Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta

Rasa musikal tidak sejak lahir melainkan harus ditanamkan sejak dini, dilatih, dikembangkan hingga siswa paham estetika terhadap bunyi-bunyian. Elemenelemen musik yaitu ritme, melodi, tempo, dinamika, pitch, dan harmoni. Namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada ritme. Tempat penelitian ini di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATAMA, Galih Yoga
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36973
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-36973
record_format oai_dc
spelling isilib-369732018-10-31T13:40:02Z Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta PRATAMA, Galih Yoga Musik pendidikan ritme Pembelajaran Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36973 MS/Pra/p/2018 Rasa musikal tidak sejak lahir melainkan harus ditanamkan sejak dini, dilatih, dikembangkan hingga siswa paham estetika terhadap bunyi-bunyian. Elemenelemen musik yaitu ritme, melodi, tempo, dinamika, pitch, dan harmoni. Namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada ritme. Tempat penelitian ini di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen (SDKE) Mangunan Yogyakarta yang ada permasalahan dalam penanaman rasa musikal masih kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan kendala-kendala dalam pembelajaran ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang mengikuti mata pelajaran musik pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mendapatkan solusi yang digunakan dalam pembelajaran ritme dalam mata pelajaran musik pendidikan dengan metode Dalcroze dan PAIKEM, yaitu menambahkan rasa musikalisasi siswa untuk memahami apa saja yang di sekitar mereka dengan cara yang musikal. Yogyakarta xi, 65 hal.: ilus.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Musik pendidikan
ritme
Pembelajaran
NONE
spellingShingle Musik pendidikan
ritme
Pembelajaran
NONE
PRATAMA, Galih Yoga
Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta
description Rasa musikal tidak sejak lahir melainkan harus ditanamkan sejak dini, dilatih, dikembangkan hingga siswa paham estetika terhadap bunyi-bunyian. Elemenelemen musik yaitu ritme, melodi, tempo, dinamika, pitch, dan harmoni. Namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada ritme. Tempat penelitian ini di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen (SDKE) Mangunan Yogyakarta yang ada permasalahan dalam penanaman rasa musikal masih kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan kendala-kendala dalam pembelajaran ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang mengikuti mata pelajaran musik pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mendapatkan solusi yang digunakan dalam pembelajaran ritme dalam mata pelajaran musik pendidikan dengan metode Dalcroze dan PAIKEM, yaitu menambahkan rasa musikalisasi siswa untuk memahami apa saja yang di sekitar mereka dengan cara yang musikal.
format Tugas Akhir
author PRATAMA, Galih Yoga
author_facet PRATAMA, Galih Yoga
author_sort PRATAMA, Galih Yoga
title Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta
title_short Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta
title_full Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta
title_fullStr Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta
title_full_unstemmed Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta
title_sort pembelajaran ritme di sekolah dasar kanisius eksperimen mangunan yogyakarta
publisher Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36973
_version_ 1741200620541444096