Kajian Awal Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya pada Tingkat Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogykarta

Guna mendukung perwujudan cita-cita pembagunan karakter seperti diamanatkan dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, serta untuk mengatasi permasalahan krisis multidimensional yang melanda bangsa saat ini, pemerintah menjadikan pembangunan karakter sebagai salah satu program prioritas pembangunan nas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: LARASATI, Th. Ani, Emiliana Sadilah, Sujanto
Format: Buku Teks
Language:Indonesian
Published: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) 2014
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36171
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Guna mendukung perwujudan cita-cita pembagunan karakter seperti diamanatkan dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, serta untuk mengatasi permasalahan krisis multidimensional yang melanda bangsa saat ini, pemerintah menjadikan pembangunan karakter sebagai salah satu program prioritas pembangunan nasional. DIY juga telah mengeluarkan Perda No. 5 Th 2011 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan DIY yang tetap memperlihatkan kekhasannya melalui karakter yang dimiliki, termasuk identitas jatidiri para warganya. Implementasi pendidikan karakter berbasis budaya di sekolah dasar perlu melihat visi, misi, tujuan sekolah, daya dukung sumberdaya manusia dan pengembagannya, model kurikulum dan pembeljaran operasionalnya serta tolok ukur efektivitas pelaksanaannya. Dengan terbitnya buku ini diharapkan dapat menambah wawasan dan khasanah para pembaca khususnya tentang pendidikan karakter berbasis budaya.