Visualisasi Mainan Bebek Karet dalam Batik Tulis Kain Panjang

Mainan bebek karet merupakan salah satu mainan edukasi anak Mainan bebek karet mempunyai keunikan tersendiri dari segi visual maupun historisnya. Nilai visual pada mainan bebek karet merupakan hal yang melatar belakangi penulis untuk menjadikan mainan bebek karet sebagai sumber inspirasi. Berdasarka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AFIYAH, Hayatul
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. Kriya Seni FSR ISI Yk 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36418
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-36418
record_format oai_dc
spelling isilib-364182018-07-27T15:15:52Z Visualisasi Mainan Bebek Karet dalam Batik Tulis Kain Panjang AFIYAH, Hayatul Kain Panjang batik tulis Mainan bebek karet Jur. Kriya Seni FSR ISI Yk 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36418 KT/Afi/v/2018 Mainan bebek karet merupakan salah satu mainan edukasi anak Mainan bebek karet mempunyai keunikan tersendiri dari segi visual maupun historisnya. Nilai visual pada mainan bebek karet merupakan hal yang melatar belakangi penulis untuk menjadikan mainan bebek karet sebagai sumber inspirasi. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, muncul sebuah rumusan masalah yaitu, bagaimana memvisualisasikan mainan bebek karet dalam kain panjang dengan menggunakan teknik batik tulis.Metode pendekatan yang digunakan yaitu estetika dan empiris. Sedangkan metode penciptaan yang digunakan yaitu metode menurut gagasan Anton Bakker meliputi imajinasi, eksplorasi, kontemplasi, dan perwujudan. Pola pada kain panjang kombinasi antara visual dari mainan bebek karet dengan motif-motif tambahan seperti megamendung, ombak/air, dan juga isen-isen ini cukup mewakili apa yang ingin disampaikan penulis melalui karya batik tulis pada kain panjang ini. Data Acuan yang digunakan yaitu batik motif bebek terdahulu dengan beberapa batik-batik tradisional, menganalisis bahwa penilis ingin membuat karya batik dengan motif bebek karet yang belum perna ada yang membuat sebelumnya, Proses perwujudan karya menggunakan teknik batik tulis dengan pewarnaan sintetis seperti naptol, indigosol, dan remasol. Teknik pewarnaan menggunakan teknik colet dan tutup celup. Tahap perwujudan karya mulai dari pemolaan motif pada kain, pencantingan motif pada kain, pewarnaan, penembokan, pelorodan, hingga finishing.Karya kain panjang ini selain berfungsi sebagai karya panel juga dapat digunakan sebagai busana lilit. Proses pembuatan karya ini diawali dengan berbagai eksperimen yang tidak jarang terdapat kegagalan didalamnya seperti saat proses pewarnaan yang terkadang tidak sesuai dengan warna yang diinginkan, lalu saat pewarnaan dengan teknik colet yang meleber, sehingga untuk menanggulanginya diperlukan kehati-hatian dalam pengerjaannya. Dengan mengalami kegagalan tersebut menjadikan motivasi dan koreksi bagi penulis untuk menjadi lebih berhati-hati. Yogyakarta xv, 96 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Kain Panjang
batik tulis
Mainan bebek karet
NONE
spellingShingle Kain Panjang
batik tulis
Mainan bebek karet
NONE
AFIYAH, Hayatul
Visualisasi Mainan Bebek Karet dalam Batik Tulis Kain Panjang
description Mainan bebek karet merupakan salah satu mainan edukasi anak Mainan bebek karet mempunyai keunikan tersendiri dari segi visual maupun historisnya. Nilai visual pada mainan bebek karet merupakan hal yang melatar belakangi penulis untuk menjadikan mainan bebek karet sebagai sumber inspirasi. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, muncul sebuah rumusan masalah yaitu, bagaimana memvisualisasikan mainan bebek karet dalam kain panjang dengan menggunakan teknik batik tulis.Metode pendekatan yang digunakan yaitu estetika dan empiris. Sedangkan metode penciptaan yang digunakan yaitu metode menurut gagasan Anton Bakker meliputi imajinasi, eksplorasi, kontemplasi, dan perwujudan. Pola pada kain panjang kombinasi antara visual dari mainan bebek karet dengan motif-motif tambahan seperti megamendung, ombak/air, dan juga isen-isen ini cukup mewakili apa yang ingin disampaikan penulis melalui karya batik tulis pada kain panjang ini. Data Acuan yang digunakan yaitu batik motif bebek terdahulu dengan beberapa batik-batik tradisional, menganalisis bahwa penilis ingin membuat karya batik dengan motif bebek karet yang belum perna ada yang membuat sebelumnya, Proses perwujudan karya menggunakan teknik batik tulis dengan pewarnaan sintetis seperti naptol, indigosol, dan remasol. Teknik pewarnaan menggunakan teknik colet dan tutup celup. Tahap perwujudan karya mulai dari pemolaan motif pada kain, pencantingan motif pada kain, pewarnaan, penembokan, pelorodan, hingga finishing.Karya kain panjang ini selain berfungsi sebagai karya panel juga dapat digunakan sebagai busana lilit. Proses pembuatan karya ini diawali dengan berbagai eksperimen yang tidak jarang terdapat kegagalan didalamnya seperti saat proses pewarnaan yang terkadang tidak sesuai dengan warna yang diinginkan, lalu saat pewarnaan dengan teknik colet yang meleber, sehingga untuk menanggulanginya diperlukan kehati-hatian dalam pengerjaannya. Dengan mengalami kegagalan tersebut menjadikan motivasi dan koreksi bagi penulis untuk menjadi lebih berhati-hati.
format Tugas Akhir
author AFIYAH, Hayatul
author_facet AFIYAH, Hayatul
author_sort AFIYAH, Hayatul
title Visualisasi Mainan Bebek Karet dalam Batik Tulis Kain Panjang
title_short Visualisasi Mainan Bebek Karet dalam Batik Tulis Kain Panjang
title_full Visualisasi Mainan Bebek Karet dalam Batik Tulis Kain Panjang
title_fullStr Visualisasi Mainan Bebek Karet dalam Batik Tulis Kain Panjang
title_full_unstemmed Visualisasi Mainan Bebek Karet dalam Batik Tulis Kain Panjang
title_sort visualisasi mainan bebek karet dalam batik tulis kain panjang
publisher Jur. Kriya Seni FSR ISI Yk
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36418
_version_ 1741200516594008064