Perilaku Konsumtif Dalam Karya Seni Grafis

Perilaku Konsumtif Pada Dasarnya Adalah Perilaku Seseorang YangDitunjukan Untuk Mengkonsumsi Secara Berlebihan Dan Tidak Terencana TerhadapJasa Dan Barang Yang Kurang Atau Bahkan Tidak Diperlukan. Perilaku Ini LebihBanyak Dipengaruhi Oleh Nafsu Yang Semata-Mata Untuk Memuaskan KesenanganSerta Lebih...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HIMAWAN, I Gede Riski Soma
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35436
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Perilaku Konsumtif Pada Dasarnya Adalah Perilaku Seseorang YangDitunjukan Untuk Mengkonsumsi Secara Berlebihan Dan Tidak Terencana TerhadapJasa Dan Barang Yang Kurang Atau Bahkan Tidak Diperlukan. Perilaku Ini LebihBanyak Dipengaruhi Oleh Nafsu Yang Semata-Mata Untuk Memuaskan KesenanganSerta Lebih Mementingkan Keinginan Dari Pada Kebutuhan. Bagi Penulis, FenomenaPerilaku Konsumtif Sangat Unik Dan Menarik Untuk Dijadikan Suatu Konsep DalamPenciptaan Ini, Karena Pola Hidup Tersebut Dapat Menimbulkan Keragaman DampakBagi Kehidupan Sosial Masyarakat.Metode Yang Digunakan Dalam Penciptaan Karya Ini Secara Garis BesarMengacu Pada Metode Penciptaan Karya Seni Menurut Alma M. Hawkins, YaituTahap Exploration (Eksplorasi), Improvisation (Improvisasi), Forming(Pembentukan). Karya Yang Diciptakan Sebanyak 10 Karya, Dengan Ukuran YangBervariasi. Medium Yang Dipakai Untuk Menyampaikan Ide Penciptaan Ini AdalahSeni Grafis Dengan Teknik Cetak Tinggi Yaitu, Hardboard Cut (Cukil PadaHardboard). Didalam Memvisualisasikan Ide Dan Gagasan Dalam Karya, SebagianBesar Objek Karya Dihadirkan Dengan Cara Mentransformasi Bentuk, SehinggaKarya Kelihatan Sangat Unik Dan Memiliki Karakteristik Yang Dalam. BeberapaKarya Juga Diwujudkan Dengan Menyerupai Bentuk Aslinya, Agar Dapat DibacaDengan Mudah Dan Menggugah Perasaan Penikmat Yang Melihatnya.Dalam Hal Ini Penulis Juga Memparodikan Fenomena Perilaku KonsumtifUntuk Menyampaikan Kegelisahan Yang Dialami. Parodi Yang Dimaksud DisiniIalah Bereksplorasi Pada Fenomena Perilaku Konsumtif Yang Sengaja DibesarbesarkanSehingga Tampak Humoristik Untuk Menyampaikan Gagasan Penulis.Rasa Ironi Dan Dilema Menjadi Kegelisahan Karena Penulis Sendiri Berada PadaPosisi Yang Seperti Itu. Karya Grafis Ini Diwujudkan Sebagai Media Refleksi AtauPembelajaran Terhadap Apa Yang Terjadi Tentang Perilaku Konsumtif. DenganTerciptanya Karya Ini Diharapkan Mendapat Apresiasi Yang Tinggi Dari MasyarakatDan Para Pecinta Seni. Penciptaan Ini Juga Diharapkan Dapat Bermanfaat BagiPengembangan Karya Seni Grafis Kedepan Sebagai Studi Komparatif DalamPenciptaan Karya Lebih Lanjut Yang Lebih Bervariatif.