Management Jogja Music School (Jms) Yogyakarta Pada Pembelajaran Kelas Gitar Dan Bass

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manajemen Jogja Music School (JMS) Yogyakarta pada pembelajaran kelas gitar dan bass yang meliputi: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian administrasi), actuating (pelaksanaan/penggerakan), dan controlling (pengawasan pelaksanaan, menilai pela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ALBAB, Kurnia Uli
Format: Tugas Akhir
Published: FSP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
bas
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=37515
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manajemen Jogja Music School (JMS) Yogyakarta pada pembelajaran kelas gitar dan bass yang meliputi: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian administrasi), actuating (pelaksanaan/penggerakan), dan controlling (pengawasan pelaksanaan, menilai pelaksanaan dan mengevaluasi). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi dengan cara membandingkan data dari hasil pengamatan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Jogja Music School (JMS) Yogyakarta pada pembelajaran kelas gitar dan bass sudah memenuhi empat fungsi manajemen yaitu mulai dari planning (perencanaan pembelajaran pada kelas gitar dan bass) yang meliputi: mengatur jadwal kursus, menyiapkan materi pembelajaran, dan meyiapkan media. Organizing (pengorganisasian administrasi pembelajaran pada kelas gitar dan bass), yang meliputi: perumusan tujuan, staffing, dan fasilitating. Actuating (pelaksanaan/penggerakan pembelajaran pada kelas gitar dan bass), yang meliputi: efisiensi, komunikasi, dan kompensasi atau penghargaan serta controlling (pengawasan pelaksanaan, menilai pelaksanaan dan mengevaluasi pembelajaran pada kelas gitar dan bass), yaitu pengawasan dilakukan oleh masing-masing pengajar atau instruktur kepada siswa melalui evaluasi setiap awal atau akhir pembelajaran.