Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta
Rasa musikal tidak sejak lahir melainkan harus ditanamkan sejak dini, dilatih, dikembangkan hingga siswa paham estetika terhadap bunyi-bunyian. Elemenelemen musik yaitu ritme, melodi, tempo, dinamika, pitch, dan harmoni. Namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada ritme. Tempat penelitian ini di...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36973 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-36973 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-369732018-10-31T13:40:02Z Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta PRATAMA, Galih Yoga Musik pendidikan ritme Pembelajaran Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36973 MS/Pra/p/2018 Rasa musikal tidak sejak lahir melainkan harus ditanamkan sejak dini, dilatih, dikembangkan hingga siswa paham estetika terhadap bunyi-bunyian. Elemenelemen musik yaitu ritme, melodi, tempo, dinamika, pitch, dan harmoni. Namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada ritme. Tempat penelitian ini di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen (SDKE) Mangunan Yogyakarta yang ada permasalahan dalam penanaman rasa musikal masih kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan kendala-kendala dalam pembelajaran ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang mengikuti mata pelajaran musik pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mendapatkan solusi yang digunakan dalam pembelajaran ritme dalam mata pelajaran musik pendidikan dengan metode Dalcroze dan PAIKEM, yaitu menambahkan rasa musikalisasi siswa untuk memahami apa saja yang di sekitar mereka dengan cara yang musikal. Yogyakarta xi, 65 hal.: ilus.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Musik pendidikan ritme Pembelajaran NONE |
spellingShingle |
Musik pendidikan ritme Pembelajaran NONE PRATAMA, Galih Yoga Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta |
description |
Rasa musikal tidak sejak lahir melainkan harus ditanamkan sejak dini, dilatih, dikembangkan hingga siswa paham estetika terhadap bunyi-bunyian. Elemenelemen musik yaitu ritme, melodi, tempo, dinamika, pitch, dan harmoni. Namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada ritme. Tempat penelitian ini di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen (SDKE) Mangunan Yogyakarta yang ada permasalahan dalam penanaman rasa musikal masih kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan kendala-kendala dalam pembelajaran ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang mengikuti mata pelajaran musik pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mendapatkan solusi yang digunakan dalam pembelajaran ritme dalam mata pelajaran musik pendidikan dengan metode Dalcroze dan PAIKEM, yaitu menambahkan rasa musikalisasi siswa untuk memahami apa saja yang di sekitar mereka dengan cara yang musikal. |
format |
Tugas Akhir |
author |
PRATAMA, Galih Yoga |
author_facet |
PRATAMA, Galih Yoga |
author_sort |
PRATAMA, Galih Yoga |
title |
Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta |
title_short |
Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta |
title_full |
Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta |
title_fullStr |
Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Pembelajaran Ritme di Sekolah Dasar Kanisius Eksperimen Mangunan Yogyakarta |
title_sort |
pembelajaran ritme di sekolah dasar kanisius eksperimen mangunan yogyakarta |
publisher |
Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=36973 |
_version_ |
1741200620541444096 |