Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi

Batik Betawi merupakan sebuah bentuk kerajinan yang berasal dari etnis Betawi, batik ini memiliki nilai sejarah, budaya dan filosofi. Batik Betawi telah melewati masa naik turun dalam sejarahnya. Komunitas Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) sebagai pelestari budaya Betawi terus berupaya memunculkan sem...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIZKY, Muhammad
Format: Tugas Akhir
Published: FSR ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=38430
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-38430
record_format oai_dc
spelling isilib-384302018-12-05T11:05:09Z Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi RIZKY, Muhammad awareness sosial media Digital Campign batik Betawi Kebudayaan FSR ISI Yogyakarta 2018 Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=38430 DK/Riz/p/2018 Batik Betawi merupakan sebuah bentuk kerajinan yang berasal dari etnis Betawi, batik ini memiliki nilai sejarah, budaya dan filosofi. Batik Betawi telah melewati masa naik turun dalam sejarahnya. Komunitas Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) sebagai pelestari budaya Betawi terus berupaya memunculkan semangat para pengrajin muda, ditengah usaha tersebut akhirnya muncul inisiatif untuk membuat Keluarga Batik Betawi (KBB). Namun penikmat dari batik ini belum meluas dan hanya pada lingkaran sekitar komunitasnya. Padahal masyarakat di kota Jakarta sebaiknya memiliki pengetahuan mengenai batik ini. Diluar dampak positif kemajuan internet, mudahnya akses informasi tentang budaya dan refrensi dari luar juga membuat para generasi muda di Jakarta tidak memiliki kesadaraan dan rasa ingin tahu terhadap kebudayaan mereka. Judul perancangan ini adalah “Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi” dengan tujuan untuk memunculkan kembali atensi, ketertarikan dan menyebarkan keberadaan batik Betawi khususnya kepada masyarakat dengan usia produktif di kota Jakarta. Dengan memanfaatkan media internet, instagram dan fitur didalamnya sebagai media utama perancangan digital campaign, dilengkapi dengan poster digital dan barang produksi sebagai media pendukung. Metode mengumpulkan data melalui literasi, wawancara, observasi dan dokumentasi yang relevan dari berbagai sumber, Ragam konten informatif yang telah dirancang memberikan tema dan pengetahuan yang berbeda seputar batik Betawi dan kebudayaan Betawi untuk menghindari feed Instagram yang monoton. Kemudian dengan mengunggah konten informatif yang menarik, konsisten, melakukan promosi dan keberadaan media pendukung lainnya membuat secara perlahan awareness masyarakat terhadap akun media sosial Kenal Nyok ini semakin meluas. Yogyakarta xviii, 112 hal.: ilus., lamp. 30 cm S1/DK/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
topic awareness
sosial media
Digital Campign
batik Betawi
Kebudayaan
S1/DK/
spellingShingle awareness
sosial media
Digital Campign
batik Betawi
Kebudayaan
S1/DK/
RIZKY, Muhammad
Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi
description Batik Betawi merupakan sebuah bentuk kerajinan yang berasal dari etnis Betawi, batik ini memiliki nilai sejarah, budaya dan filosofi. Batik Betawi telah melewati masa naik turun dalam sejarahnya. Komunitas Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) sebagai pelestari budaya Betawi terus berupaya memunculkan semangat para pengrajin muda, ditengah usaha tersebut akhirnya muncul inisiatif untuk membuat Keluarga Batik Betawi (KBB). Namun penikmat dari batik ini belum meluas dan hanya pada lingkaran sekitar komunitasnya. Padahal masyarakat di kota Jakarta sebaiknya memiliki pengetahuan mengenai batik ini. Diluar dampak positif kemajuan internet, mudahnya akses informasi tentang budaya dan refrensi dari luar juga membuat para generasi muda di Jakarta tidak memiliki kesadaraan dan rasa ingin tahu terhadap kebudayaan mereka. Judul perancangan ini adalah “Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi” dengan tujuan untuk memunculkan kembali atensi, ketertarikan dan menyebarkan keberadaan batik Betawi khususnya kepada masyarakat dengan usia produktif di kota Jakarta. Dengan memanfaatkan media internet, instagram dan fitur didalamnya sebagai media utama perancangan digital campaign, dilengkapi dengan poster digital dan barang produksi sebagai media pendukung. Metode mengumpulkan data melalui literasi, wawancara, observasi dan dokumentasi yang relevan dari berbagai sumber, Ragam konten informatif yang telah dirancang memberikan tema dan pengetahuan yang berbeda seputar batik Betawi dan kebudayaan Betawi untuk menghindari feed Instagram yang monoton. Kemudian dengan mengunggah konten informatif yang menarik, konsisten, melakukan promosi dan keberadaan media pendukung lainnya membuat secara perlahan awareness masyarakat terhadap akun media sosial Kenal Nyok ini semakin meluas.
format Tugas Akhir
author RIZKY, Muhammad
author_facet RIZKY, Muhammad
author_sort RIZKY, Muhammad
title Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi
title_short Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi
title_full Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi
title_fullStr Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi
title_full_unstemmed Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi
title_sort perancangan digital campaign sebagai strategi peningkatan awareness terhadap batik betawi
publisher FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=38430
_version_ 1741200897603534848