Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding

Salah satu alasan cover buku dibuat adalah untuk membuat kemasan buku tersebut terlihat menarik. Raditya Dika adalah seorang komedian juga penulis memiliki gaya tersendiri dalam setiap cover buku yang ia tulis. Penggunaan nama hewan sebagai judul serta adanya ilustrasi visual sang penulis menjadikan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: BERLAND, Stanley Lucius
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36958
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-36958
record_format oai_dc
spelling isilib-369582018-10-25T09:17:34Z Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding BERLAND, Stanley Lucius retorika visual koala kumal Roland Barthes semiotika Raditya Dika Novel Buku cover Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36958 DK/Ber/m/2017 Salah satu alasan cover buku dibuat adalah untuk membuat kemasan buku tersebut terlihat menarik. Raditya Dika adalah seorang komedian juga penulis memiliki gaya tersendiri dalam setiap cover buku yang ia tulis. Penggunaan nama hewan sebagai judul serta adanya ilustrasi visual sang penulis menjadikan cover buku memiliki ciri khas tersendiri yang secara desain komunikasi visual terdapat strategi personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna konotasi pada cover buku Koala Kumal. Penelitan deskriptif kualitatif ini memilih pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Manfaat penelitian diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dalam desain komunikasi visual khususnya mengenai semiotika, personal branding, serta retorika visual dalam mengkaji cover buku. Analisa dilakukan dengan menggunakan Triadik Sumbo Tinarbuko. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tanda verbal dan visual ilustrasi penulis memiliki makna konotasi image personal branding penulis dalam hal ini Raditya Dika. Dalam pembuatan tanda verbal pada cover buku, retorika visual juga hadir dalam upaya penyampaian pesan antara penulis dengan pembaca melalui pesan tanda verbal. Unsur kebaruan juga hadir dalam hal strategi personal branding yang digunakan penulis dengan menggunakan nama hewan serta ilustrasi visual penulis yang selalu terpajang pada cover buku karangan penulis. Yogyakarta xv, 88 hal.: ilus. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic retorika visual
koala kumal
Roland Barthes
semiotika
Raditya Dika
Novel
Buku
cover
NONE
spellingShingle retorika visual
koala kumal
Roland Barthes
semiotika
Raditya Dika
Novel
Buku
cover
NONE
BERLAND, Stanley Lucius
Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding
description Salah satu alasan cover buku dibuat adalah untuk membuat kemasan buku tersebut terlihat menarik. Raditya Dika adalah seorang komedian juga penulis memiliki gaya tersendiri dalam setiap cover buku yang ia tulis. Penggunaan nama hewan sebagai judul serta adanya ilustrasi visual sang penulis menjadikan cover buku memiliki ciri khas tersendiri yang secara desain komunikasi visual terdapat strategi personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna konotasi pada cover buku Koala Kumal. Penelitan deskriptif kualitatif ini memilih pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Manfaat penelitian diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dalam desain komunikasi visual khususnya mengenai semiotika, personal branding, serta retorika visual dalam mengkaji cover buku. Analisa dilakukan dengan menggunakan Triadik Sumbo Tinarbuko. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tanda verbal dan visual ilustrasi penulis memiliki makna konotasi image personal branding penulis dalam hal ini Raditya Dika. Dalam pembuatan tanda verbal pada cover buku, retorika visual juga hadir dalam upaya penyampaian pesan antara penulis dengan pembaca melalui pesan tanda verbal. Unsur kebaruan juga hadir dalam hal strategi personal branding yang digunakan penulis dengan menggunakan nama hewan serta ilustrasi visual penulis yang selalu terpajang pada cover buku karangan penulis.
format Tugas Akhir
author BERLAND, Stanley Lucius
author_facet BERLAND, Stanley Lucius
author_sort BERLAND, Stanley Lucius
title Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding
title_short Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding
title_full Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding
title_fullStr Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding
title_full_unstemmed Makna Konotasi Cover Buku Kumpulan Cerita Koala Kumal Bergaya Personal Branding
title_sort makna konotasi cover buku kumpulan cerita koala kumal bergaya personal branding
publisher Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36958
_version_ 1741200618080436225