Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music

Musik memiliki peran penting dalam Pendidikan anak. Musik juga menjadi salah satu media untuk pembelajaran di sekolah untuk anak-anak karena bisa membangun suasana menjadi lebih ceria dan menyenangkan. Banyak sekolah yang sudah memperhatikan hal ini. Selain sekolah musik formal, ada juga lembaga non...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: THEORA M, Stefhani
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35609
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-35609
record_format oai_dc
spelling isilib-356092018-01-11T13:04:46Z Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music THEORA M, Stefhani Solfegio Seni Musik Pembelajaran Vokal FSP ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35609 MS/The/p/2017 Musik memiliki peran penting dalam Pendidikan anak. Musik juga menjadi salah satu media untuk pembelajaran di sekolah untuk anak-anak karena bisa membangun suasana menjadi lebih ceria dan menyenangkan. Banyak sekolah yang sudah memperhatikan hal ini. Selain sekolah musik formal, ada juga lembaga non formal dengan bentuk les privat, salah satu lembaga pendidikan musik non formal adalah Antonio School of Music. Sebagian besar siswa di Antonio School of Music adalah anak-anak pada kelas kursus vokal yang berbeda karakter suara, kemampuan musikal, sifat dan Antonio School of Music belum meiliki kurikulum paten pada pembelajaran vokal. Metode menjadi sarana penting untuk meningkatkan kemampuan musikal siswa-siswi tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode solfegio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran metode solfegio dalam pembelajaran vocal pada anak usia 6-8 tahun dan kendalanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah penerapan metode solfegio dalam proses belajar bernyanyi selama 8 kali pertemuan, siswa di Antonio School of Music sudah dapat bernyanyi dengan lebih baik, dapat membidik nada, mudah mencerna dan memahami materi lagu baru tanpa banyak kesulitan. Metode ini adalah hal baru yang menjadikan proses pembelajaran vokal lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Yogyakarta x, 66 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Solfegio
Seni Musik
Pembelajaran Vokal
NONE
spellingShingle Solfegio
Seni Musik
Pembelajaran Vokal
NONE
THEORA M, Stefhani
Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music
description Musik memiliki peran penting dalam Pendidikan anak. Musik juga menjadi salah satu media untuk pembelajaran di sekolah untuk anak-anak karena bisa membangun suasana menjadi lebih ceria dan menyenangkan. Banyak sekolah yang sudah memperhatikan hal ini. Selain sekolah musik formal, ada juga lembaga non formal dengan bentuk les privat, salah satu lembaga pendidikan musik non formal adalah Antonio School of Music. Sebagian besar siswa di Antonio School of Music adalah anak-anak pada kelas kursus vokal yang berbeda karakter suara, kemampuan musikal, sifat dan Antonio School of Music belum meiliki kurikulum paten pada pembelajaran vokal. Metode menjadi sarana penting untuk meningkatkan kemampuan musikal siswa-siswi tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode solfegio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran metode solfegio dalam pembelajaran vocal pada anak usia 6-8 tahun dan kendalanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah penerapan metode solfegio dalam proses belajar bernyanyi selama 8 kali pertemuan, siswa di Antonio School of Music sudah dapat bernyanyi dengan lebih baik, dapat membidik nada, mudah mencerna dan memahami materi lagu baru tanpa banyak kesulitan. Metode ini adalah hal baru yang menjadikan proses pembelajaran vokal lebih menyenangkan dan mudah dipahami.
format Tugas Akhir
author THEORA M, Stefhani
author_facet THEORA M, Stefhani
author_sort THEORA M, Stefhani
title Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music
title_short Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music
title_full Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music
title_fullStr Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music
title_full_unstemmed Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music
title_sort penerapan metode solfegio dalam pembelajaran vokal pada anak usia 6 – 8 tahun di antonio school of music
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35609
_version_ 1741200362174414848