Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru

Djokopekik merupakan salah satu seniman yang pernah menjadi tahanpolitik pada era orde baru karena dianggap berhubungan dengan kasus kudeta1965. Namun pada akhir 1980an Djokpekik mampu terlibat dalam kegiatan besarseni rupa terutama pameran Kebudayaan Indonesia di Amerika Serikat.Kehadirannya dangan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KHAIRI, Miftahul
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35217
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-35217
record_format oai_dc
spelling isilib-352172017-11-08T14:02:09Z Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru KHAIRI, Miftahul Dunia Seni Djokopekik SENI LUKIS PPS ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35217 TES/SL/Kha/e/2017 Djokopekik merupakan salah satu seniman yang pernah menjadi tahanpolitik pada era orde baru karena dianggap berhubungan dengan kasus kudeta1965. Namun pada akhir 1980an Djokpekik mampu terlibat dalam kegiatan besarseni rupa terutama pameran Kebudayaan Indonesia di Amerika Serikat.Kehadirannya dangan tema-tema sosial dalam setiap pameran memperlihatkanproses dimana dia didukung oleh dunia seni pada masa itu. Untuk mengungkaphal tersebut, terdapat persoalan yang perlu dikemukakan dalam penelitian iniyakni (1) Faktor yang mendukung Djokopekik terintegrasi dalam dunia seni di eraOrde Baru (2) Posisi Djokopekik sebagai seniman dalam dunia seni di era ordebaru (3) Praktik yang dilakukan oleh aktor-aktor dalam dunia seni rupa sehinggaDjokopekik dapat diterima dalam dunia seni di era Orde Baru. Persoalan tersebutdiurai menggunakan teori Art World dari Howard S. Becker dan strukturasi dariPierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatanilmu sosial dalam metodologi sejarah.Penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran lembaga-lembaga seni rupaseperti Taman Budaya, Taman Ismail Marzuki serta galeri-galeri Swasta denganpengeloalaan dan Kegiatan-kegiatan yang diadakannya pada kurun waktu 1980an-1990an mendukung aktivitas Dp. Dengan diliriknya kembali tema-tema sosialpada 1980an akhir membuat karya-karyanya diterima dalam lembaga-lembagaseni tersebut. Posisi Dp dalam dunia seni rupa di era Orde Baru bergerak sesuaidengan perkembangan dunia seni itu sendiri. Posisi Dp sebagai seniman maverickdilihat dari sikapnya yang melawan mainstream pada 1970an-1980an awalsehingga tidak dapat terdistribusi dengan baik karena tidak didukung olehlembaga seni maupun aktor-aktor dalam dunia seni. Setelah diterimanya Dpdalam jaringan distribusi konvensional dalam dunia seni Dp Menjadi Integratedprofessional artist karena seniman menjadi profesinya. Terintegrasinya Dp dalamdunia seni tidak terlepas aktivitas kolektif melalui Praktik pertukaran modal yangdilandasi atas peran dan kepentingan aktor dalam dunia seni. Sanento Yuliman,Astri Wright, Sri Warso Wahono, Bambang Bujono, Edwin Rahardjo, William WWongso serta Mochtar Kusuma Atmadja menjadi aktor yang cukup penting dalammenepis stigma komunis dan mengangkat reputasi Dp serta melegitimasi Dpsebagai seniman kerakyatan ketika tema-tema tersebut mendapatkan tempat dalamdunia seni di era Orde Baru.. Yogyakarta xii, 181 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Dunia Seni
Djokopekik
SENI LUKIS
NONE
spellingShingle Dunia Seni
Djokopekik
SENI LUKIS
NONE
KHAIRI, Miftahul
Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru
description Djokopekik merupakan salah satu seniman yang pernah menjadi tahanpolitik pada era orde baru karena dianggap berhubungan dengan kasus kudeta1965. Namun pada akhir 1980an Djokpekik mampu terlibat dalam kegiatan besarseni rupa terutama pameran Kebudayaan Indonesia di Amerika Serikat.Kehadirannya dangan tema-tema sosial dalam setiap pameran memperlihatkanproses dimana dia didukung oleh dunia seni pada masa itu. Untuk mengungkaphal tersebut, terdapat persoalan yang perlu dikemukakan dalam penelitian iniyakni (1) Faktor yang mendukung Djokopekik terintegrasi dalam dunia seni di eraOrde Baru (2) Posisi Djokopekik sebagai seniman dalam dunia seni di era ordebaru (3) Praktik yang dilakukan oleh aktor-aktor dalam dunia seni rupa sehinggaDjokopekik dapat diterima dalam dunia seni di era Orde Baru. Persoalan tersebutdiurai menggunakan teori Art World dari Howard S. Becker dan strukturasi dariPierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatanilmu sosial dalam metodologi sejarah.Penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran lembaga-lembaga seni rupaseperti Taman Budaya, Taman Ismail Marzuki serta galeri-galeri Swasta denganpengeloalaan dan Kegiatan-kegiatan yang diadakannya pada kurun waktu 1980an-1990an mendukung aktivitas Dp. Dengan diliriknya kembali tema-tema sosialpada 1980an akhir membuat karya-karyanya diterima dalam lembaga-lembagaseni tersebut. Posisi Dp dalam dunia seni rupa di era Orde Baru bergerak sesuaidengan perkembangan dunia seni itu sendiri. Posisi Dp sebagai seniman maverickdilihat dari sikapnya yang melawan mainstream pada 1970an-1980an awalsehingga tidak dapat terdistribusi dengan baik karena tidak didukung olehlembaga seni maupun aktor-aktor dalam dunia seni. Setelah diterimanya Dpdalam jaringan distribusi konvensional dalam dunia seni Dp Menjadi Integratedprofessional artist karena seniman menjadi profesinya. Terintegrasinya Dp dalamdunia seni tidak terlepas aktivitas kolektif melalui Praktik pertukaran modal yangdilandasi atas peran dan kepentingan aktor dalam dunia seni. Sanento Yuliman,Astri Wright, Sri Warso Wahono, Bambang Bujono, Edwin Rahardjo, William WWongso serta Mochtar Kusuma Atmadja menjadi aktor yang cukup penting dalammenepis stigma komunis dan mengangkat reputasi Dp serta melegitimasi Dpsebagai seniman kerakyatan ketika tema-tema tersebut mendapatkan tempat dalamdunia seni di era Orde Baru..
format Tugas Akhir
author KHAIRI, Miftahul
author_facet KHAIRI, Miftahul
author_sort KHAIRI, Miftahul
title Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru
title_short Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru
title_full Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru
title_fullStr Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru
title_full_unstemmed Eksistensi Djokopekik Dalam Dunia Seni Rupa Indonesia Di Era Orde Baru
title_sort eksistensi djokopekik dalam dunia seni rupa indonesia di era orde baru
publisher PPS ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35217
_version_ 1741200286962155520