Ngale

Kale merupakan salah satu jenis tabuh atau gending pada karawitan Bali. Tabuh ini sedikit berbeda dari jenis tabuh lainnya. Hal itu bisa didengar dan dilihat dari teknik permainannya yang sederhana, yaitu hanya menggunakan satu nada saja. Ketertarikan penulis terhadap jenis tabuh kale dikarenakan da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUBANDI, Putu Eman Sabudi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
PD/
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=38338
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-38338
record_format oai_dc
spelling isilib-383382018-12-04T09:31:23Z Ngale SUBANDI, Putu Eman Sabudi Karya pencon Ngale kale pengembangan aspek musikal FSP ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=38338 PD/Sub/n/2018 Kale merupakan salah satu jenis tabuh atau gending pada karawitan Bali. Tabuh ini sedikit berbeda dari jenis tabuh lainnya. Hal itu bisa didengar dan dilihat dari teknik permainannya yang sederhana, yaitu hanya menggunakan satu nada saja. Ketertarikan penulis terhadap jenis tabuh kale dikarenakan dalam tabuh ini hanya menggunakan satu nada saja. Dari kesederhanaan dan keunikan tabuh kale, penulis ingin memberi tawaran baru dengan mengambil ide kale kedalam bentuk komposisi musik etnis dengan pengembangan aspek musikal. Fenomena tersebut mengilhami penulis untuk mencoba mengeksplorasi konsep kale kedalam karya penciptaan musik etnis yang diberi judul Ngale. Metode penciptaan karya Ngale menggunakan teori Alma M. Hawkins. Teori tersebut meliputi tahap eksplorasi, improvisasi dan pembentukan. Selain teori Hawkins, pada proses pembentukan karya ini mencoba mengaplikasikan metode Karl-Edmund Prier SJ. Beberapa metode tersebut seperti pelebaran pola atau motif, penyempitan motif, pengurangan motif, kontrapung, pengolahan harmoni, kanon dsb, metode tersebut digunakan untuk memaksimalkan dalam proses pembentukan karya Ngale. Penambahan prefiks N- menjadi Ng- dalam istilah bahasa Bali menunjukan kalimat yang subjeknya melakukan suatu tindakan atau perbuatan. Dengan demikian, penambahan prefiks N- menjadi Ng- pada kata kale menunjukan subjek sedang melakukan aktivitas permainan tabuh kale. Aktivitas permainan tabuh kale dimaksudkan penulis untuk menunjukan bahwa karya ini bersumber dari tabuh kale. Karya Ngale menggunakan media gamelan bali. Media tersebut berbentuk pencon yang terdiri dari instrumen reyong semarpegulingan, trompong gong gede 5 nada, reyong gong gede 5 nada, gong, kempur dan kempli. Dari penerapan teori Prier dalam bukunya yang berjudul Ilmu Bentuk Musik sangat membantu penulis dalam tahapan atau langkah-langkah untuk membuat komposisi musik. Pada karya Ngale mencoba memaksimalkan sesuatu hal yang sederhana agar menjadi lebih kompleks. Yogyakarta xi, 68 hal.: ilus., lamp., PD/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Karya
pencon
Ngale
kale
pengembangan aspek musikal
PD/
spellingShingle Karya
pencon
Ngale
kale
pengembangan aspek musikal
PD/
SUBANDI, Putu Eman Sabudi
Ngale
description Kale merupakan salah satu jenis tabuh atau gending pada karawitan Bali. Tabuh ini sedikit berbeda dari jenis tabuh lainnya. Hal itu bisa didengar dan dilihat dari teknik permainannya yang sederhana, yaitu hanya menggunakan satu nada saja. Ketertarikan penulis terhadap jenis tabuh kale dikarenakan dalam tabuh ini hanya menggunakan satu nada saja. Dari kesederhanaan dan keunikan tabuh kale, penulis ingin memberi tawaran baru dengan mengambil ide kale kedalam bentuk komposisi musik etnis dengan pengembangan aspek musikal. Fenomena tersebut mengilhami penulis untuk mencoba mengeksplorasi konsep kale kedalam karya penciptaan musik etnis yang diberi judul Ngale. Metode penciptaan karya Ngale menggunakan teori Alma M. Hawkins. Teori tersebut meliputi tahap eksplorasi, improvisasi dan pembentukan. Selain teori Hawkins, pada proses pembentukan karya ini mencoba mengaplikasikan metode Karl-Edmund Prier SJ. Beberapa metode tersebut seperti pelebaran pola atau motif, penyempitan motif, pengurangan motif, kontrapung, pengolahan harmoni, kanon dsb, metode tersebut digunakan untuk memaksimalkan dalam proses pembentukan karya Ngale. Penambahan prefiks N- menjadi Ng- dalam istilah bahasa Bali menunjukan kalimat yang subjeknya melakukan suatu tindakan atau perbuatan. Dengan demikian, penambahan prefiks N- menjadi Ng- pada kata kale menunjukan subjek sedang melakukan aktivitas permainan tabuh kale. Aktivitas permainan tabuh kale dimaksudkan penulis untuk menunjukan bahwa karya ini bersumber dari tabuh kale. Karya Ngale menggunakan media gamelan bali. Media tersebut berbentuk pencon yang terdiri dari instrumen reyong semarpegulingan, trompong gong gede 5 nada, reyong gong gede 5 nada, gong, kempur dan kempli. Dari penerapan teori Prier dalam bukunya yang berjudul Ilmu Bentuk Musik sangat membantu penulis dalam tahapan atau langkah-langkah untuk membuat komposisi musik. Pada karya Ngale mencoba memaksimalkan sesuatu hal yang sederhana agar menjadi lebih kompleks.
format Tugas Akhir
author SUBANDI, Putu Eman Sabudi
author_facet SUBANDI, Putu Eman Sabudi
author_sort SUBANDI, Putu Eman Sabudi
title Ngale
title_short Ngale
title_full Ngale
title_fullStr Ngale
title_full_unstemmed Ngale
title_sort ngale
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=38338
_version_ 1741200880033595392