Kajian Desain Label Kemasan Botol Aqua Temukan Indonesiamu

Iklan adalah salah satu metode dalam mempromosikan produk atau brand, salah satu metode dalam beriklan ialah dengan menggunakan kampanye iklan (Advertising Champaigns). Kampanye iklan merupakan satu kesatuan dalam iklan yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Selain demi keuntungan material i...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSUMANINGRUM, Ramadhani
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36954
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Iklan adalah salah satu metode dalam mempromosikan produk atau brand, salah satu metode dalam beriklan ialah dengan menggunakan kampanye iklan (Advertising Champaigns). Kampanye iklan merupakan satu kesatuan dalam iklan yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Selain demi keuntungan material iklan kampanye juga digunakan dalam memberi sebuah pesan sosial. AQUA menggunakan metode ini untuk beriklan dengan kampanye Temukan Indonesiamu. Kampanye ini sudah berlangsung selama 4 tahun yang diawali pada tahun 2013. Dari tigabelas sampel label AQUA kampanye Temukan Indonesiamu terpilih enam sampel sebagai representasi dari ketigabelas sampel tersebut berdasarkan tema yaitu kemerdekaan. Analisis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori desain dan pemaknaan dalam kode-kode tertentu. Hasil penelitian menunjukkan adanya kecenderungan atas warna yang digunakan disesuaikan dengan brand dan produknya, ditambah kode analisis visual yang ada pada setiap label menghasilkan sebuah asumsi dimana kebudayaan menjadi sesuatu yang perlu diingat dan dilestarikan.