Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura

Perkembangan lagu anak di Indonesia mengalami dinamika yang berbeda dari tahun ke tahun. Era 90-an merupakan puncak dimana lagu anak mendapat perhatian yang lebih dari masyarakat Indonesia. Namun kondisi tersebut berbeda dengan keadaan lagu anak sekarang. Sudah tidak banyak lagi penyanyi-penyanyi ci...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RENANDA, Dwi Okta
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35411
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-35411
record_format oai_dc
spelling isilib-354112017-11-28T11:46:15Z Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura RENANDA, Dwi Okta bauran promosi lagu anak Tata Kelola Seni PPS ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35411 TES/MTS/Ren/s/2017 Perkembangan lagu anak di Indonesia mengalami dinamika yang berbeda dari tahun ke tahun. Era 90-an merupakan puncak dimana lagu anak mendapat perhatian yang lebih dari masyarakat Indonesia. Namun kondisi tersebut berbeda dengan keadaan lagu anak sekarang. Sudah tidak banyak lagi penyanyi-penyanyi cilik yang tampil di televisi dan berkurangnya lagu-lagu yang sesuai untuk anak yang kaya akan pesan pendidikan dan nasionalis. Hal ini dikarenakan sudah tidak banyak label rekaman yang memberikan wadah bagi penyanyi cilik dan adanya anggapan bahwa lagu anak kurang laku. Objek penelitian ini adalah album penyanyi cilik Naura dengan topik strategi promosi dan sosialisasi lagu anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi bauran promosi album penyanyi cilik Naura dan mengetahui tanggapan masyarakat terhadap album penyanyi cilik Naura. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan data tambahan sebagai pelengkap dari data kuantitatif berupa pemaparan presentase. Data kualitatif didapat dari 3 orang narasumber dan data kualitatif diperoleh dari 34 responden yang merupakan followers instagram Naura. Hasil yang diperoleh, manajemen Naura menggunakan semua alat bauran promosi, meliputi periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan perseorangan dan pemasaran langsung. Sedangkan alat promosi utama yang digunakan adalah pemasaran langsung yang difokuskan pada penggunaan media sosial. Hal ini disebabkan karena mayoritas penggemar Naura adalah anak-anak dan remaja yang memiliki akun media sosial. Yogyakarta xiii, 120 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic bauran promosi
lagu anak
Tata Kelola Seni
NONE
spellingShingle bauran promosi
lagu anak
Tata Kelola Seni
NONE
RENANDA, Dwi Okta
Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura
description Perkembangan lagu anak di Indonesia mengalami dinamika yang berbeda dari tahun ke tahun. Era 90-an merupakan puncak dimana lagu anak mendapat perhatian yang lebih dari masyarakat Indonesia. Namun kondisi tersebut berbeda dengan keadaan lagu anak sekarang. Sudah tidak banyak lagi penyanyi-penyanyi cilik yang tampil di televisi dan berkurangnya lagu-lagu yang sesuai untuk anak yang kaya akan pesan pendidikan dan nasionalis. Hal ini dikarenakan sudah tidak banyak label rekaman yang memberikan wadah bagi penyanyi cilik dan adanya anggapan bahwa lagu anak kurang laku. Objek penelitian ini adalah album penyanyi cilik Naura dengan topik strategi promosi dan sosialisasi lagu anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi bauran promosi album penyanyi cilik Naura dan mengetahui tanggapan masyarakat terhadap album penyanyi cilik Naura. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan data tambahan sebagai pelengkap dari data kuantitatif berupa pemaparan presentase. Data kualitatif didapat dari 3 orang narasumber dan data kualitatif diperoleh dari 34 responden yang merupakan followers instagram Naura. Hasil yang diperoleh, manajemen Naura menggunakan semua alat bauran promosi, meliputi periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan perseorangan dan pemasaran langsung. Sedangkan alat promosi utama yang digunakan adalah pemasaran langsung yang difokuskan pada penggunaan media sosial. Hal ini disebabkan karena mayoritas penggemar Naura adalah anak-anak dan remaja yang memiliki akun media sosial.
format Tugas Akhir
author RENANDA, Dwi Okta
author_facet RENANDA, Dwi Okta
author_sort RENANDA, Dwi Okta
title Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura
title_short Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura
title_full Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura
title_fullStr Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura
title_full_unstemmed Strategi Bauran Promosi Dalam Sosialisasi Lagu Anak : Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura
title_sort strategi bauran promosi dalam sosialisasi lagu anak : studi kasus album penyanyi cilik naura
publisher PPS ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35411
_version_ 1741200324283072512