Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta)
Korean Pop (K-Pop) saat ini menjadi salah fenomena yang menarik untuk diteliti, terlihat dari mulai banyak bermunculan di stasiun telivisi swasta yaitu drama-drama Korea, musik K-Pop seperti boy/girlband, iklan-iklan yang menjual produk dengan embel-embel Korea, dan juga tur konser para boy/girlband...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35499 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-35499 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-354992017-12-11T14:27:10Z Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta) WIJAYA, Novriasomya Paramitha musik Korea K-POP Budaya Populer FSP ISI Yogyakarta 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35499 MS/Wij/k/2017 Korean Pop (K-Pop) saat ini menjadi salah fenomena yang menarik untuk diteliti, terlihat dari mulai banyak bermunculan di stasiun telivisi swasta yaitu drama-drama Korea, musik K-Pop seperti boy/girlband, iklan-iklan yang menjual produk dengan embel-embel Korea, dan juga tur konser para boy/girlband Korea di Indonesia sejak tiga tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan latar belakang apa saja yang mempengaruhi minat seseorang terutama para penikmat maupun peminat musik K-Pop khususnya di komunitas EXO-L Yogyakarta. Informan/responden yang diteliti pada penelitian ini berjumlah sembilan orang, berusia 16—26 tahun yang memiliki perbedaan latar belakang pendidikan dan pekerjaan namun sama-sama berdomisili di Yogyakarta dan masih menjadi anggota aktif di komunitas EXO-L Yogyakarta. Hasil penelitian didapatkan bahwa informan memilih musik K-Pop selain untuk mendapatkan stimulus emosional yaitu perasaan senang, sedih, tenang, dan semangat saat mendengar musik K-Pop terutama musik boyband EXO didapatkan stimulasi kognitif yaitu menjadi sarana untuk mempelajari bahasa asing yaitu bahasa Korea. Dalam faktor situasional adalah untuk mendapatkan kehidupan bermasyarakat yang lebih berfaedah dalam faktor situasionalnya seperti mendapatkan banyak teman yang mempunyai kesukaan dan hobi/minat yang sama.Kata Kunci: K-Pop, Komunitas Penggemar, Kegiatan Komunitas. Yogyakarta xi+78 hal.;notasi.;ilus.;bib.;lamp.;30cm MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
musik Korea K-POP Budaya Populer MS |
spellingShingle |
musik Korea K-POP Budaya Populer MS WIJAYA, Novriasomya Paramitha Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta) |
description |
Korean Pop (K-Pop) saat ini menjadi salah fenomena yang menarik untuk diteliti, terlihat dari mulai banyak bermunculan di stasiun telivisi swasta yaitu drama-drama Korea, musik K-Pop seperti boy/girlband, iklan-iklan yang menjual produk dengan embel-embel Korea, dan juga tur konser para boy/girlband Korea di Indonesia sejak tiga tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan latar belakang apa saja yang mempengaruhi minat seseorang terutama para penikmat maupun peminat musik K-Pop khususnya di komunitas EXO-L Yogyakarta. Informan/responden yang diteliti pada penelitian ini berjumlah sembilan orang, berusia 16—26 tahun yang memiliki perbedaan latar belakang pendidikan dan pekerjaan namun sama-sama berdomisili di Yogyakarta dan masih menjadi anggota aktif di komunitas EXO-L Yogyakarta. Hasil penelitian didapatkan bahwa informan memilih musik K-Pop selain untuk mendapatkan stimulus emosional yaitu perasaan senang, sedih, tenang, dan semangat saat mendengar musik K-Pop terutama musik boyband EXO didapatkan stimulasi kognitif yaitu menjadi sarana untuk mempelajari bahasa asing yaitu bahasa Korea. Dalam faktor situasional adalah untuk mendapatkan kehidupan bermasyarakat yang lebih berfaedah dalam faktor situasionalnya seperti mendapatkan banyak teman yang mempunyai kesukaan dan hobi/minat yang sama.Kata Kunci: K-Pop, Komunitas Penggemar, Kegiatan Komunitas. |
format |
Tugas Akhir |
author |
WIJAYA, Novriasomya Paramitha |
author_facet |
WIJAYA, Novriasomya Paramitha |
author_sort |
WIJAYA, Novriasomya Paramitha |
title |
Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta) |
title_short |
Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta) |
title_full |
Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta) |
title_fullStr |
Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta) |
title_full_unstemmed |
Komunitas Exo-L Yogyakarta (Studi Kasus Dinamika Penggemar K-Pop di Yogyakarta) |
title_sort |
komunitas exo-l yogyakarta (studi kasus dinamika penggemar k-pop di yogyakarta) |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2017 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35499 |
_version_ |
1741200341397929985 |