Refleksi Memori Pengalaman Pribadi Kontradiksi Menjadi Energi Berkesenian

Dalam kehidupan pasti ada kegagalan, keberhasilan, kesenangan, kesedihan,seperti ada hitam dan putih. Tragedi yang telah teralami adalah sebuah hikmah jika kitasudah mengalaminya. Layaknya sebuah dongeng yang memberi cerita beralur sebabakibat, dari kisah-kisah tersebut memberi nilai kebijakan akan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SEPTRIANTO, Chrisna Bayu
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35450
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-35450
record_format oai_dc
spelling isilib-354502017-12-04T14:19:30Z Refleksi Memori Pengalaman Pribadi Kontradiksi Menjadi Energi Berkesenian SEPTRIANTO, Chrisna Bayu Terapi berkesenian SENI LUKIS PPS ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35450 TES/SL/Sep/r/2017 Dalam kehidupan pasti ada kegagalan, keberhasilan, kesenangan, kesedihan,seperti ada hitam dan putih. Tragedi yang telah teralami adalah sebuah hikmah jika kitasudah mengalaminya. Layaknya sebuah dongeng yang memberi cerita beralur sebabakibat, dari kisah-kisah tersebut memberi nilai kebijakan akan hal apa yang akan kitalakukan dan bagaimana kita bersikap lebih positif layaknya pepatah, apa yang kita tanamitulah yang akan kita panen. Dalam konsep penciptaan “Refleksi Memori PengalamanPribadi: Kontradiksi Menjadi Energi Berkesenian” menceritakan tentang perjalananpenulis dalam awal kehidupan berkesenian. Memilih profesi untuk mengarungikehidupan di dunia seni tidak semata-mata langsung terjadi begitu saja, namun di sinipenulis menceritakan spirit berkeseniannya yang dilaluinya dari paksaan hingga rasanyaman dalam berkarya itu sendiri membuatnya bangkit dengan berbagai tragedi yangdialaminya. Penulis mengkombinasikan cerita pengalaman pribadi tersebut sebagaimedia ungkap modus menanyakan berkesenian sekarang ini. Metode yang dipakaisebagai landasan metode penciptaan adalah David Cambel dalam membantupengorganisasian dalam sistematis penciptaan dan dalam pemikiran Henley D untukmerubah karya seni menjadi media terapi kejiwaan seseorang. Proses perwujudan karyadibuat surealis yang mencerminkan nuansa alam imajinasi, juga mengkombinasikanunsur-unsur populer untuk membantu membahasakan kegelisahan penulis ke dalam erakekinian yang bertujuan membantu audience bisa membaca karya.Pada hasil pengolahan ide dan gagasan menghasilkan karya berjudul ,Passion,melancholi, dan Journey menjelaskan tentang perjalanan dari keterpaksaan hinggamenjadi energi berkesenian itu berawal, ilustrasi dari cerita menggambarkan tragedisituasi kontradiksi antara keinginan orang tua untuk menjadi seniman dan keinginanpribadi untuk menjadi pemusik yang bertentangan akhirnya penulis menyadari bahwatujuan dari pilihan orang tua untuk berkarya seni memang lebih baik. Kemujian diikutikarya dengan judul waiting, trance, just agame, illumination, determination , danbreakfast. Menggambarkan situasi proses di mana penulis mengarungi pengalamanpersaingan eksistensi diri di ranah seni rupa yang sangat baru dijalaninya dan penuhkejutan dalam menjalani proses berkesenian tersebut.Pengalaman penulis tersebut akan didongengkan melalui bahasa metafora mediaseni rupa, layaknya sebuah dongeng yang diwujudkan melalui karya seni. Pada akhirnya,Keseluruhan karya tersebut merupakan hasil usaha melahirkan karya seni yangberkualitas, baik dari visual, intelektual penyajian dan juga bisa diharapkan menjadimanfaat bagi masyarakat juga merangsang tindakan-tindakan pengkajian persoalansosial. Yogyakarta xiv, 88 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Terapi
berkesenian
