Perancangan Komunikasi Visual “Beras Muncul" Cilamaya Kerawang
Minimnya kesadaran sebuah merek yang dimiliki masyarakat Cilamaya, membuat pemasaran Beras Muncul tidak berkembang. Rangkaian distribusi Beras Muncul memberikan dampak pada penghasilan para petani Cilamaya dan bakul Cilamaya yang tidak terlalu memberikan untung besar. Selain itu, Beras Muncul Cilama...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36972 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-36972 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-369722018-10-31T13:33:03Z Perancangan Komunikasi Visual “Beras Muncul" Cilamaya Kerawang MUGIRI, Anggana promosi desain kemasan brand awareness Komunikasi Visual DKV Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36972 DK/Mug/p/2018 Minimnya kesadaran sebuah merek yang dimiliki masyarakat Cilamaya, membuat pemasaran Beras Muncul tidak berkembang. Rangkaian distribusi Beras Muncul memberikan dampak pada penghasilan para petani Cilamaya dan bakul Cilamaya yang tidak terlalu memberikan untung besar. Selain itu, Beras Muncul Cilamaya tidak mempunyai citra di benak konsumen yang selama ini menikmati beras asli Cilamaya. Konsumen hanya mengenal merek produsen yang mereka beli di toko beras, minimarket ataupun supermarket. Fenomena ini menjadi dasar dalam pembuatan komunikasi visual untuk mengembalikan citra Karawang sebagai “Kota Padi" kembali. Proses perancangan ini dimulai dengan mendesain logo Beras Muncul sebagai awal pembentukan image, kemudian merancang desain kemasan Beras Muncul sebagai media utama. Media yang digunakan pada perancangan ini merupakan strategi untuk memperkuat brand positioning, dengan menciptakan brand awareness. Perancangan komunikasi visual Beras Muncul disampaikan dengan menggunakan pendekatan personifikasi bahwa Beras Muncul merupakan “Beras Jujur”. Kekuatan serta pengelolaan brand yang baik dan tepat pada Beras Muncul Cilamaya dengan gaya visual yang menyesuaikan zaman serta dikombinasikan dengan media promosi yang tepat, dapat menciptakan sebuah brand identity yang kuat, jelas dan terarah. Pembentukan brand positioning dan brand awareness Beras Muncul Cilamaya yang kuat di benak target audience, sehingga dapat mencapai ke tahap top of mind. Maka, tercipta ingatan yang kuat di benak audience identitas visual Beras Muncul sebagai beras asli Cilamaya. Yogyakarta xx, 103 hal.: ilus.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
promosi desain kemasan brand awareness Komunikasi Visual DKV NONE |
spellingShingle |
promosi desain kemasan brand awareness Komunikasi Visual DKV NONE MUGIRI, Anggana Perancangan Komunikasi Visual “Beras Muncul" Cilamaya Kerawang |
description |
Minimnya kesadaran sebuah merek yang dimiliki masyarakat Cilamaya, membuat pemasaran Beras Muncul tidak berkembang. Rangkaian distribusi Beras Muncul memberikan dampak pada penghasilan para petani Cilamaya dan bakul Cilamaya yang tidak terlalu memberikan untung besar. Selain itu, Beras Muncul Cilamaya tidak mempunyai citra di benak konsumen yang selama ini menikmati beras asli Cilamaya. Konsumen hanya mengenal merek produsen yang mereka beli di toko beras, minimarket ataupun supermarket. Fenomena ini menjadi dasar dalam pembuatan komunikasi visual untuk mengembalikan citra Karawang sebagai “Kota Padi" kembali. Proses perancangan ini dimulai dengan mendesain logo Beras Muncul sebagai awal pembentukan image, kemudian merancang desain kemasan Beras Muncul sebagai media utama. Media yang digunakan pada perancangan ini merupakan strategi untuk memperkuat brand positioning, dengan menciptakan brand awareness. Perancangan komunikasi visual Beras Muncul disampaikan dengan menggunakan pendekatan personifikasi bahwa Beras Muncul merupakan “Beras Jujur”. Kekuatan serta pengelolaan brand yang baik dan tepat pada Beras Muncul Cilamaya dengan gaya visual yang menyesuaikan zaman serta dikombinasikan dengan media promosi yang tepat, dapat menciptakan sebuah brand identity yang kuat, jelas dan terarah. Pembentukan brand positioning dan brand awareness Beras Muncul Cilamaya yang kuat di benak target audience, sehingga dapat mencapai ke tahap top of mind. Maka, tercipta ingatan yang kuat di benak audience identitas visual Beras Muncul sebagai beras asli Cilamaya. |
format |
Tugas Akhir |
author |
MUGIRI, Anggana |
author_facet |
MUGIRI, Anggana |
author_sort |
MUGIRI, Anggana |
title |
Perancangan Komunikasi Visual “Beras Muncul" Cilamaya Kerawang |
title_short |
Perancangan Komunikasi Visual “Beras Muncul" Cilamaya Kerawang |
title_full |
Perancangan Komunikasi Visual “Beras Muncul" Cilamaya Kerawang |
title_fullStr |
Perancangan Komunikasi Visual “Beras Muncul" Cilamaya Kerawang |
title_full_unstemmed |
Perancangan Komunikasi Visual “Beras Muncul" Cilamaya Kerawang |
title_sort |
perancangan komunikasi visual “beras muncul" cilamaya kerawang |
publisher |
Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36972 |
_version_ |
1741200620355846144 |