Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948)

Penelitian ini membahas proses editorial penjarian tangan kiri pada karya Suite inA minor untuk gitar karya Manuel Maria Ponce yang bertujuan untuk membuat edisi baruuntuk persiapan penyajian resital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialahkomparasi-eksploratif, yaitu membandingkan beberapa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: BAHARZAH, Yanuar Andy
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35794
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-35794
record_format oai_dc
spelling isilib-357942018-03-06T11:41:24Z Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948) BAHARZAH, Yanuar Andy Seni Musik gitar klasik penjarian FSP ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35794 MS/Bah/p/2017 Penelitian ini membahas proses editorial penjarian tangan kiri pada karya Suite inA minor untuk gitar karya Manuel Maria Ponce yang bertujuan untuk membuat edisi baruuntuk persiapan penyajian resital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialahkomparasi-eksploratif, yaitu membandingkan beberapa publikasi edisi penjarian padakarya yang sama untuk melihat persamaan dan perbedaannya, serta memahami efektifitassistem-sistem penjarian yang diterapkan. Dari banyak publikasi, penelitian inimembandingkan dua edisi yang berbeda, yaitu dari Jose Luis Gonzalez dan MiguelAbloniz, kemudian mengksplorasinya sesuai dengan kesesuaian anatomis tangan penulis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara kedua edisi tersebut terdapat perbedaandalam penerapan sistem penjarian yang signifikan pada bagian-bagian ritmis, akord, danmelodi. Di samping itu terdapat juga penambahan-penambahan atau penguranganpengurangan,baik pada nada maupun durasi, yang membawa konsekuensi penerapansistem penjarian yang berbeda. Walaupun kedua edisi tersebut menawarkan penjarianyang baik namun tidak sedikit pula yang dirasa kurang nyaman dimainkan karenaanatomi tangan masing-masing gitaris yang berbeda dan interpretasi penyajian yangberbeda. Penelitian ini menyarankan agar setiap gitaris harus selalu mempertimbangkanpenjarian yang diberikan pada setiap edisi, mencoba memahami alasan dibalik penjariantersebut, dan memutuskan penjarian yang akan digunakan olehnya. Yogyakarta xix, 203 hal.: not.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Seni Musik
gitar klasik
penjarian
NONE
spellingShingle Seni Musik
gitar klasik
penjarian
NONE
BAHARZAH, Yanuar Andy
Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948)
description Penelitian ini membahas proses editorial penjarian tangan kiri pada karya Suite inA minor untuk gitar karya Manuel Maria Ponce yang bertujuan untuk membuat edisi baruuntuk persiapan penyajian resital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialahkomparasi-eksploratif, yaitu membandingkan beberapa publikasi edisi penjarian padakarya yang sama untuk melihat persamaan dan perbedaannya, serta memahami efektifitassistem-sistem penjarian yang diterapkan. Dari banyak publikasi, penelitian inimembandingkan dua edisi yang berbeda, yaitu dari Jose Luis Gonzalez dan MiguelAbloniz, kemudian mengksplorasinya sesuai dengan kesesuaian anatomis tangan penulis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara kedua edisi tersebut terdapat perbedaandalam penerapan sistem penjarian yang signifikan pada bagian-bagian ritmis, akord, danmelodi. Di samping itu terdapat juga penambahan-penambahan atau penguranganpengurangan,baik pada nada maupun durasi, yang membawa konsekuensi penerapansistem penjarian yang berbeda. Walaupun kedua edisi tersebut menawarkan penjarianyang baik namun tidak sedikit pula yang dirasa kurang nyaman dimainkan karenaanatomi tangan masing-masing gitaris yang berbeda dan interpretasi penyajian yangberbeda. Penelitian ini menyarankan agar setiap gitaris harus selalu mempertimbangkanpenjarian yang diberikan pada setiap edisi, mencoba memahami alasan dibalik penjariantersebut, dan memutuskan penjarian yang akan digunakan olehnya.
format Tugas Akhir
author BAHARZAH, Yanuar Andy
author_facet BAHARZAH, Yanuar Andy
author_sort BAHARZAH, Yanuar Andy
title Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948)
title_short Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948)
title_full Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948)
title_fullStr Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948)
title_full_unstemmed Proses Edirorial Penjarian Tangan Kiri Untuk Gitar Klasik Pada Suite In A Minor Karya Manuel Maria Ponce (1882-1948)
title_sort proses edirorial penjarian tangan kiri untuk gitar klasik pada suite in a minor karya manuel maria ponce (1882-1948)
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=35794
_version_ 1741200398791737344