Desain Animasi Pocoyo dan Anak Penyandang Autisme: studi kasus desain animasi pocoyo untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual

Autisme adalah gangguan perkembangan yang salah satunya ditandai dengan keabnormalan pada fungsi bahasa dan komunikasi. Ciri khusus anak penyandang autisme adalah memiliki orientasi pada elemen visual dan candu dengan gerakan, sehingga animasi dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. D...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARMY, Rifqa
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. Desain FSR ISI Yk 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36572
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-36572
record_format oai_dc
spelling isilib-365722018-08-10T15:25:35Z Desain Animasi Pocoyo dan Anak Penyandang Autisme: studi kasus desain animasi pocoyo untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual ARMY, Rifqa Animasi animasi pocoyo anak penyandang autisme Jur. Desain FSR ISI Yk 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36572 DK/Arm/d/2018 Autisme adalah gangguan perkembangan yang salah satunya ditandai dengan keabnormalan pada fungsi bahasa dan komunikasi. Ciri khusus anak penyandang autisme adalah memiliki orientasi pada elemen visual dan candu dengan gerakan, sehingga animasi dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Desain animasi menjadi faktor penting dalam keberhasilan anak penyandang autisme untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada dua anak penyandang autisme di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Tujuan penelitian untuk menguji desain animasi Let’s Go Pocoyo! episode Cooking with Elly untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain animasi Let’s Go Pocoyo! episode Cooking with Elly dapat digunakan sebagai media pembelajaran anak penyandang autisme untuk mengidentifikasi objek visual. Akan tetapi, ada beberapa desain animasi yang perlu memperhatikan prinsip clarity untuk meningkatkan kemampuan anak penyandang autisme dalam mengidentifikasi objek visual. Pembelajaran juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan dari anak penyandang autisme. Yogyakarta xvii, 83 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Animasi
animasi pocoyo
anak penyandang autisme
NONE
spellingShingle Animasi
animasi pocoyo
anak penyandang autisme
NONE
ARMY, Rifqa
Desain Animasi Pocoyo dan Anak Penyandang Autisme: studi kasus desain animasi pocoyo untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual
description Autisme adalah gangguan perkembangan yang salah satunya ditandai dengan keabnormalan pada fungsi bahasa dan komunikasi. Ciri khusus anak penyandang autisme adalah memiliki orientasi pada elemen visual dan candu dengan gerakan, sehingga animasi dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Desain animasi menjadi faktor penting dalam keberhasilan anak penyandang autisme untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada dua anak penyandang autisme di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Tujuan penelitian untuk menguji desain animasi Let’s Go Pocoyo! episode Cooking with Elly untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain animasi Let’s Go Pocoyo! episode Cooking with Elly dapat digunakan sebagai media pembelajaran anak penyandang autisme untuk mengidentifikasi objek visual. Akan tetapi, ada beberapa desain animasi yang perlu memperhatikan prinsip clarity untuk meningkatkan kemampuan anak penyandang autisme dalam mengidentifikasi objek visual. Pembelajaran juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan dari anak penyandang autisme.
format Tugas Akhir
author ARMY, Rifqa
author_facet ARMY, Rifqa
author_sort ARMY, Rifqa
title Desain Animasi Pocoyo dan Anak Penyandang Autisme: studi kasus desain animasi pocoyo untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual
title_short Desain Animasi Pocoyo dan Anak Penyandang Autisme: studi kasus desain animasi pocoyo untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual
title_full Desain Animasi Pocoyo dan Anak Penyandang Autisme: studi kasus desain animasi pocoyo untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual
title_fullStr Desain Animasi Pocoyo dan Anak Penyandang Autisme: studi kasus desain animasi pocoyo untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual
title_full_unstemmed Desain Animasi Pocoyo dan Anak Penyandang Autisme: studi kasus desain animasi pocoyo untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual
title_sort desain animasi pocoyo dan anak penyandang autisme: studi kasus desain animasi pocoyo untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual
publisher Jur. Desain FSR ISI Yk
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36572
_version_ 1741200545969864704