Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola pada Anak Kelas 1 di SD Bopkri Pelangi Bantul Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran ekstrakurikuler biola pada anak kelas 1 di SD BOPKRI Pelangi Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskrptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas ekstrakurikuler biola dan siswa-sisw...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Novriansyah
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35634
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran ekstrakurikuler biola pada anak kelas 1 di SD BOPKRI Pelangi Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskrptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas ekstrakurikuler biola dan siswa-siswi kelas satu SD BOPKRI Pelangi Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melakukan observasi,hasil wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian pembelajaran ekstrakurikuler biola menunjukkan bahwa tidak ada metode khusus yang digunakan oleh pengajar, cara yang digunakan oleh pengajar adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi ,latihan dan penugasan (resitasi). Setelah penulis melakukan penelitian, dalam pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler biola pada anak kelas satu SD BOPKRI Pelangi Bantul murid ditargetkan dapat menguasai satu oktaf tangga nada A Mayor, di dalam prosesnya pengajar melakukan hal yang tepat dalam mengangani 18 orang murid dalam satu kelas sehingga membuat kelompok-kelompok dalam satu kelas.