Hubungan motivasi dan kepuasan relawan pada Organisasi seni
Relawan merupakan aset penting pada organisasi seni. Memahami motivasidan kepuasan relawan sangat diperlukan dalam merekrut maupun mengelolarelawan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antaramotivasi dan kepuasan relawan selama mengikuti kegiatan sukarela di tigaorganisasi s...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36571 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-36571 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-365712018-08-10T14:57:19Z Hubungan motivasi dan kepuasan relawan pada Organisasi seni PANGESTU, Jangkung Putra relawan Volunteer Functions Inventory Kepuasan Motivasi organisasi seni PPS ISI Yogyakarta 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36571 TES/MTS/Pan/h/2017 Relawan merupakan aset penting pada organisasi seni. Memahami motivasidan kepuasan relawan sangat diperlukan dalam merekrut maupun mengelolarelawan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antaramotivasi dan kepuasan relawan selama mengikuti kegiatan sukarela di tigaorganisasi seni yaitu Komunitas Gayam 16, Jogja-NETPAC Asian Film Festival(JAFF) dan Yayasan Biennale Yogyakarta. Metode yang digunakan adalahmetode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner Volunteer Functions Inventory(VFI) yang disusun oleh Clary dkk (1998). Data diperoleh dari 179 respondendengan cara menyebarkan kuesioner cetak dan kuesioner elektronik(GoogleForm). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisisdiskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkanbahwa dari enam dimensi motivasi yang diajukan, fungsi pemahaman, fungsi karirdan fungsi peningkatan mempunyai peran penting dalam memotivasi seseoranguntuk menjadi relawan serta mempunyai hubungan yang kuat dan signifikandengan kepuasan. Motivasi relawan juga dapat dipengaruhi oleh faktor demografi.Temuan ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pengelola untukmendapatkan relawan yang sesuai dengan organisasi. Pengelola dapat menyusunsistem pengelolaan relawan yang efektif meskipun hasil dari penelitian ini tidakbisa digeneralisir. Penelitian ini juga diharapkan menjadi titik awal padapenelitian-penelitian berikutnya mengenai kesukarelawanan pada organisasi seni. Yogyakarta xii, 110 hal.; ilus., lamp., 30cm TES/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
relawan Volunteer Functions Inventory Kepuasan Motivasi organisasi seni TES/ |
spellingShingle |
relawan Volunteer Functions Inventory Kepuasan Motivasi organisasi seni TES/ PANGESTU, Jangkung Putra Hubungan motivasi dan kepuasan relawan pada Organisasi seni |
description |
Relawan merupakan aset penting pada organisasi seni. Memahami motivasidan kepuasan relawan sangat diperlukan dalam merekrut maupun mengelolarelawan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antaramotivasi dan kepuasan relawan selama mengikuti kegiatan sukarela di tigaorganisasi seni yaitu Komunitas Gayam 16, Jogja-NETPAC Asian Film Festival(JAFF) dan Yayasan Biennale Yogyakarta. Metode yang digunakan adalahmetode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner Volunteer Functions Inventory(VFI) yang disusun oleh Clary dkk (1998). Data diperoleh dari 179 respondendengan cara menyebarkan kuesioner cetak dan kuesioner elektronik(GoogleForm). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisisdiskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkanbahwa dari enam dimensi motivasi yang diajukan, fungsi pemahaman, fungsi karirdan fungsi peningkatan mempunyai peran penting dalam memotivasi seseoranguntuk menjadi relawan serta mempunyai hubungan yang kuat dan signifikandengan kepuasan. Motivasi relawan juga dapat dipengaruhi oleh faktor demografi.Temuan ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pengelola untukmendapatkan relawan yang sesuai dengan organisasi. Pengelola dapat menyusunsistem pengelolaan relawan yang efektif meskipun hasil dari penelitian ini tidakbisa digeneralisir. Penelitian ini juga diharapkan menjadi titik awal padapenelitian-penelitian berikutnya mengenai kesukarelawanan pada organisasi seni. |
format |
Tugas Akhir |
author |
PANGESTU, Jangkung Putra |
author_facet |
PANGESTU, Jangkung Putra |
author_sort |
PANGESTU, Jangkung Putra |
title |
Hubungan motivasi dan kepuasan relawan pada Organisasi seni |
title_short |
Hubungan motivasi dan kepuasan relawan pada Organisasi seni |
title_full |
Hubungan motivasi dan kepuasan relawan pada Organisasi seni |
title_fullStr |
Hubungan motivasi dan kepuasan relawan pada Organisasi seni |
title_full_unstemmed |
Hubungan motivasi dan kepuasan relawan pada Organisasi seni |
title_sort |
hubungan motivasi dan kepuasan relawan pada organisasi seni |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2017 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36571 |
_version_ |
1741200545780072448 |