Management Jogja Music School (Jms) Yogyakarta Pada Pembelajaran Kelas Gitar Dan Bass

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manajemen Jogja Music School (JMS) Yogyakarta pada pembelajaran kelas gitar dan bass yang meliputi: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian administrasi), actuating (pelaksanaan/penggerakan), dan controlling (pengawasan pelaksanaan, menilai pela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ALBAB, Kurnia Uli
Format: Tugas Akhir
Published: FSP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
bas
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=37515
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-37515
record_format oai_dc
spelling isilib-375152018-11-30T12:58:59Z Management Jogja Music School (Jms) Yogyakarta Pada Pembelajaran Kelas Gitar Dan Bass ALBAB, Kurnia Uli Manajemen bas Gitar Pembelajaran Jogja Music School (JMS) Yogyakarta FSP ISI Yogyakarta 2018 Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=37515 SDTM/Alb/m/2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manajemen Jogja Music School (JMS) Yogyakarta pada pembelajaran kelas gitar dan bass yang meliputi: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian administrasi), actuating (pelaksanaan/penggerakan), dan controlling (pengawasan pelaksanaan, menilai pelaksanaan dan mengevaluasi). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi dengan cara membandingkan data dari hasil pengamatan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Jogja Music School (JMS) Yogyakarta pada pembelajaran kelas gitar dan bass sudah memenuhi empat fungsi manajemen yaitu mulai dari planning (perencanaan pembelajaran pada kelas gitar dan bass) yang meliputi: mengatur jadwal kursus, menyiapkan materi pembelajaran, dan meyiapkan media. Organizing (pengorganisasian administrasi pembelajaran pada kelas gitar dan bass), yang meliputi: perumusan tujuan, staffing, dan fasilitating. Actuating (pelaksanaan/penggerakan pembelajaran pada kelas gitar dan bass), yang meliputi: efisiensi, komunikasi, dan kompensasi atau penghargaan serta controlling (pengawasan pelaksanaan, menilai pelaksanaan dan mengevaluasi pembelajaran pada kelas gitar dan bass), yaitu pengawasan dilakukan oleh masing-masing pengajar atau instruktur kepada siswa melalui evaluasi setiap awal atau akhir pembelajaran. Yogyakarta xvi, 94 hal.: ilus., lamp., 30 cm SDTM http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
topic Manajemen
bas
Gitar
Pembelajaran
Jogja Music School (JMS) Yogyakarta
SDTM
spellingShingle Manajemen
bas
Gitar
Pembelajaran
Jogja Music School (JMS) Yogyakarta
SDTM
ALBAB, Kurnia Uli
Management Jogja Music School (Jms) Yogyakarta Pada Pembelajaran Kelas Gitar Dan Bass
description Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manajemen Jogja Music School (JMS) Yogyakarta pada pembelajaran kelas gitar dan bass yang meliputi: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian administrasi), actuating (pelaksanaan/penggerakan), dan controlling (pengawasan pelaksanaan, menilai pelaksanaan dan mengevaluasi). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi dengan cara membandingkan data dari hasil pengamatan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Jogja Music School (JMS) Yogyakarta pada pembelajaran kelas gitar dan bass sudah memenuhi empat fungsi manajemen yaitu mulai dari planning (perencanaan pembelajaran pada kelas gitar dan bass) yang meliputi: mengatur jadwal kursus, menyiapkan materi pembelajaran, dan meyiapkan media. Organizing (pengorganisasian administrasi pembelajaran pada kelas gitar dan bass), yang meliputi: perumusan tujuan, staffing, dan fasilitating. Actuating (pelaksanaan/penggerakan pembelajaran pada kelas gitar dan bass), yang meliputi: efisiensi, komunikasi, dan kompensasi atau penghargaan serta controlling (pengawasan pelaksanaan, menilai pelaksanaan dan mengevaluasi pembelajaran pada kelas gitar dan bass), yaitu pengawasan dilakukan oleh masing-masing pengajar atau instruktur kepada siswa melalui evaluasi setiap awal atau akhir pembelajaran.
format Tugas Akhir
author ALBAB, Kurnia Uli
author_facet ALBAB, Kurnia Uli
author_sort ALBAB, Kurnia Uli
title Management Jogja Music School (Jms) Yogyakarta Pada Pembelajaran Kelas Gitar Dan Bass
title_short Management Jogja Music School (Jms) Yogyakarta Pada Pembelajaran Kelas Gitar Dan Bass
title_full Management Jogja Music School (Jms) Yogyakarta Pada Pembelajaran Kelas Gitar Dan Bass
title_fullStr Management Jogja Music School (Jms) Yogyakarta Pada Pembelajaran Kelas Gitar Dan Bass
title_full_unstemmed Management Jogja Music School (Jms) Yogyakarta Pada Pembelajaran Kelas Gitar Dan Bass
title_sort management jogja music school (jms) yogyakarta pada pembelajaran kelas gitar dan bass
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=37515
_version_ 1741200723542016000