Pembelajaran Ekstrakulikuler Biola Menggunakan Buku Suzuki Di Sd Kanisius Wates Yogyakarta

Pendidikan musik dipercaya dapat digunakan sebagai media untuk mendidik dan membentuk karakter siswa. SD Kanisius Wates Yogyakarta adalah satu contoh sekolah yang memberikan pendidikan musik melalui adanya ekstrakurikuler biola. Proses pembelajaran pada ekstrakurikuler tersebut menggunakan buku Suzu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NUGRAHA, Diftania
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36901
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Pendidikan musik dipercaya dapat digunakan sebagai media untuk mendidik dan membentuk karakter siswa. SD Kanisius Wates Yogyakarta adalah satu contoh sekolah yang memberikan pendidikan musik melalui adanya ekstrakurikuler biola. Proses pembelajaran pada ekstrakurikuler tersebut menggunakan buku Suzuki Violin School. Buku Suzuki Violin School merupakan buku yang efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena materi dan metodenya mudah dipahami dan dicerna oleh siswa. Proses pembelajaran diawali dengan penyeteman (tuning), latihan memegang biola, bow, dilanjutkan pemanasan hingga membaca materi lagu dari buku. Tidak semua siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik, karena latar belakang siswa yang belum pernah bermain biola. Antusias yang mereka miliki membuat proses pembelajaran terus dilaksanakan, hingga masing-masing siswa dapat bermain biola dengan baik dan benar. Proses pembelajaran biola dengan menggunakan buku Suzuki Violin School dapat meningkatkan kemampuan siswa, melatih dan mengembangkan siswa dalam bermain biola.