Pola Distribusi Musik Pada Band FSTVLST Dalam Album Hits Kitsch

Apresiasi terhadap pembelian rilisan fisik menjadi menurun karena produk bajakan. Kebiasaan mengunduh musik bajakan telah menjadi budaya di Indonesia.Tetapi ternyata fenomena ini ditanggapi dengan baik oleh band FSTVLST. Mereka mempunyai strategi produk yang diantara nya berupa pemberdayaan merchand...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ASMARA, Andri Widi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36850
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Apresiasi terhadap pembelian rilisan fisik menjadi menurun karena produk bajakan. Kebiasaan mengunduh musik bajakan telah menjadi budaya di Indonesia.Tetapi ternyata fenomena ini ditanggapi dengan baik oleh band FSTVLST. Mereka mempunyai strategi produk yang diantara nya berupa pemberdayaan merchandise dalam mengemas distribusi album nya untuk menarik minat pasar. Oleh karena itu timbul pertanyaan, bagaimanakah pola distribusi musiknya? Pertanyaan tersebut menggugah penulis untuk lebih mengkaji dengan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara sebagai pengumpulan data yang utama. Pada penelitian tersebut menghasilkan beberapa praduga dan asumsi dari penulis, yaitu FSTVLST menggunakan 3 pola dalam pendistribusian album Hits Kitsch. FSTVLST juga menggunakan 2 Strategi dalam pendistribusian nya. Pentingnya ada strategi dalam menciptakan pasar adalah untuk bertahan diarus mainstream musik populer di Indonesia yang begitu masif dan kompetitif. Pentingnya pengemasan produk juga meminimalisir pembajakan dan menumbuhkan minat apresiasi tinggi.