Akulturasi Budaya Cina-Jawa Dalam Iklan Sariayu Versi Trend Warna 2013 Dengan Tema "Pesisir Sentrajaya" (Kajian Semiotika Roland Barthes)

Televisi sebagai salah satu medium, banyak digunakan perusahaan iklan untuk menayangkan iklan agar mudah ditonton oleh konsumen. Iklan televisi merupakan karya auditif visual dengan banyak pesan. Iklan tidak hanya sebagai promosi dari produk, juga memiliki latar belakang cerita dengan kandungan makn...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ALPIANI, Vinny
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSMR ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36778
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Televisi sebagai salah satu medium, banyak digunakan perusahaan iklan untuk menayangkan iklan agar mudah ditonton oleh konsumen. Iklan televisi merupakan karya auditif visual dengan banyak pesan. Iklan tidak hanya sebagai promosi dari produk, juga memiliki latar belakang cerita dengan kandungan makna di dalamnya. Sariayu merupakan perusahaan kosmetik dengan slogan “Cantik Alami Seutuhnya”. Setiap tahun Sariayu membuat iklan dengan tema berbeda-beda, dengan produk unggulan Trend Warna. Tema berasal dari keragaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Pada tahun 2013, Sariayu mengusung tema Pesisir Sentrajava sebagai inspirasi Trend Warna. Hal menarik dari salah satu budaya pesisir utara pantai Jawa, yaitu kuatnya akulturasi budaya yang tercipta. Banyak makna terkandung dalam iklan ini untuk ditelisik lebih dalam dari sisi semiotika. Penelitian dengan judul “Akulturasi Budaya Cina-Jawa dalam Iklan Sariayu Versi Trend Warna 2013 dengan Tema “Pesisir Sentrajava” (Kajian Semiotika Roland Barthes) merumuskan masalah mengenai makna denotasi, konotasi, mitos, dan wujud akulturasi budaya pada iklan Sariayu Trend Warna 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis semiotik Roland Barthes. Objek penelitian ini adalah Iklan Sariayu Trend Warna 2013 dengan tema “Pesisir Sentrajava”. Penelitian ini membahas mengenai simbol dari setiap adegan yang mendukung terbentuknya makna iklan, sehingga akan diperoleh makna konotasi, denotasi dan mitos serta wujud akulturasi pada iklan.