Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011
Penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap produk “Madurasa” yang berkembang hingga menjadi berbagai produk varian. Berkembangnya produk tersebut salah satunya ditunjang oleh media iklan cetak non media massa tahun 1984-2011 yang dirancang in house advertiser PT Air Mancur. Produk ya...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yk.
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35456 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-35456 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-354562017-12-07T08:19:42Z Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011 PUJIYANTO gaya desain desain komunikasi visual Estetika PPS ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35456 DIS/DK/Puj/e/2017 Penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap produk “Madurasa” yang berkembang hingga menjadi berbagai produk varian. Berkembangnya produk tersebut salah satunya ditunjang oleh media iklan cetak non media massa tahun 1984-2011 yang dirancang in house advertiser PT Air Mancur. Produk yang dipromosikan melalui iklan cetak pada tahap perintisan (pioneering stage), persaingan (competitive stage), dan pertahanan (retentive stage) memiliki estetika desain yang berbeda karena dipengaruhi oleh ideologi iklan, gaya desain, dan gaya hidup konsumen pada masa-masa tertentu. Bagaimana hubungan ideologi, gaya desain, dan gaya hidup konsumen yang diimplementasikan pada estetika desain iklan; serta apakah estetika desain iklan pada tahapan tertentu mempengaruhi gaya hidup konsumen untuk menciptakan kebutuhan produk. Penelitian dilakukan melalui pendekatan estetika visual melalui metode campuran (mixer) yaitu penggabungan antara data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik dokumen, wawancara, pengamatan, dan kepustakaan. Dari berbagai data tersebut dianalisis menggunakan teori ideologi, teori gaya visual desain, dan teori gaya hidup konsumen. Hasil diperoleh, iklan pada tahap perintisan menampilkan gaya desain dipengaruhi oleh desain kemasan jamu PT Air Mancur yang ditata mengarah gaya grid layout. Iklan pada tahap ini PT Air Mancur menggunakan ideologi pengenalan diri dalam mengonsumsi jamu “Madurasa” sebagai pola kebiasaan baru, pemakaian baru, dan standar hidup baru dalam mengkonsumsi produk jamu. Iklan pada tahap persaingan menggunakan testimonial selebritis yang didukung nama merek “Madurasa” sebagai teks reminder yang dipakai sebagai identification headline ang mengarah pada gaya grid layout. Iklan pada tahap ini terdapat ideologi pertahanan diri yang memvisualisasikan testimonial bebera artis bergaya hidup modern dalam mengomunikasi “Madurasa” sebagai produk suplemen memiliki keistimewaan yang beda dengan produk kompetitor. Iklan pada tahap pertahaman yang mengangkat “Madurasa” sebagai produk minuman kesehatan yang populer melalui tampilan beberapa produk “Madurasa” dan keluarha sehat yang didukung dengan signature “Top Brand” melalui penataan gaya all art layout. Iklan pada tahap ini menggunakan ideologi pertahanan diri melalui gaya hidup populer dalam mengonsumsi “Madurasa” sebagai market leader produk terkenal. Yogyakarta xv, 254 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
gaya desain desain komunikasi visual Estetika NONE |
spellingShingle |
gaya desain desain komunikasi visual Estetika NONE PUJIYANTO Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011 |
description |
Penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap produk “Madurasa” yang berkembang hingga menjadi berbagai produk varian. Berkembangnya produk tersebut salah satunya ditunjang oleh media iklan cetak non media massa tahun 1984-2011 yang dirancang in house advertiser PT Air Mancur. Produk yang dipromosikan melalui iklan cetak pada tahap perintisan (pioneering stage), persaingan (competitive stage), dan pertahanan (retentive stage) memiliki estetika desain yang berbeda karena dipengaruhi oleh ideologi iklan, gaya desain, dan gaya hidup konsumen pada masa-masa tertentu. Bagaimana hubungan ideologi, gaya desain, dan gaya hidup konsumen yang diimplementasikan pada estetika desain iklan; serta apakah estetika desain iklan pada tahapan tertentu mempengaruhi gaya hidup konsumen untuk menciptakan kebutuhan produk. Penelitian dilakukan melalui pendekatan estetika visual melalui metode campuran (mixer) yaitu penggabungan antara data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik dokumen, wawancara, pengamatan, dan kepustakaan. Dari berbagai data tersebut dianalisis menggunakan teori ideologi, teori gaya visual desain, dan teori gaya hidup konsumen. Hasil diperoleh, iklan pada tahap perintisan menampilkan gaya desain dipengaruhi oleh desain kemasan jamu PT Air Mancur yang ditata mengarah gaya grid layout. Iklan pada tahap ini PT Air Mancur menggunakan ideologi pengenalan diri dalam mengonsumsi jamu “Madurasa” sebagai pola kebiasaan baru, pemakaian baru, dan standar hidup baru dalam mengkonsumsi produk jamu. Iklan pada tahap persaingan menggunakan testimonial selebritis yang didukung nama merek “Madurasa” sebagai teks reminder yang dipakai sebagai identification headline ang mengarah pada gaya grid layout. Iklan pada tahap ini terdapat ideologi pertahanan diri yang memvisualisasikan testimonial bebera artis bergaya hidup modern dalam mengomunikasi “Madurasa” sebagai produk suplemen memiliki keistimewaan yang beda dengan produk kompetitor. Iklan pada tahap pertahaman yang mengangkat “Madurasa” sebagai produk minuman kesehatan yang populer melalui tampilan beberapa produk “Madurasa” dan keluarha sehat yang didukung dengan signature “Top Brand” melalui penataan gaya all art layout. Iklan pada tahap ini menggunakan ideologi pertahanan diri melalui gaya hidup populer dalam mengonsumsi “Madurasa” sebagai market leader produk terkenal. |
format |
Tugas Akhir |
author |
PUJIYANTO |
author_facet |
PUJIYANTO |
author_sort |
PUJIYANTO |
title |
Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011 |
title_short |
Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011 |
title_full |
Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011 |
title_fullStr |
Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011 |
title_full_unstemmed |
Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011 |
title_sort |
estetika desain iklan cetak “madurasa”: perkembangan gaya desain iklan “madurasa” pt air mancur tahun 1984-2011 |
publisher |
PPS ISI Yk. |
publishDate |
2017 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35456 |
_version_ |
1741200333389955072 |