Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan pengajaran musik di sekolah harus didasari oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan dalam musik, harus pula mengetahui alasan mengapa siswa harus mendapatkan pengajaran musik, apa yang harus diajarkan kepada siswa tentang musik. Fokus penelitian ini d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MURWANNINGSIH, Feby
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36869
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-36869
record_format oai_dc
spelling isilib-368692018-09-27T14:30:30Z Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta MURWANNINGSIH, Feby Seni Musik SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta Paduan Suara FSP ISI Yk. 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36869 MS/Mur/p/2018 Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan pengajaran musik di sekolah harus didasari oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan dalam musik, harus pula mengetahui alasan mengapa siswa harus mendapatkan pengajaran musik, apa yang harus diajarkan kepada siswa tentang musik. Fokus penelitian ini dititik beratkan pada pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta kelas IV, V, VI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara dan kendala apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara. Kemudian datadata diambil dari proses observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Persiapan pembelajaran paduan suara yaitu program target semester dan silabus. Proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara yang pertama diawali dengan vocalizing, teknik pernafasan, melatih resonansi suara dan artikulasi. Kendala dalam pembelajaran yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal meliputi masih sulitnya siswa dalam membaca ritmis, kurangnya konsentrasi siswa saat praktik, siswa mengobrol pada saat praktik pembelajaran. Sedangkan kendala eksternal meliputi keterbatasan ruang latihan sehingga anak-anak kurang maksimal latihan. Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran, dibuktikan pada hasil ujian semester. Yogyakarta xvi, 102hlm.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Seni Musik
SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
Paduan Suara
NONE
spellingShingle Seni Musik
SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
Paduan Suara
NONE
MURWANNINGSIH, Feby
Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
description Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan pengajaran musik di sekolah harus didasari oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan dalam musik, harus pula mengetahui alasan mengapa siswa harus mendapatkan pengajaran musik, apa yang harus diajarkan kepada siswa tentang musik. Fokus penelitian ini dititik beratkan pada pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta kelas IV, V, VI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara dan kendala apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara. Kemudian datadata diambil dari proses observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Persiapan pembelajaran paduan suara yaitu program target semester dan silabus. Proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara yang pertama diawali dengan vocalizing, teknik pernafasan, melatih resonansi suara dan artikulasi. Kendala dalam pembelajaran yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal meliputi masih sulitnya siswa dalam membaca ritmis, kurangnya konsentrasi siswa saat praktik, siswa mengobrol pada saat praktik pembelajaran. Sedangkan kendala eksternal meliputi keterbatasan ruang latihan sehingga anak-anak kurang maksimal latihan. Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran, dibuktikan pada hasil ujian semester.
format Tugas Akhir
author MURWANNINGSIH, Feby
author_facet MURWANNINGSIH, Feby
author_sort MURWANNINGSIH, Feby
title Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
title_short Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
title_full Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
title_fullStr Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
title_full_unstemmed Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
title_sort proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di sd muhammadiyah sapen yogyakarta
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36869
_version_ 1741200601633521664