Analisis Pola Ritme Tradisional Afro-Kuba Pada Komposisi Solo Gitar Fase “Avant-Garde” Karya Leo Brouwer
Studi ini membahas pola ritme tradisional Afro-Kuba pada karya-karya solo gitar avant-garde milik Leo Brouwer. Penelitian ini dilakukan dengan mencari bentuk-bentuk pola ritme tradisional tersebut pada karya-karya Brouwer yang masuk dalam kategori fase avant-garde. Beberapa referensi yang relevan di...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35621 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Studi ini membahas pola ritme tradisional Afro-Kuba pada karya-karya solo gitar avant-garde milik Leo Brouwer. Penelitian ini dilakukan dengan mencari bentuk-bentuk pola ritme tradisional tersebut pada karya-karya Brouwer yang masuk dalam kategori fase avant-garde. Beberapa referensi yang relevan digunakan untuk mengidentifikasi variabel-variabel terkait. Variabel pertama adalah karya-karya Brouwer yang masuk dalam fase avant-garde: Parabola, Canticum, Tarantos, dan La Espiral Eterna, dan bentuk pola-pola ritme tradisional Afro-Kuba. Penulis mengkomparasikan idiom ritme pada karya Brouwer dengan bentuk pola ritme tradisional Afro-Kuba. Hasil penelitian pada karya-karya tersebut ditemukan pola-pola ritme tradisional di tengah gaya musik eksperimental, seperti pola ritme: tressilo, abakua, kobaye, dan cinquillo, yang hadir dalam bentuk modifikasi. |
---|