Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan pengajaran musik di sekolah harus didasari oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan dalam musik, harus pula mengetahui alasan mengapa siswa harus mendapatkan pengajaran musik, apa yang harus diajarkan kepada siswa tentang musik. Fokus penelitian ini d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MURWANNINGSIH, Feby
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36869
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan pengajaran musik di sekolah harus didasari oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan dalam musik, harus pula mengetahui alasan mengapa siswa harus mendapatkan pengajaran musik, apa yang harus diajarkan kepada siswa tentang musik. Fokus penelitian ini dititik beratkan pada pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta kelas IV, V, VI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara dan kendala apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara. Kemudian datadata diambil dari proses observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Persiapan pembelajaran paduan suara yaitu program target semester dan silabus. Proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara yang pertama diawali dengan vocalizing, teknik pernafasan, melatih resonansi suara dan artikulasi. Kendala dalam pembelajaran yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal meliputi masih sulitnya siswa dalam membaca ritmis, kurangnya konsentrasi siswa saat praktik, siswa mengobrol pada saat praktik pembelajaran. Sedangkan kendala eksternal meliputi keterbatasan ruang latihan sehingga anak-anak kurang maksimal latihan. Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran, dibuktikan pada hasil ujian semester.