Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura
Perkembangan lagu anak di Indonesia mengalami dinamika yang berbeda dari tahun ke tahun. Era 90-an merupakan puncak dimana lagu anak mendapat perhatian yang lebih dari masyarakat Indonesia. Namun kondisi tersebut berbeda dengan keadaan lagu anak sekarang. Sudah tidak banyak lagi penyanyi-penyanyi ci...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yk.
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35411 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-35411 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-354112017-11-28T11:46:15Z Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura RENANDA, Dwi Okta bauran promosi lagu anak Tata Kelola Seni PPS ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35411 TES/MTS/Ren/s/2017 Perkembangan lagu anak di Indonesia mengalami dinamika yang berbeda dari tahun ke tahun. Era 90-an merupakan puncak dimana lagu anak mendapat perhatian yang lebih dari masyarakat Indonesia. Namun kondisi tersebut berbeda dengan keadaan lagu anak sekarang. Sudah tidak banyak lagi penyanyi-penyanyi cilik yang tampil di televisi dan berkurangnya lagu-lagu yang sesuai untuk anak yang kaya akan pesan pendidikan dan nasionalis. Hal ini dikarenakan sudah tidak banyak label rekaman yang memberikan wadah bagi penyanyi cilik dan adanya anggapan bahwa lagu anak kurang laku. Objek penelitian ini adalah album penyanyi cilik Naura dengan topik strategi promosi dan sosialisasi lagu anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi bauran promosi album penyanyi cilik Naura dan mengetahui tanggapan masyarakat terhadap album penyanyi cilik Naura. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan data tambahan sebagai pelengkap dari data kuantitatif berupa pemaparan presentase. Data kualitatif didapat dari 3 orang narasumber dan data kualitatif diperoleh dari 34 responden yang merupakan followers instagram Naura. Hasil yang diperoleh, manajemen Naura menggunakan semua alat bauran promosi, meliputi periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan perseorangan dan pemasaran langsung. Sedangkan alat promosi utama yang digunakan adalah pemasaran langsung yang difokuskan pada penggunaan media sosial. Hal ini disebabkan karena mayoritas penggemar Naura adalah anak-anak dan remaja yang memiliki akun media sosial. Yogyakarta xiii, 120 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
bauran promosi lagu anak Tata Kelola Seni NONE |
spellingShingle |
bauran promosi lagu anak Tata Kelola Seni NONE RENANDA, Dwi Okta Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura |
description |
Perkembangan lagu anak di Indonesia mengalami dinamika yang berbeda dari tahun ke tahun. Era 90-an merupakan puncak dimana lagu anak mendapat perhatian yang lebih dari masyarakat Indonesia. Namun kondisi tersebut berbeda dengan keadaan lagu anak sekarang. Sudah tidak banyak lagi penyanyi-penyanyi cilik yang tampil di televisi dan berkurangnya lagu-lagu yang sesuai untuk anak yang kaya akan pesan pendidikan dan nasionalis. Hal ini dikarenakan sudah tidak banyak label rekaman yang memberikan wadah bagi penyanyi cilik dan adanya anggapan bahwa lagu anak kurang laku. Objek penelitian ini adalah album penyanyi cilik Naura dengan topik strategi promosi dan sosialisasi lagu anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi bauran promosi album penyanyi cilik Naura dan mengetahui tanggapan masyarakat terhadap album penyanyi cilik Naura. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan data tambahan sebagai pelengkap dari data kuantitatif berupa pemaparan presentase. Data kualitatif didapat dari 3 orang narasumber dan data kualitatif diperoleh dari 34 responden yang merupakan followers instagram Naura. Hasil yang diperoleh, manajemen Naura menggunakan semua alat bauran promosi, meliputi periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan perseorangan dan pemasaran langsung. Sedangkan alat promosi utama yang digunakan adalah pemasaran langsung yang difokuskan pada penggunaan media sosial. Hal ini disebabkan karena mayoritas penggemar Naura adalah anak-anak dan remaja yang memiliki akun media sosial. |
format |
Tugas Akhir |
author |
RENANDA, Dwi Okta |
author_facet |
RENANDA, Dwi Okta |
author_sort |
RENANDA, Dwi Okta |
title |
Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura |
title_short |
Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura |
title_full |
Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura |
title_fullStr |
Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura |
title_full_unstemmed |
Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura |
title_sort |
strategi bauran promosi dalam sosialisasi lagu anak : studi kasus album penyanyi cilik naura |
publisher |
PPS ISI Yk. |
publishDate |
2017 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35411 |
_version_ |
1741200324283072512 |