Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta)

Korean Pop (K-Pop) saat ini menjadi salah fenomena yang menarik untuk diteliti, terlihat dari mulai banyak bermunculan di stasiun telivisi swasta yaitu drama-drama Korea, musik K-Pop seperti boy/girlband, iklan-iklan yang menjual produk dengan embel-embel Korea, dan juga tur konser para boy/girlband...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIJAYA, Novriasomya Paramitha
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
MS
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35499
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Korean Pop (K-Pop) saat ini menjadi salah fenomena yang menarik untuk diteliti, terlihat dari mulai banyak bermunculan di stasiun telivisi swasta yaitu drama-drama Korea, musik K-Pop seperti boy/girlband, iklan-iklan yang menjual produk dengan embel-embel Korea, dan juga tur konser para boy/girlband Korea di Indonesia sejak tiga tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan latar belakang apa saja yang mempengaruhi minat seseorang terutama para penikmat maupun peminat musik K-Pop khususnya di komunitas EXO-L Yogyakarta. Informan/responden yang diteliti pada penelitian ini berjumlah sembilan orang, berusia 16—26 tahun yang memiliki perbedaan latar belakang pendidikan dan pekerjaan namun sama-sama berdomisili di Yogyakarta dan masih menjadi anggota aktif di komunitas EXO-L Yogyakarta. Hasil penelitian didapatkan bahwa informan memilih musik K-Pop selain untuk mendapatkan stimulus emosional yaitu perasaan senang, sedih, tenang, dan semangat saat mendengar musik K-Pop terutama musik boyband EXO didapatkan stimulasi kognitif yaitu menjadi sarana untuk mempelajari bahasa asing yaitu bahasa Korea. Dalam faktor situasional adalah untuk mendapatkan kehidupan bermasyarakat yang lebih berfaedah dalam faktor situasionalnya seperti mendapatkan banyak teman yang mempunyai kesukaan dan hobi/minat yang sama.Kata Kunci: K-Pop, Komunitas Penggemar, Kegiatan Komunitas.