawan mainstream pada 1970an-1980an awalsehingga tidak dapat terdistribusi dengan baik karena tidak didukung olehlembaga seni maupun aktor-aktor dalam dunia seni. Setelah diterimanya Dpdalam jaringan distribusi konvensional dalam dunia seni Dp Menjadi Integratedprofessional artist karena seniman menjadi profesinya. Terintegrasinya Dp dalamdunia seni tidak terlepas aktivitas kolektif melalui Praktik pertukaran modal yangdilandasi atas peran dan kepentingan aktor dalam dunia seni. Sanento Yuliman,Astri Wright, Sri Warso Wahono, Bambang Bujono, Edwin Rahardjo, William WWongso serta Mochtar Kusuma Atmadja menjadi aktor yang cukup penting dalammenepis stigma komunis dan mengangkat reputasi Dp serta melegitimasi Dpsebagai seniman kerakyatan ketika tema-tema tersebut mendapatkan tempat dalamdunia seni di era Orde Baru.. |
format |
Tugas Akhir |
author |
KHAIRI, Miftahul |
author_facet |
KHAIRI, Miftahul |
author_sort |
KHAIRI, Miftahul |
title |
Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru |
title_short |
Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru |
title_full |
Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru |
title_fullStr |
Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru |
title_full_unstemmed |
Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru |
title_sort |
eksistensi djokopekik dalam dunia seni rupa indonesia di era orde baru |
publisher |
PPS ISI Yk. |
publishDate |
2017 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35217 |
_version_ |
1741200286962155520 |