Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948)
Penelitian ini membahas proses editorial penjarian tangan kiri pada karya Suite inA minor untuk gitar karya Manuel Maria Ponce yang bertujuan untuk membuat edisi baruuntuk persiapan penyajian resital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialahkomparasi-eksploratif, yaitu membandingkan beberapa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35794 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-35794 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-357942018-03-06T11:41:24Z Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948) BAHARZAH, Yanuar Andy Seni Musik gitar klasik penjarian FSP ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35794 MS/Bah/p/2017 Penelitian ini membahas proses editorial penjarian tangan kiri pada karya Suite inA minor untuk gitar karya Manuel Maria Ponce yang bertujuan untuk membuat edisi baruuntuk persiapan penyajian resital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialahkomparasi-eksploratif, yaitu membandingkan beberapa publikasi edisi penjarian padakarya yang sama untuk melihat persamaan dan perbedaannya, serta memahami efektifitassistem-sistem penjarian yang diterapkan. Dari banyak publikasi, penelitian inimembandingkan dua edisi yang berbeda, yaitu dari Jose Luis Gonzalez dan MiguelAbloniz, kemudian mengksplorasinya sesuai dengan kesesuaian anatomis tangan penulis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara kedua edisi tersebut terdapat perbedaandalam penerapan sistem penjarian yang signifikan pada bagian-bagian ritmis, akord, danmelodi. Di samping itu terdapat juga penambahan-penambahan atau penguranganpengurangan,baik pada nada maupun durasi, yang membawa konsekuensi penerapansistem penjarian yang berbeda. Walaupun kedua edisi tersebut menawarkan penjarianyang baik namun tidak sedikit pula yang dirasa kurang nyaman dimainkan karenaanatomi tangan masing-masing gitaris yang berbeda dan interpretasi penyajian yangberbeda. Penelitian ini menyarankan agar setiap gitaris harus selalu mempertimbangkanpenjarian yang diberikan pada setiap edisi, mencoba memahami alasan dibalik penjariantersebut, dan memutuskan penjarian yang akan digunakan olehnya. Yogyakarta xix, 203 hal.: not.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Seni Musik gitar klasik penjarian NONE |
spellingShingle |
Seni Musik gitar klasik penjarian NONE BAHARZAH, Yanuar Andy Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948) |
description |
Penelitian ini membahas proses editorial penjarian tangan kiri pada karya Suite inA minor untuk gitar karya Manuel Maria Ponce yang bertujuan untuk membuat edisi baruuntuk persiapan penyajian resital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialahkomparasi-eksploratif, yaitu membandingkan beberapa publikasi edisi penjarian padakarya yang sama untuk melihat persamaan dan perbedaannya, serta memahami efektifitassistem-sistem penjarian yang diterapkan. Dari banyak publikasi, penelitian inimembandingkan dua edisi yang berbeda, yaitu dari Jose Luis Gonzalez dan MiguelAbloniz, kemudian mengksplorasinya sesuai dengan kesesuaian anatomis tangan penulis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara kedua edisi tersebut terdapat perbedaandalam penerapan sistem penjarian yang signifikan pada bagian-bagian ritmis, akord, danmelodi. Di samping itu terdapat juga penambahan-penambahan atau penguranganpengurangan,baik pada nada maupun durasi, yang membawa konsekuensi penerapansistem penjarian yang berbeda. Walaupun kedua edisi tersebut menawarkan penjarianyang baik namun tidak sedikit pula yang dirasa kurang nyaman dimainkan karenaanatomi tangan masing-masing gitaris yang berbeda dan interpretasi penyajian yangberbeda. Penelitian ini menyarankan agar setiap gitaris harus selalu mempertimbangkanpenjarian yang diberikan pada setiap edisi, mencoba memahami alasan dibalik penjariantersebut, dan memutuskan penjarian yang akan digunakan olehnya. |
format |
Tugas Akhir |
author |
BAHARZAH, Yanuar Andy |
author_facet |
BAHARZAH, Yanuar Andy |
author_sort |
BAHARZAH, Yanuar Andy |
title |
Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948) |
title_short |
Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948) |
title_full |
Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948) |
title_fullStr |
Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948) |
title_full_unstemmed |
Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948) |
title_sort |
proses edirorial penjarian tangan kiri untuk gitar klasik pada suite in a minor karya manuel maria ponce (1882-1948) |
publisher |
FSP ISI Yk. |
publishDate |
2017 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35794 |
_version_ |
1741200398791737344 |