Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta

Rasa musikal tidak sejak lahir melainkan harus ditanamkan sejak dini, dilatih, dikembangkan hingga siswa paham estetika terhadap bunyi-bunyian. Elemenelemen musik yaitu ritme, melodi, tempo, dinamika, pitch, dan harmoni. Namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada ritme. Tempat penelitian ini di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATAMA, Galih Yoga
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36973
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Rasa musikal tidak sejak lahir melainkan harus ditanamkan sejak dini, dilatih, dikembangkan hingga siswa paham estetika terhadap bunyi-bunyian. Elemenelemen musik yaitu ritme, melodi, tempo, dinamika, pitch, dan harmoni. Namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada ritme. Tempat penelitian ini di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen (SDKE) Mangunan Yogyakarta yang ada permasalahan dalam penanaman rasa musikal masih kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan kendala-kendala dalam pembelajaran ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang mengikuti mata pelajaran musik pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mendapatkan solusi yang digunakan dalam pembelajaran ritme dalam mata pelajaran musik pendidikan dengan metode Dalcroze dan PAIKEM, yaitu menambahkan rasa musikalisasi siswa untuk memahami apa saja yang di sekitar mereka dengan cara yang musikal.