Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperol...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35620 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-35620 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-356202018-01-17T09:55:09Z Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul HERIASTUTI, Christiana Adventera band Seni Musik Anak Berkebutuhan Khusus FSP ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35620 MS/Her/p/2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh menggunakan tahapan penelitian dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan tahapan klasifikasi data, koneksi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran band untuk meningkatkan kemandirian siswa, meningkatkan rasa percaya diri, melatih kedisiplinan, konsentrasi, dan melatih kerjasama antara siswa tunagrahita ringan dengan tunanetra. 2) Komponen Pembelajaran Band di SLB N 1 Bantul saling berkaitan guna mencapai Tujuan Pembelajaran. Guru memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang yang diampu yaitu Pendidikan Seni Musik. Siswa ekstrakurikuler band adalah siswa-siswi yang terpilih dari setiap kelas Tunagrahita Ringan dan Tunanetra. Materi yang diajarkan terdiri atas 3 tahapan yaitu pengenalan alat, teknik permainan, dan lagu. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, prompt, peer tutorial, dan drill. Media yang digunakan adalah papan tulis dan mp3 player. Serta evaluasi pembelajaran menggunakan teknik evaluasi sikap dan teknik evaluasi perbuatan. Yogyakarta xii, 68 hal.: ilus., lamp.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
band Seni Musik Anak Berkebutuhan Khusus NONE |
spellingShingle |
band Seni Musik Anak Berkebutuhan Khusus NONE HERIASTUTI, Christiana Adventera Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul |
description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh menggunakan tahapan penelitian dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan tahapan klasifikasi data, koneksi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran band untuk meningkatkan kemandirian siswa, meningkatkan rasa percaya diri, melatih kedisiplinan, konsentrasi, dan melatih kerjasama antara siswa tunagrahita ringan dengan tunanetra. 2) Komponen Pembelajaran Band di SLB N 1 Bantul saling berkaitan guna mencapai Tujuan Pembelajaran. Guru memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang yang diampu yaitu Pendidikan Seni Musik. Siswa ekstrakurikuler band adalah siswa-siswi yang terpilih dari setiap kelas Tunagrahita Ringan dan Tunanetra. Materi yang diajarkan terdiri atas 3 tahapan yaitu pengenalan alat, teknik permainan, dan lagu. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, prompt, peer tutorial, dan drill. Media yang digunakan adalah papan tulis dan mp3 player. Serta evaluasi pembelajaran menggunakan teknik evaluasi sikap dan teknik evaluasi perbuatan. |
format |
Tugas Akhir |
author |
HERIASTUTI, Christiana Adventera |
author_facet |
HERIASTUTI, Christiana Adventera |
author_sort |
HERIASTUTI, Christiana Adventera |
title |
Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul |
title_short |
Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul |
title_full |
Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul |
title_fullStr |
Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul |
title_full_unstemmed |
Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul |
title_sort |
pembelajaran band pada anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa negeri 1 bantul |
publisher |
FSP ISI Yk. |
publishDate |
2017 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35620 |
_version_ |
1741200364328189952 |