Model Pembelajaran Instrumen Flute Kelas (X) Di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta

Pengajaran musik di sekolah harus didasari oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan dalam musik, harus pula mengetahui alasan mengapa siswa harus mendapatkan pengajaran musik, apa yang harus diajarkan kepada siswa tentang musik. Fokus penelitian ini dititik beratkan pada pembelajaran praktik inst...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARYADWIKA, Luther
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35601
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-35601
record_format oai_dc
spelling isilib-356012018-01-09T09:34:23Z Model Pembelajaran Instrumen Flute Kelas (X) Di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta ARYADWIKA, Luther Pembelajaran Seni Musik Flute FSP ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35601 MS/Ary/m/2017 Pengajaran musik di sekolah harus didasari oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan dalam musik, harus pula mengetahui alasan mengapa siswa harus mendapatkan pengajaran musik, apa yang harus diajarkan kepada siswa tentang musik. Fokus penelitian ini dititik beratkan pada pembelajaran praktik instrumen flute di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Rumusan masalah hanya dibatasi pada proses pembelajaran flute dan kendala apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran flute. Kemudian data-data diambil dari proses observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Kemudian proses pembelajaran dilakukan dengan praktik langsung, diskusi dan ceramah. Proses dalam pembelajaran flute meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Persiapan pembelajaran flute yaitu program semester dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kendala dalam pembelajaran yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal meliputi masih sulitnya siswa dalam membaca ritmis, kurangnya konsentrasi siswa saat praktik, siswa mengobrol pada saat praktik pembelajaran. Sedangkan kendala eksternal meliputi kondisi instrumen yang tidak bagus atau rusak, sering hilang atau ketinggalan buku (partitur) yang diberikan dan kurangnya fasilitas musik stand untuk proses belajar mengajar. Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran, dibuktikan pada hasil ujian semester. Yogyakarta xii, 91 hal.: ilus., lamp.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Pembelajaran
Seni Musik
Flute
NONE
spellingShingle Pembelajaran
Seni Musik
Flute
NONE
ARYADWIKA, Luther
Model Pembelajaran Instrumen Flute Kelas (X) Di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta
description Pengajaran musik di sekolah harus didasari oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan dalam musik, harus pula mengetahui alasan mengapa siswa harus mendapatkan pengajaran musik, apa yang harus diajarkan kepada siswa tentang musik. Fokus penelitian ini dititik beratkan pada pembelajaran praktik instrumen flute di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Rumusan masalah hanya dibatasi pada proses pembelajaran flute dan kendala apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran flute. Kemudian data-data diambil dari proses observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Kemudian proses pembelajaran dilakukan dengan praktik langsung, diskusi dan ceramah. Proses dalam pembelajaran flute meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Persiapan pembelajaran flute yaitu program semester dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kendala dalam pembelajaran yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal meliputi masih sulitnya siswa dalam membaca ritmis, kurangnya konsentrasi siswa saat praktik, siswa mengobrol pada saat praktik pembelajaran. Sedangkan kendala eksternal meliputi kondisi instrumen yang tidak bagus atau rusak, sering hilang atau ketinggalan buku (partitur) yang diberikan dan kurangnya fasilitas musik stand untuk proses belajar mengajar. Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran, dibuktikan pada hasil ujian semester.
format Tugas Akhir
author ARYADWIKA, Luther
author_facet ARYADWIKA, Luther
author_sort ARYADWIKA, Luther
title Model Pembelajaran Instrumen Flute Kelas (X) Di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta
title_short Model Pembelajaran Instrumen Flute Kelas (X) Di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta
title_full Model Pembelajaran Instrumen Flute Kelas (X) Di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta
title_fullStr Model Pembelajaran Instrumen Flute Kelas (X) Di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta
title_full_unstemmed Model Pembelajaran Instrumen Flute Kelas (X) Di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta
title_sort model pembelajaran instrumen flute kelas (x) di smk negeri 2 kasihan bantul yogyakarta
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35601
_version_ 1741200360698019840