Penciptaan Karya Seni Video Interaktif "Jangan Kotori"
Public art (seni publik) sebagai salah satu bagian dalam wacana seni rupa adalah seni yang dibuat secara individu maupun kelompok yang menggunakan prinsip-prinsip tertentu dalam menggulirkan wacana melalui karya seni rupa. Bentuk seni publik sendiri antara lain meliputi performance art, instalation...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2015
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35361 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-35361 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-353612017-11-21T11:51:03Z Penciptaan Karya Seni Video Interaktif "Jangan Kotori" FIRMANSYAH, Novian Wahyu video interaktif Genderless Androgyny ruang publik. grafiti Keluarga PPS ISI Yogyakarta 2015 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35361 TES/VG/Fir/p/2015 Public art (seni publik) sebagai salah satu bagian dalam wacana seni rupa adalah seni yang dibuat secara individu maupun kelompok yang menggunakan prinsip-prinsip tertentu dalam menggulirkan wacana melalui karya seni rupa. Bentuk seni publik sendiri antara lain meliputi performance art, instalation art, happening art, stencil, graffiti, mural, poster, dan lain-lain. Graffiti yang bersifat vandal saat ini banyak memenuhi dinding- dinding di ruang publik. Namun, masyarakat masih kurang peduli dengan fenomena tersebut. Kajian sumber yang dijadikan pedoman dalam penciptaan karya ini antara lain, graffiti dan vandal, teori simbol, timelapse, video interaktif, dan teori gesture. Kelima kajian sumber tersebut menjadi landasan penciptaan karya seni video interaktif ―Jangan Kotori‖ yang menitikberatkan pada interaktifitas dalam karya. Gesture gerakan tangan yang menyimbolkan penolakan terhadap graffiti yang bersifat vandal menjadi media interaktif dalam karya ini. Metode penciptaan karya dilakukan sesuai Standart Operation System dalam videografi. Tahap- tahap yang dilakukan dalam perwujudan karya ini adalah menetapkan ide, riset, pra produksi yang terdiri dari eksperimen dan penyadiaan alat, produksi yang terdiri dari pembuatan video interaktif berupa graffiti dan media interaktif yang berupa kuas, tahap paska produksi yang berupa penyingkronan media dengan video interaktif. Sinkronisasi dilakukan sebagai bagian dari tahap paska produksi. Dalam hal ini, sinkronisasi dilakukan karena kuas yang digunakan untuk menghapus graffiti pada layar telah ditanami sensor ultrasonik yang nantinya dibaca oleh wiimote sebagai penerjemah perintah dari sensor. Hasil perwujudan karya ini dipresentasikan dengan instalasi ruang yang menyerupai ruang publik. instalasi ruang dihadirkan untuk membangun emosi audience. Selain itu, konsep interaktif yang disuguhkan dapat menarik minat audience serta mengajak audience untuk lebih peduli dengan kebersihan lingkungan demi terciptanya liungkungan yang nyaman Yogyakarta viii+62 hal.;ilus.;30cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
video interaktif Genderless Androgyny ruang publik. grafiti Keluarga NONE |
spellingShingle |
video interaktif Genderless Androgyny ruang publik. grafiti Keluarga NONE FIRMANSYAH, Novian Wahyu Penciptaan Karya Seni Video Interaktif "Jangan Kotori" |
description |
Public art (seni publik) sebagai salah satu bagian dalam wacana seni rupa adalah seni yang dibuat secara individu maupun kelompok yang menggunakan prinsip-prinsip tertentu dalam menggulirkan wacana melalui karya seni rupa. Bentuk seni publik sendiri antara lain meliputi performance art, instalation art, happening art, stencil, graffiti, mural, poster, dan lain-lain. Graffiti yang bersifat vandal saat ini banyak memenuhi dinding- dinding di ruang publik. Namun, masyarakat masih kurang peduli dengan fenomena tersebut. Kajian sumber yang dijadikan pedoman dalam penciptaan karya ini antara lain, graffiti dan vandal, teori simbol, timelapse, video interaktif, dan teori gesture. Kelima kajian sumber tersebut menjadi landasan penciptaan karya seni video interaktif ―Jangan Kotori‖ yang menitikberatkan pada interaktifitas dalam karya. Gesture gerakan tangan yang menyimbolkan penolakan terhadap graffiti yang bersifat vandal menjadi media interaktif dalam karya ini. Metode penciptaan karya dilakukan sesuai Standart Operation System dalam videografi. Tahap- tahap yang dilakukan dalam perwujudan karya ini adalah menetapkan ide, riset, pra produksi yang terdiri dari eksperimen dan penyadiaan alat, produksi yang terdiri dari pembuatan video interaktif berupa graffiti dan media interaktif yang berupa kuas, tahap paska produksi yang berupa penyingkronan media dengan video interaktif. Sinkronisasi dilakukan sebagai bagian dari tahap paska produksi. Dalam hal ini, sinkronisasi dilakukan karena kuas yang digunakan untuk menghapus graffiti pada layar telah ditanami sensor ultrasonik yang nantinya dibaca oleh wiimote sebagai penerjemah perintah dari sensor. Hasil perwujudan karya ini dipresentasikan dengan instalasi ruang yang menyerupai ruang publik. instalasi ruang dihadirkan untuk membangun emosi audience. Selain itu, konsep interaktif yang disuguhkan dapat menarik minat audience serta mengajak audience untuk lebih peduli dengan kebersihan lingkungan demi terciptanya liungkungan yang nyaman |
format |
Tugas Akhir |
author |
FIRMANSYAH, Novian Wahyu |
author_facet |
FIRMANSYAH, Novian Wahyu |
author_sort |
FIRMANSYAH, Novian Wahyu |
title |
Penciptaan Karya Seni Video Interaktif "Jangan Kotori" |
title_short |
Penciptaan Karya Seni Video Interaktif "Jangan Kotori" |
title_full |
Penciptaan Karya Seni Video Interaktif "Jangan Kotori" |
title_fullStr |
Penciptaan Karya Seni Video Interaktif "Jangan Kotori" |
title_full_unstemmed |
Penciptaan Karya Seni Video Interaktif "Jangan Kotori" |
title_sort |
penciptaan karya seni video interaktif "jangan kotori" |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2015 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35361 |
_version_ |
1741200314806042624 |