Penerapan Relasi Mutual dan Faktor Manusia Dalam Perancangan Interior Stasiun Cirebon Prujakan
Stasiun Cirebon Prujakan salah satu stasiun besar di Kota Cirebon yang melayani pemberangkatan kereta api kelas ekonomi, menjadikanya titik awal sampai dan berangkat pengguna kereta api. Stasiun Cirebon Prujakan harus bisa memenuhi kebutuhan pengguna stasiun dengan standar pelayanan yang maksimal, d...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 DI Jur. Desain FSR ISI Yogayakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36971 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-36971 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-369712018-10-31T13:26:04Z Penerapan Relasi Mutual dan Faktor Manusia Dalam Perancangan Interior Stasiun Cirebon Prujakan HADI, Muhammad universal design mutual stasiun kereta Desain Interior Prodi S-1 DI Jur. Desain FSR ISI Yogayakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36971 DI/Had/p/2018 Stasiun Cirebon Prujakan salah satu stasiun besar di Kota Cirebon yang melayani pemberangkatan kereta api kelas ekonomi, menjadikanya titik awal sampai dan berangkat pengguna kereta api. Stasiun Cirebon Prujakan harus bisa memenuhi kebutuhan pengguna stasiun dengan standar pelayanan yang maksimal, dan mampu memfasilitasi kegiatan yang berlangsung di stasiun agar tercipta hubungan yang baik antara penyedia jasa dan pengguna stasiun. Sebuah Stasiun idealnya harus memenuhi standar yang diterbitkan oleh PT. KAI guna memberikan kenyamanan untuk calon penumpang kereta api. Stasiun Cirebon Prujakan saat ini belum cukup memenuhi standar jika dibandingkan dengan stasiun yang sekelas dengan Cirebon Prujakan. Pemberian fasilitas di Stasiun Cirebon Prujakan harus bisa mewadahi semua kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, faktor kemudahan aksesibilitas dan penyediaan fasilitas perlu diperhatikan. Perancangan kali ini menitikberatkan kepada faktor pelayanan dalam segi fasilitas untuk bisa memenuhi dan mewadahi semua kebutuhan fasilitas calon penumpang kereta api. Kemudahan akses juga perlu diperhatikan agar membantu pengguna dengan kebutuhan khusus untuk bisa mengakses stasiun dengan mudah. Penerapan dari konsep Universal Design digunakan dalam perancangan Stasiun Cirebon Prujakan. Universal Design dapat diartikan desain yang kegunaanya diperuntukan bagi semua orang, dalam cakupan yang seluas mungkin, tanpa memerlukan adaptasi berlebih dan desain khusus. Perancangan ini mengusung tema mutual artinya tentang hubungan timbal balik antara penyedia jasa dan pengguna stasiun. Dengan pengusungan konsep dan tema ini diharapkan mampu mewadahi semua kebutuhan dan aksesibilitas pengguna Stasiun Cirebon Prujakan Yogyakarta xii, 96 hal.: ilus.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
universal design mutual stasiun kereta Desain Interior NONE |
spellingShingle |
universal design mutual stasiun kereta Desain Interior NONE HADI, Muhammad Penerapan Relasi Mutual dan Faktor Manusia Dalam Perancangan Interior Stasiun Cirebon Prujakan |
description |
Stasiun Cirebon Prujakan salah satu stasiun besar di Kota Cirebon yang melayani pemberangkatan kereta api kelas ekonomi, menjadikanya titik awal sampai dan berangkat pengguna kereta api. Stasiun Cirebon Prujakan harus bisa memenuhi kebutuhan pengguna stasiun dengan standar pelayanan yang maksimal, dan mampu memfasilitasi kegiatan yang berlangsung di stasiun agar tercipta hubungan yang baik antara penyedia jasa dan pengguna stasiun. Sebuah Stasiun idealnya harus memenuhi standar yang diterbitkan oleh PT. KAI guna memberikan kenyamanan untuk calon penumpang kereta api. Stasiun Cirebon Prujakan saat ini belum cukup memenuhi standar jika dibandingkan dengan stasiun yang sekelas dengan Cirebon Prujakan. Pemberian fasilitas di Stasiun Cirebon Prujakan harus bisa mewadahi semua kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, faktor kemudahan aksesibilitas dan penyediaan fasilitas perlu diperhatikan. Perancangan kali ini menitikberatkan kepada faktor pelayanan dalam segi fasilitas untuk bisa memenuhi dan mewadahi semua kebutuhan fasilitas calon penumpang kereta api. Kemudahan akses juga perlu diperhatikan agar membantu pengguna dengan kebutuhan khusus untuk bisa mengakses stasiun dengan mudah. Penerapan dari konsep Universal Design digunakan dalam perancangan Stasiun Cirebon Prujakan. Universal Design dapat diartikan desain yang kegunaanya diperuntukan bagi semua orang, dalam cakupan yang seluas mungkin, tanpa memerlukan adaptasi berlebih dan desain khusus. Perancangan ini mengusung tema mutual artinya tentang hubungan timbal balik antara penyedia jasa dan pengguna stasiun. Dengan pengusungan konsep dan tema ini diharapkan mampu mewadahi semua kebutuhan dan aksesibilitas pengguna Stasiun Cirebon Prujakan |
format |
Tugas Akhir |
author |
HADI, Muhammad |
author_facet |
HADI, Muhammad |
author_sort |
HADI, Muhammad |
title |
Penerapan Relasi Mutual dan Faktor Manusia Dalam Perancangan Interior Stasiun Cirebon Prujakan |
title_short |
Penerapan Relasi Mutual dan Faktor Manusia Dalam Perancangan Interior Stasiun Cirebon Prujakan |
title_full |
Penerapan Relasi Mutual dan Faktor Manusia Dalam Perancangan Interior Stasiun Cirebon Prujakan |
title_fullStr |
Penerapan Relasi Mutual dan Faktor Manusia Dalam Perancangan Interior Stasiun Cirebon Prujakan |
title_full_unstemmed |
Penerapan Relasi Mutual dan Faktor Manusia Dalam Perancangan Interior Stasiun Cirebon Prujakan |
title_sort |
penerapan relasi mutual dan faktor manusia dalam perancangan interior stasiun cirebon prujakan |
publisher |
Prodi S-1 DI Jur. Desain FSR ISI Yogayakarta |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36971 |
_version_ |
1741200620172345344 |