Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding
Salah satu alasan cover buku dibuat adalah untuk membuat kemasan buku tersebut terlihat menarik. Raditya Dika adalah seorang komedian juga penulis memiliki gaya tersendiri dalam setiap cover buku yang ia tulis. Penggunaan nama hewan sebagai judul serta adanya ilustrasi visual sang penulis menjadikan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36958 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-36958 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-369582018-10-25T09:17:34Z Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding BERLAND, Stanley Lucius retorika visual koala kumal Roland Barthes semiotika Raditya Dika Novel Buku cover Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36958 DK/Ber/m/2017 Salah satu alasan cover buku dibuat adalah untuk membuat kemasan buku tersebut terlihat menarik. Raditya Dika adalah seorang komedian juga penulis memiliki gaya tersendiri dalam setiap cover buku yang ia tulis. Penggunaan nama hewan sebagai judul serta adanya ilustrasi visual sang penulis menjadikan cover buku memiliki ciri khas tersendiri yang secara desain komunikasi visual terdapat strategi personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna konotasi pada cover buku Koala Kumal. Penelitan deskriptif kualitatif ini memilih pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Manfaat penelitian diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dalam desain komunikasi visual khususnya mengenai semiotika, personal branding, serta retorika visual dalam mengkaji cover buku. Analisa dilakukan dengan menggunakan Triadik Sumbo Tinarbuko. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tanda verbal dan visual ilustrasi penulis memiliki makna konotasi image personal branding penulis dalam hal ini Raditya Dika. Dalam pembuatan tanda verbal pada cover buku, retorika visual juga hadir dalam upaya penyampaian pesan antara penulis dengan pembaca melalui pesan tanda verbal. Unsur kebaruan juga hadir dalam hal strategi personal branding yang digunakan penulis dengan menggunakan nama hewan serta ilustrasi visual penulis yang selalu terpajang pada cover buku karangan penulis. Yogyakarta xv, 88 hal.: ilus. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
retorika visual koala kumal Roland Barthes semiotika Raditya Dika Novel Buku cover NONE |
spellingShingle |
retorika visual koala kumal Roland Barthes semiotika Raditya Dika Novel Buku cover NONE BERLAND, Stanley Lucius Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding |
description |
Salah satu alasan cover buku dibuat adalah untuk membuat kemasan buku tersebut terlihat menarik. Raditya Dika adalah seorang komedian juga penulis memiliki gaya tersendiri dalam setiap cover buku yang ia tulis. Penggunaan nama hewan sebagai judul serta adanya ilustrasi visual sang penulis menjadikan cover buku memiliki ciri khas tersendiri yang secara desain komunikasi visual terdapat strategi personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna konotasi pada cover buku Koala Kumal. Penelitan deskriptif kualitatif ini memilih pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Manfaat penelitian diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dalam desain komunikasi visual khususnya mengenai semiotika, personal branding, serta retorika visual dalam mengkaji cover buku. Analisa dilakukan dengan menggunakan Triadik Sumbo Tinarbuko. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tanda verbal dan visual ilustrasi penulis memiliki makna konotasi image personal branding penulis dalam hal ini Raditya Dika. Dalam pembuatan tanda verbal pada cover buku, retorika visual juga hadir dalam upaya penyampaian pesan antara penulis dengan pembaca melalui pesan tanda verbal. Unsur kebaruan juga hadir dalam hal strategi personal branding yang digunakan penulis dengan menggunakan nama hewan serta ilustrasi visual penulis yang selalu terpajang pada cover buku karangan penulis. |
format |
Tugas Akhir |
author |
BERLAND, Stanley Lucius |
author_facet |
BERLAND, Stanley Lucius |
author_sort |
BERLAND, Stanley Lucius |
title |
Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding |
title_short |
Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding |
title_full |
Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding |
title_fullStr |
Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding |
title_full_unstemmed |
Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding |
title_sort |
makna konotasi cover buku kumpulan cerita koala kumal bergaya personal branding |
publisher |
Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2017 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36958 |
_version_ |
1741200618080436225 |