Studi Komparasi Bentuk Visual Arca Ganesa di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Candi Prambanan

Ganesa dalam tradisi masyarakat hindu merupakan salah satu dewa yang sangat dipuja, dihadirkan sebagai sarana ritual keagamaan dalam memenuhi kebutuhan spiritual masyarakatnya. Ganesa dikenal sebagai anak dari Dewa Siwa dan Dewi Parwati, digambarkan berkepala gajah, berlengan empat dan berbadan gemu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ASTOHARI
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published:
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36159
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-36159
record_format oai_dc
spelling isilib-361592018-05-25T08:40:54Z Studi Komparasi Bentuk Visual Arca Ganesa di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Candi Prambanan ASTOHARI Candi Prambanan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Arca Ganesa Studi komparasi id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36159 SP/ Ast/s/2018 Ganesa dalam tradisi masyarakat hindu merupakan salah satu dewa yang sangat dipuja, dihadirkan sebagai sarana ritual keagamaan dalam memenuhi kebutuhan spiritual masyarakatnya. Ganesa dikenal sebagai anak dari Dewa Siwa dan Dewi Parwati, digambarkan berkepala gajah, berlengan empat dan berbadan gemuk.Penelitian ini bertujuan untuk mencari persamaan dan perbedaan arca Ganesa dikedua latar budaya serta melakukan pengkajian terhadap aspek yang melatarbelakanginya.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan multidisiplin disertai dengan penunjang kepustakaan.Berdasarkan hasil pengamatan, terdapat persamaan dan perbedaan antara arca ganesa di museum sultan mahmud badaruddin II dan ganesa di Candi Prambanan. Adapun persamaan mendasar meliputi: sikap tubuh (mudra), sikap tangan (dhyana), pemakaian atribut berupa: aksamala, paracu, madoka, ekadanta, perhiasan berupa: Hara, kuchabandha, udarabandha, keyura, kankana, manjira, tanda kedewaan (Laksana) berupa: padestal, jatamakuta, trinetra, upawita. Perbedaan atau variasi ciri meliputi: Sikap kaki (lalita dan paryanka), bentuk padestal (padmasana dan bhadrapitha), jatamakuta (hiasan bunga dan candrakapala), Upawita (polos dan berbentuk ular), bhusana (terdapat pada Ganesa Candi Prambanan), penggunaan stella (Ganesa Candi Prambanan), serta cara penempatan. Adapun yang melatarbelakangi persamaan dilandasi ketentuan ikonografi yang bersumber dari kitab yang berhubungan erat dengan identitas kedewaan. Sedangkan variasi ciri atau perbedaan dilatarbelakangi oleh kebutuhan sesuai latar budaya, kebebasan seniman dalam bereksplorasi (setelah memenuhi ketentuan ikonografi), serta aliran-aliran didalam tradisi masyarakat Hindu. Yogyakarta xiii, 87 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Candi Prambanan
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Arca Ganesa
Studi komparasi
NONE
spellingShingle Candi Prambanan
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Arca Ganesa
Studi komparasi
NONE
ASTOHARI
Studi Komparasi Bentuk Visual Arca Ganesa di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Candi Prambanan
description Ganesa dalam tradisi masyarakat hindu merupakan salah satu dewa yang sangat dipuja, dihadirkan sebagai sarana ritual keagamaan dalam memenuhi kebutuhan spiritual masyarakatnya. Ganesa dikenal sebagai anak dari Dewa Siwa dan Dewi Parwati, digambarkan berkepala gajah, berlengan empat dan berbadan gemuk.Penelitian ini bertujuan untuk mencari persamaan dan perbedaan arca Ganesa dikedua latar budaya serta melakukan pengkajian terhadap aspek yang melatarbelakanginya.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan multidisiplin disertai dengan penunjang kepustakaan.Berdasarkan hasil pengamatan, terdapat persamaan dan perbedaan antara arca ganesa di museum sultan mahmud badaruddin II dan ganesa di Candi Prambanan. Adapun persamaan mendasar meliputi: sikap tubuh (mudra), sikap tangan (dhyana), pemakaian atribut berupa: aksamala, paracu, madoka, ekadanta, perhiasan berupa: Hara, kuchabandha, udarabandha, keyura, kankana, manjira, tanda kedewaan (Laksana) berupa: padestal, jatamakuta, trinetra, upawita. Perbedaan atau variasi ciri meliputi: Sikap kaki (lalita dan paryanka), bentuk padestal (padmasana dan bhadrapitha), jatamakuta (hiasan bunga dan candrakapala), Upawita (polos dan berbentuk ular), bhusana (terdapat pada Ganesa Candi Prambanan), penggunaan stella (Ganesa Candi Prambanan), serta cara penempatan. Adapun yang melatarbelakangi persamaan dilandasi ketentuan ikonografi yang bersumber dari kitab yang berhubungan erat dengan identitas kedewaan. Sedangkan variasi ciri atau perbedaan dilatarbelakangi oleh kebutuhan sesuai latar budaya, kebebasan seniman dalam bereksplorasi (setelah memenuhi ketentuan ikonografi), serta aliran-aliran didalam tradisi masyarakat Hindu.
format Tugas Akhir
author ASTOHARI
author_facet ASTOHARI
author_sort ASTOHARI
title Studi Komparasi Bentuk Visual Arca Ganesa di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Candi Prambanan
title_short Studi Komparasi Bentuk Visual Arca Ganesa di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Candi Prambanan
title_full Studi Komparasi Bentuk Visual Arca Ganesa di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Candi Prambanan
title_fullStr Studi Komparasi Bentuk Visual Arca Ganesa di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Candi Prambanan
title_full_unstemmed Studi Komparasi Bentuk Visual Arca Ganesa di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Candi Prambanan
title_sort studi komparasi bentuk visual arca ganesa di museum sultan mahmud badaruddin ii dan candi prambanan
publishDate
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36159
_version_ 1741200468315471872