Kepret Kamale

Kepret Kamale merupakan judul yang dipilih untuk karya tari ini. Kepret diambil dari nama gerak tari Jaipongan Jawa Barat yang menjadi objek pada karya tari ini. Kamale diambil dari bahasa sunda yang artinya kemana-mana. Maka jika digabungkan menjadi kepret yang kemana-mana. Gerak Kepret yang diambi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NARULITA, Dhea Indres
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Seni Tari Jurusan Tari FSP ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36962
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-36962
record_format oai_dc
spelling isilib-369622018-10-26T09:49:50Z Kepret Kamale NARULITA, Dhea Indres Koreografi Kelompok Studi Penciptaan Tari kepret Prodi S-1 Seni Tari Jurusan Tari FSP ISI Yogyakarta 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36962 ST.PCT/Nar/k/2017 Kepret Kamale merupakan judul yang dipilih untuk karya tari ini. Kepret diambil dari nama gerak tari Jaipongan Jawa Barat yang menjadi objek pada karya tari ini. Kamale diambil dari bahasa sunda yang artinya kemana-mana. Maka jika digabungkan menjadi kepret yang kemana-mana. Gerak Kepret yang diambil dari gerak tari Jaipongan Jawa Barat yang menjadi ciri khas tarian yang ada di Jawa Barat. Gerak Kepret ini divariasikan lalu dikembangkan dengan aspek waktu, ruang, dan tenaga. Sehingga menemukan teknik dan gerak yang baru. Karya ini menjadi sebuah karya tari berjenis kelompok. Akan tetapi tarian ini tetap akan diarahkan dan diorientasikan pada tari Jaipongan dan dipadukan dengan gerak Pop Danceseperti Waking dan K-pop (Koreanstyle) tetapi tetap berorientasikan pada gerak Kepretsesuai kemampuan penata. Karya tari ini menggunakan tujuh penari perempuan, tidak ada makna khusus dalam jumlah penari Kepret Kamale, penata hanya ingin mencoba dan membuat pola lantai yang bervariasi dengan menggunakan penari tujuh perempuan. Penari perempuan karena penata ingin memvisualisasikan gerakan kepret yang sudah divariasikan ke dalam ketubuhan penari perempuan karena ketubuhan perempuan lebih indah dan cocok untuk karya KepretKamale. Tipe tarian Kepret Kamale adalah studi dari gerak Kepret tari Jaipongan. Pencarian dan pengembangan gerak atau kemungkinankemungkinan dalam mengembangkan gerak tersebut, misalnya gerak Kepret pada umumnya digerakkan pada tangan lalu divariasikan ke bagian tubuh lainnya seperti kepala, bahu, dada, badan, lengan, pinggul, pantat dan kaki, maka akan menghasilkan teknik dan gerak yang baru. Selain itu penata mengembangkan gerak Kepret yang pada umumnya di dalam tari Jaipongan posisi tangan yang selalu diagonal, lurus ke samping kanan dan kiri atau menggunakan tangan satu. Penata kembangkan melalui ruang yang nantinya akan menghasilkan bentuk tangan gerak yang berbeda. Karya tari Kepret Kamale dipentaskan pada Proscenium stageInstitut Seni Indonesia Yogyakarta. Yogyakarta NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Koreografi Kelompok
Studi
Penciptaan Tari
kepret
NONE
spellingShingle Koreografi Kelompok
Studi
Penciptaan Tari
kepret
NONE
NARULITA, Dhea Indres
Kepret Kamale
description Kepret Kamale merupakan judul yang dipilih untuk karya tari ini. Kepret diambil dari nama gerak tari Jaipongan Jawa Barat yang menjadi objek pada karya tari ini. Kamale diambil dari bahasa sunda yang artinya kemana-mana. Maka jika digabungkan menjadi kepret yang kemana-mana. Gerak Kepret yang diambil dari gerak tari Jaipongan Jawa Barat yang menjadi ciri khas tarian yang ada di Jawa Barat. Gerak Kepret ini divariasikan lalu dikembangkan dengan aspek waktu, ruang, dan tenaga. Sehingga menemukan teknik dan gerak yang baru. Karya ini menjadi sebuah karya tari berjenis kelompok. Akan tetapi tarian ini tetap akan diarahkan dan diorientasikan pada tari Jaipongan dan dipadukan dengan gerak Pop Danceseperti Waking dan K-pop (Koreanstyle) tetapi tetap berorientasikan pada gerak Kepretsesuai kemampuan penata. Karya tari ini menggunakan tujuh penari perempuan, tidak ada makna khusus dalam jumlah penari Kepret Kamale, penata hanya ingin mencoba dan membuat pola lantai yang bervariasi dengan menggunakan penari tujuh perempuan. Penari perempuan karena penata ingin memvisualisasikan gerakan kepret yang sudah divariasikan ke dalam ketubuhan penari perempuan karena ketubuhan perempuan lebih indah dan cocok untuk karya KepretKamale. Tipe tarian Kepret Kamale adalah studi dari gerak Kepret tari Jaipongan. Pencarian dan pengembangan gerak atau kemungkinankemungkinan dalam mengembangkan gerak tersebut, misalnya gerak Kepret pada umumnya digerakkan pada tangan lalu divariasikan ke bagian tubuh lainnya seperti kepala, bahu, dada, badan, lengan, pinggul, pantat dan kaki, maka akan menghasilkan teknik dan gerak yang baru. Selain itu penata mengembangkan gerak Kepret yang pada umumnya di dalam tari Jaipongan posisi tangan yang selalu diagonal, lurus ke samping kanan dan kiri atau menggunakan tangan satu. Penata kembangkan melalui ruang yang nantinya akan menghasilkan bentuk tangan gerak yang berbeda. Karya tari Kepret Kamale dipentaskan pada Proscenium stageInstitut Seni Indonesia Yogyakarta.
format Tugas Akhir
author NARULITA, Dhea Indres
author_facet NARULITA, Dhea Indres
author_sort NARULITA, Dhea Indres
title Kepret Kamale
title_short Kepret Kamale
title_full Kepret Kamale
title_fullStr Kepret Kamale
title_full_unstemmed Kepret Kamale
title_sort kepret kamale
publisher Prodi S-1 Seni Tari Jurusan Tari FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36962
_version_ 1741200618680221696