Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta)

Korean Pop (K-Pop) saat ini menjadi salah fenomena yang menarik untuk diteliti, terlihat dari mulai banyak bermunculan di stasiun telivisi swasta yaitu drama-drama Korea, musik K-Pop seperti boy/girlband, iklan-iklan yang menjual produk dengan embel-embel Korea, dan juga tur konser para boy/girlband...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIJAYA, Novriasomya Paramitha
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
MS
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35499
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-35499
record_format oai_dc
spelling isilib-354992017-12-11T14:27:10Z Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta) WIJAYA, Novriasomya Paramitha musik Korea K-POP Budaya Populer FSP ISI Yogyakarta 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35499 MS/Wij/k/2017 Korean Pop (K-Pop) saat ini menjadi salah fenomena yang menarik untuk diteliti, terlihat dari mulai banyak bermunculan di stasiun telivisi swasta yaitu drama-drama Korea, musik K-Pop seperti boy/girlband, iklan-iklan yang menjual produk dengan embel-embel Korea, dan juga tur konser para boy/girlband Korea di Indonesia sejak tiga tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan latar belakang apa saja yang mempengaruhi minat seseorang terutama para penikmat maupun peminat musik K-Pop khususnya di komunitas EXO-L Yogyakarta. Informan/responden yang diteliti pada penelitian ini berjumlah sembilan orang, berusia 16—26 tahun yang memiliki perbedaan latar belakang pendidikan dan pekerjaan namun sama-sama berdomisili di Yogyakarta dan masih menjadi anggota aktif di komunitas EXO-L Yogyakarta. Hasil penelitian didapatkan bahwa informan memilih musik K-Pop selain untuk mendapatkan stimulus emosional yaitu perasaan senang, sedih, tenang, dan semangat saat mendengar musik K-Pop terutama musik boyband EXO didapatkan stimulasi kognitif yaitu menjadi sarana untuk mempelajari bahasa asing yaitu bahasa Korea. Dalam faktor situasional adalah untuk mendapatkan kehidupan bermasyarakat yang lebih berfaedah dalam faktor situasionalnya seperti mendapatkan banyak teman yang mempunyai kesukaan dan hobi/minat yang sama.Kata Kunci: K-Pop, Komunitas Penggemar, Kegiatan Komunitas. Yogyakarta xi+78 hal.;notasi.;ilus.;bib.;lamp.;30cm MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic musik Korea
K-POP
Budaya Populer
MS
spellingShingle musik Korea
K-POP
Budaya Populer
MS
WIJAYA, Novriasomya Paramitha
Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta)
description Korean Pop (K-Pop) saat ini menjadi salah fenomena yang menarik untuk diteliti, terlihat dari mulai banyak bermunculan di stasiun telivisi swasta yaitu drama-drama Korea, musik K-Pop seperti boy/girlband, iklan-iklan yang menjual produk dengan embel-embel Korea, dan juga tur konser para boy/girlband Korea di Indonesia sejak tiga tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan latar belakang apa saja yang mempengaruhi minat seseorang terutama para penikmat maupun peminat musik K-Pop khususnya di komunitas EXO-L Yogyakarta. Informan/responden yang diteliti pada penelitian ini berjumlah sembilan orang, berusia 16—26 tahun yang memiliki perbedaan latar belakang pendidikan dan pekerjaan namun sama-sama berdomisili di Yogyakarta dan masih menjadi anggota aktif di komunitas EXO-L Yogyakarta. Hasil penelitian didapatkan bahwa informan memilih musik K-Pop selain untuk mendapatkan stimulus emosional yaitu perasaan senang, sedih, tenang, dan semangat saat mendengar musik K-Pop terutama musik boyband EXO didapatkan stimulasi kognitif yaitu menjadi sarana untuk mempelajari bahasa asing yaitu bahasa Korea. Dalam faktor situasional adalah untuk mendapatkan kehidupan bermasyarakat yang lebih berfaedah dalam faktor situasionalnya seperti mendapatkan banyak teman yang mempunyai kesukaan dan hobi/minat yang sama.Kata Kunci: K-Pop, Komunitas Penggemar, Kegiatan Komunitas.
format Tugas Akhir
author WIJAYA, Novriasomya Paramitha
author_facet WIJAYA, Novriasomya Paramitha
author_sort WIJAYA, Novriasomya Paramitha
title Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta)
title_short Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta)
title_full Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta)
title_fullStr Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta)
title_full_unstemmed Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta)
title_sort komunitas exo-l yogyakarta (studi kasus dinamika penggemar k-pop di yogyakarta)
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35499
_version_ 1741200341397929985