Perancangan Ilustrasi Batik Kontemporer Untuk Promosi De'onara.

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang patut untuk dilestarikan oleh para penerus bangsa. Oleh karenanya, perlu adanya penanaman rasa memiliki terhadap batik pada setiap insan penerus bangsa Indonesia khususnya para anak muda. Brand De’Onara merupakan usaha di bidang fashion yang bers...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRI, Sherlita Kurnia
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35746
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang patut untuk dilestarikan oleh para penerus bangsa. Oleh karenanya, perlu adanya penanaman rasa memiliki terhadap batik pada setiap insan penerus bangsa Indonesia khususnya para anak muda. Brand De’Onara merupakan usaha di bidang fashion yang bersegmentasi anak muda dengan status sosial kelas menengah atas ini, melakukan sebuah rangkaian promosi dengan mengangkat tema hari batik nasional dengan mengangkat big idea ”top 5 fashion inspiring women“ atau menampilkan lima wanita inspiratif yang mempengaruhi dunia fashion di Indonesia sebagai bentuk apresiasi terhadap dedikasi dan prestasi wanita Indonesia. Menggunakan penekanan corak ilustrasi dan penggabungan teknik pewarnaan batik menjadi nilai “uniqe” pada promosi ini. Kelima tokoh tersebut dipilih berdasarkan kriteria dari De’Onara untuk dijadikan karater dan muncul dalam rangkaian visual promosi brand De’Onara. Perancangan ilustrasi batik kontemporer yang dibuat ini akan di publikasikan dalam rangka promosi yang dilakukan de’Onara dalam memperingati Hari Batik Nasional yang bertepatan dengan opening showroom perdana De’Onara di Yogyakarta. Perancangan ilustrasi kelima tokoh tersebut dibuat menggunakan gaya visual ilustrasi pada fashion dengan menggunakan teknik pewarnaan tradisional batik menggunakan perintang warna berupa canting dan menggunakan proses celup dan colet. Teknik pewarnaan ini digunakan untuk menghasilkan kesatuan batik kedalam dna dari rangkaian promosi ini sebagai bentuk apresiasi terhadap budaya tradisional khas Indonesia, yang kemudian dipadukan dengan teknologi desain dan tata layout promosi. Perancangan ini dibuat dengan tujuan memberikan cara penyampaian batik dengan metode atau cara baru kepada masyarakat tanpa disadari.