SENI LUKIS
NONE
spellingShingle Terapi
berkesenian
SENI LUKIS
NONE
SEPTRIANTO, Chrisna Bayu
Refleksi Memori Pengalaman Pribadi Kontradiksi Menjadi Energi Berkesenian
description Dalam kehidupan pasti ada kegagalan, keberhasilan, kesenangan, kesedihan,seperti ada hitam dan putih. Tragedi yang telah teralami adalah sebuah hikmah jika kitasudah mengalaminya. Layaknya sebuah dongeng yang memberi cerita beralur sebabakibat, dari kisah-kisah tersebut memberi nilai kebijakan akan hal apa yang akan kitalakukan dan bagaimana kita bersikap lebih positif layaknya pepatah, apa yang kita tanamitulah yang akan kita panen. Dalam konsep penciptaan “Refleksi Memori PengalamanPribadi: Kontradiksi Menjadi Energi Berkesenian” menceritakan tentang perjalananpenulis dalam awal kehidupan berkesenian. Memilih profesi untuk mengarungikehidupan di dunia seni tidak semata-mata langsung terjadi begitu saja, namun di sinipenulis menceritakan spirit berkeseniannya yang dilaluinya dari paksaan hingga rasanyaman dalam berkarya itu sendiri membuatnya bangkit dengan berbagai tragedi yangdialaminya. Penulis mengkombinasikan cerita pengalaman pribadi tersebut sebagaimedia ungkap modus menanyakan berkesenian sekarang ini. Metode yang dipakaisebagai landasan metode penciptaan adalah David Cambel dalam membantupengorganisasian dalam sistematis penciptaan dan dalam pemikiran Henley D untukmerubah karya seni menjadi media terapi kejiwaan seseorang. Proses perwujudan karyadibuat surealis yang mencerminkan nuansa alam imajinasi, juga mengkombinasikanunsur-unsur populer untuk membantu membahasakan kegelisahan penulis ke dalam erakekinian yang bertujuan membantu audience bisa membaca karya.Pada hasil pengolahan ide dan gagasan menghasilkan karya berjudul ,Passion,melancholi, dan Journey menjelaskan tentang perjalanan dari keterpaksaan hinggamenjadi energi berkesenian itu berawal, ilustrasi dari cerita menggambarkan tragedisituasi kontradiksi antara keinginan orang tua untuk menjadi seniman dan keinginanpribadi untuk menjadi pemusik yang bertentangan akhirnya penulis menyadari bahwatujuan dari pilihan orang tua untuk berkarya seni memang lebih baik. Kemujian diikutikarya dengan judul waiting, trance, just agame, illumination, determination , danbreakfast. Menggambarkan situasi proses di mana penulis mengarungi pengalamanpersaingan eksistensi diri di ranah seni rupa yang sangat baru dijalaninya dan penuhkejutan dalam menjalani proses berkesenian tersebut.Pengalaman penulis tersebut akan didongengkan melalui bahasa metafora mediaseni rupa, layaknya sebuah dongeng yang diwujudkan melalui karya seni. Pada akhirnya,Keseluruhan karya tersebut merupakan hasil usaha melahirkan karya seni yangberkualitas, baik dari visual, intelektual penyajian dan juga bisa diharapkan menjadimanfaat bagi masyarakat juga merangsang tindakan-tindakan pengkajian persoalansosial.
format Tugas Akhir
author SEPTRIANTO, Chrisna Bayu
author_facet SEPTRIANTO, Chrisna Bayu
author_sort SEPTRIANTO, Chrisna Bayu
title Refleksi Memori Pengalaman Pribadi Kontradiksi Menjadi Energi Berkesenian
title_short Refleksi Memori Pengalaman Pribadi Kontradiksi Menjadi Energi Berkesenian
title_full Refleksi Memori Pengalaman Pribadi Kontradiksi Menjadi Energi Berkesenian
title_fullStr Refleksi Memori Pengalaman Pribadi Kontradiksi Menjadi Energi Berkesenian
title_full_unstemmed Refleksi Memori Pengalaman Pribadi Kontradiksi Menjadi Energi Berkesenian
title_sort refleksi memori pengalaman pribadi kontradiksi menjadi energi berkesenian
publisher PPS ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35450
_version_ 1741200332240715776