Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011

Penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap produk “Madurasa” yang berkembang hingga menjadi berbagai produk varian. Berkembangnya produk tersebut salah satunya ditunjang oleh media iklan cetak non media massa tahun 1984-2011 yang dirancang in house advertiser PT Air Mancur. Produk ya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUJIYANTO
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35456
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-35456
record_format oai_dc
spelling isilib-354562017-12-07T08:19:42Z Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011 PUJIYANTO gaya desain desain komunikasi visual Estetika PPS ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35456 DIS/DK/Puj/e/2017 Penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap produk “Madurasa” yang berkembang hingga menjadi berbagai produk varian. Berkembangnya produk tersebut salah satunya ditunjang oleh media iklan cetak non media massa tahun 1984-2011 yang dirancang in house advertiser PT Air Mancur. Produk yang dipromosikan melalui iklan cetak pada tahap perintisan (pioneering stage), persaingan (competitive stage), dan pertahanan (retentive stage) memiliki estetika desain yang berbeda karena dipengaruhi oleh ideologi iklan, gaya desain, dan gaya hidup konsumen pada masa-masa tertentu. Bagaimana hubungan ideologi, gaya desain, dan gaya hidup konsumen yang diimplementasikan pada estetika desain iklan; serta apakah estetika desain iklan pada tahapan tertentu mempengaruhi gaya hidup konsumen untuk menciptakan kebutuhan produk. Penelitian dilakukan melalui pendekatan estetika visual melalui metode campuran (mixer) yaitu penggabungan antara data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik dokumen, wawancara, pengamatan, dan kepustakaan. Dari berbagai data tersebut dianalisis menggunakan teori ideologi, teori gaya visual desain, dan teori gaya hidup konsumen. Hasil diperoleh, iklan pada tahap perintisan menampilkan gaya desain dipengaruhi oleh desain kemasan jamu PT Air Mancur yang ditata mengarah gaya grid layout. Iklan pada tahap ini PT Air Mancur menggunakan ideologi pengenalan diri dalam mengonsumsi jamu “Madurasa” sebagai pola kebiasaan baru, pemakaian baru, dan standar hidup baru dalam mengkonsumsi produk jamu. Iklan pada tahap persaingan menggunakan testimonial selebritis yang didukung nama merek “Madurasa” sebagai teks reminder yang dipakai sebagai identification headline ang mengarah pada gaya grid layout. Iklan pada tahap ini terdapat ideologi pertahanan diri yang memvisualisasikan testimonial bebera artis bergaya hidup modern dalam mengomunikasi “Madurasa” sebagai produk suplemen memiliki keistimewaan yang beda dengan produk kompetitor. Iklan pada tahap pertahaman yang mengangkat “Madurasa” sebagai produk minuman kesehatan yang populer melalui tampilan beberapa produk “Madurasa” dan keluarha sehat yang didukung dengan signature “Top Brand” melalui penataan gaya all art layout. Iklan pada tahap ini menggunakan ideologi pertahanan diri melalui gaya hidup populer dalam mengonsumsi “Madurasa” sebagai market leader produk terkenal. Yogyakarta xv, 254 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic gaya desain
desain komunikasi visual
Estetika
NONE
spellingShingle gaya desain
desain komunikasi visual
Estetika
NONE
PUJIYANTO
Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011
description Penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap produk “Madurasa” yang berkembang hingga menjadi berbagai produk varian. Berkembangnya produk tersebut salah satunya ditunjang oleh media iklan cetak non media massa tahun 1984-2011 yang dirancang in house advertiser PT Air Mancur. Produk yang dipromosikan melalui iklan cetak pada tahap perintisan (pioneering stage), persaingan (competitive stage), dan pertahanan (retentive stage) memiliki estetika desain yang berbeda karena dipengaruhi oleh ideologi iklan, gaya desain, dan gaya hidup konsumen pada masa-masa tertentu. Bagaimana hubungan ideologi, gaya desain, dan gaya hidup konsumen yang diimplementasikan pada estetika desain iklan; serta apakah estetika desain iklan pada tahapan tertentu mempengaruhi gaya hidup konsumen untuk menciptakan kebutuhan produk. Penelitian dilakukan melalui pendekatan estetika visual melalui metode campuran (mixer) yaitu penggabungan antara data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik dokumen, wawancara, pengamatan, dan kepustakaan. Dari berbagai data tersebut dianalisis menggunakan teori ideologi, teori gaya visual desain, dan teori gaya hidup konsumen. Hasil diperoleh, iklan pada tahap perintisan menampilkan gaya desain dipengaruhi oleh desain kemasan jamu PT Air Mancur yang ditata mengarah gaya grid layout. Iklan pada tahap ini PT Air Mancur menggunakan ideologi pengenalan diri dalam mengonsumsi jamu “Madurasa” sebagai pola kebiasaan baru, pemakaian baru, dan standar hidup baru dalam mengkonsumsi produk jamu. Iklan pada tahap persaingan menggunakan testimonial selebritis yang didukung nama merek “Madurasa” sebagai teks reminder yang dipakai sebagai identification headline ang mengarah pada gaya grid layout. Iklan pada tahap ini terdapat ideologi pertahanan diri yang memvisualisasikan testimonial bebera artis bergaya hidup modern dalam mengomunikasi “Madurasa” sebagai produk suplemen memiliki keistimewaan yang beda dengan produk kompetitor. Iklan pada tahap pertahaman yang mengangkat “Madurasa” sebagai produk minuman kesehatan yang populer melalui tampilan beberapa produk “Madurasa” dan keluarha sehat yang didukung dengan signature “Top Brand” melalui penataan gaya all art layout. Iklan pada tahap ini menggunakan ideologi pertahanan diri melalui gaya hidup populer dalam mengonsumsi “Madurasa” sebagai market leader produk terkenal.
format Tugas Akhir
author PUJIYANTO
author_facet PUJIYANTO
author_sort PUJIYANTO
title Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011
title_short Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011
title_full Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011
title_fullStr Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011
title_full_unstemmed Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011
title_sort estetika desain iklan cetak “madurasa”: perkembangan gaya desain iklan “madurasa” pt air mancur tahun 1984-2011
publisher PPS ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35456
_version_ 1741200333389955072