Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music
Musik memiliki peran penting dalam Pendidikan anak. Musik juga menjadi salah satu media untuk pembelajaran di sekolah untuk anak-anak karena bisa membangun suasana menjadi lebih ceria dan menyenangkan. Banyak sekolah yang sudah memperhatikan hal ini. Selain sekolah musik formal, ada juga lembaga non...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35609 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-35609 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-356092018-01-11T13:04:46Z Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music THEORA M, Stefhani Solfegio Seni Musik Pembelajaran Vokal FSP ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35609 MS/The/p/2017 Musik memiliki peran penting dalam Pendidikan anak. Musik juga menjadi salah satu media untuk pembelajaran di sekolah untuk anak-anak karena bisa membangun suasana menjadi lebih ceria dan menyenangkan. Banyak sekolah yang sudah memperhatikan hal ini. Selain sekolah musik formal, ada juga lembaga non formal dengan bentuk les privat, salah satu lembaga pendidikan musik non formal adalah Antonio School of Music. Sebagian besar siswa di Antonio School of Music adalah anak-anak pada kelas kursus vokal yang berbeda karakter suara, kemampuan musikal, sifat dan Antonio School of Music belum meiliki kurikulum paten pada pembelajaran vokal. Metode menjadi sarana penting untuk meningkatkan kemampuan musikal siswa-siswi tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode solfegio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran metode solfegio dalam pembelajaran vocal pada anak usia 6-8 tahun dan kendalanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah penerapan metode solfegio dalam proses belajar bernyanyi selama 8 kali pertemuan, siswa di Antonio School of Music sudah dapat bernyanyi dengan lebih baik, dapat membidik nada, mudah mencerna dan memahami materi lagu baru tanpa banyak kesulitan. Metode ini adalah hal baru yang menjadikan proses pembelajaran vokal lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Yogyakarta x, 66 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Solfegio Seni Musik Pembelajaran Vokal NONE |
spellingShingle |
Solfegio Seni Musik Pembelajaran Vokal NONE THEORA M, Stefhani Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music |
description |
Musik memiliki peran penting dalam Pendidikan anak. Musik juga menjadi salah satu media untuk pembelajaran di sekolah untuk anak-anak karena bisa membangun suasana menjadi lebih ceria dan menyenangkan. Banyak sekolah yang sudah memperhatikan hal ini. Selain sekolah musik formal, ada juga lembaga non formal dengan bentuk les privat, salah satu lembaga pendidikan musik non formal adalah Antonio School of Music. Sebagian besar siswa di Antonio School of Music adalah anak-anak pada kelas kursus vokal yang berbeda karakter suara, kemampuan musikal, sifat dan Antonio School of Music belum meiliki kurikulum paten pada pembelajaran vokal. Metode menjadi sarana penting untuk meningkatkan kemampuan musikal siswa-siswi tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode solfegio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran metode solfegio dalam pembelajaran vocal pada anak usia 6-8 tahun dan kendalanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah penerapan metode solfegio dalam proses belajar bernyanyi selama 8 kali pertemuan, siswa di Antonio School of Music sudah dapat bernyanyi dengan lebih baik, dapat membidik nada, mudah mencerna dan memahami materi lagu baru tanpa banyak kesulitan. Metode ini adalah hal baru yang menjadikan proses pembelajaran vokal lebih menyenangkan dan mudah dipahami. |
format |
Tugas Akhir |
author |
THEORA M, Stefhani |
author_facet |
THEORA M, Stefhani |
author_sort |
THEORA M, Stefhani |
title |
Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music |
title_short |
Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music |
title_full |
Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music |
title_fullStr |
Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music |
title_full_unstemmed |
Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music |
title_sort |
penerapan metode solfegio dalam pembelajaran vokal pada anak usia 6 – 8 tahun di antonio school of music |
publisher |
FSP ISI Yk. |
publishDate |
2017 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35609 |
_version_ |
1741200362174414848 |