Musik Indonesia Dalam Promosi Melalui Radio Retjo Buntung Yogyakarta

Adanya kemajuan teknologi membuat perkembangan promosi musik yang ada di Indonesia sangat jauh berbeda dengan metode yang dulu pernah dilakukan. Media promosi yang dahulu pernah digunakan adalah surat kabar, majalah, brosur, dan juga konser resital. Dahulu radio sudah digunakan masyarakat Indonesia,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAPUTRA, Firman Adi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36540
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Adanya kemajuan teknologi membuat perkembangan promosi musik yang ada di Indonesia sangat jauh berbeda dengan metode yang dulu pernah dilakukan. Media promosi yang dahulu pernah digunakan adalah surat kabar, majalah, brosur, dan juga konser resital. Dahulu radio sudah digunakan masyarakat Indonesia, sebagai salah satu fungsi alat penghubung yang digunakan oleh para pejuang Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi pun semakin canggih di Indonesia. Kini dengan adanya kemajuan teknologi seperti, musik Indonesia pun terbantu untuk semakin dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai daerah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara promosi karya musik melalui radio Retjo Buntung dan memahami strategi promosi musik melalui media radio. Metode yang dilakukan adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara. Narasumber penelitian adalah pimpinan, music director, dan marketing Radio Retjo Buntung. Setelah observasi dilakukan, penulis mengambil kesimpulan bahwa musik Indonesia memegang peranan yang sangat penting untuk radio Retjo Buntung Yogyakarta, di mana musik Indonesia mempunyai hubungan timbal balik dalam perkembangan radio. Musik Indonesia berperan sebagai materi utama operasi radio Retjo Buntung, sedangkan radio Retjo Buntung berperan sebagai media promosi musik Indonesia.