Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperol...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HERIASTUTI, Christiana Adventera
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35620
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-35620
record_format oai_dc
spelling isilib-356202018-01-17T09:55:09Z Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul HERIASTUTI, Christiana Adventera band Seni Musik Anak Berkebutuhan Khusus FSP ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35620 MS/Her/p/2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh menggunakan tahapan penelitian dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan tahapan klasifikasi data, koneksi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran band untuk meningkatkan kemandirian siswa, meningkatkan rasa percaya diri, melatih kedisiplinan, konsentrasi, dan melatih kerjasama antara siswa tunagrahita ringan dengan tunanetra. 2) Komponen Pembelajaran Band di SLB N 1 Bantul saling berkaitan guna mencapai Tujuan Pembelajaran. Guru memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang yang diampu yaitu Pendidikan Seni Musik. Siswa ekstrakurikuler band adalah siswa-siswi yang terpilih dari setiap kelas Tunagrahita Ringan dan Tunanetra. Materi yang diajarkan terdiri atas 3 tahapan yaitu pengenalan alat, teknik permainan, dan lagu. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, prompt, peer tutorial, dan drill. Media yang digunakan adalah papan tulis dan mp3 player. Serta evaluasi pembelajaran menggunakan teknik evaluasi sikap dan teknik evaluasi perbuatan. Yogyakarta xii, 68 hal.: ilus., lamp.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic band
Seni Musik
Anak Berkebutuhan Khusus
NONE
spellingShingle band
Seni Musik
Anak Berkebutuhan Khusus
NONE
HERIASTUTI, Christiana Adventera
Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh menggunakan tahapan penelitian dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan tahapan klasifikasi data, koneksi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran band untuk meningkatkan kemandirian siswa, meningkatkan rasa percaya diri, melatih kedisiplinan, konsentrasi, dan melatih kerjasama antara siswa tunagrahita ringan dengan tunanetra. 2) Komponen Pembelajaran Band di SLB N 1 Bantul saling berkaitan guna mencapai Tujuan Pembelajaran. Guru memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang yang diampu yaitu Pendidikan Seni Musik. Siswa ekstrakurikuler band adalah siswa-siswi yang terpilih dari setiap kelas Tunagrahita Ringan dan Tunanetra. Materi yang diajarkan terdiri atas 3 tahapan yaitu pengenalan alat, teknik permainan, dan lagu. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, prompt, peer tutorial, dan drill. Media yang digunakan adalah papan tulis dan mp3 player. Serta evaluasi pembelajaran menggunakan teknik evaluasi sikap dan teknik evaluasi perbuatan.
format Tugas Akhir
author HERIASTUTI, Christiana Adventera
author_facet HERIASTUTI, Christiana Adventera
author_sort HERIASTUTI, Christiana Adventera
title Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul
title_short Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul
title_full Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul
title_fullStr Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul
title_full_unstemmed Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul
title_sort pembelajaran band pada anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa negeri 1 bantul
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35620
_version_ 1741200364328189952