Kibas Rumbai
Kibas Rumbai merupakan judul dari karya tari ini. Kibas adalahgerakan yang dilakukan oleh penari dengan mengayun-ayunkan beberapaanggota tubuh seperti kepala, badan, tangan, dan kaki yang digerakan secarabergantian tetapi tidak dilakukan berurutan. Sedangkan Rumbai ialah kostumyang pada tarian aslin...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi Tari Jurusan Tari FSP ISI Yogyakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39486 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-39486 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-394862019-01-25T10:41:20Z Kibas Rumbai TRIYANI, Nabila Nyidok, Ngedok, Studi, Koreografi Kelompok Prodi Tari Jurusan Tari FSP ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39486 ST.PCT/Tri/k/2018 Kibas Rumbai merupakan judul dari karya tari ini. Kibas adalahgerakan yang dilakukan oleh penari dengan mengayun-ayunkan beberapaanggota tubuh seperti kepala, badan, tangan, dan kaki yang digerakan secarabergantian tetapi tidak dilakukan berurutan. Sedangkan Rumbai ialah kostumyang pada tarian aslinya terbuat dari daun pisang yang dipotong kurang lebihdua atau tiga jari tangan. Namun pada karya ini penata menggunakan daunGajeh sebagai bahan kostum yang penata kembangkan.Judul karya tari di atas merupakan ide yang berasal dari tari HudoqKayoq oleh masyarakat suku Dayak Bahau di Kalimantan Timur yangmenjadi sumber inspirasi penata. Tari Hudoq Kayoq ini bertujuan memintaperlindungan Tuhan Yang Maha Esa agar tanaman padi mereka terlindungdari serangan binatang yang dianggap sebagai hama berbahaya sepertiMonyet, Babi, Tikus serta binatang perusak lainnya. Tari Hudoq biasanyadigelar dilapangan atau sawah yang akan ditanami padi. Tari inimenggunakan ritme musik cukup tinggi dengan para penari Hudoqmelakukan gerakan Nyidok dan Ngedok.Pada karya tari ini, Nyidok dan Ngedok menjadi sumber dasar gerakyang penata gunakan sebagai langkah awal ekplorasi menemukan gerakgerakyang kemudian dikembangkan melalui ruang,waktu, dan tenaga. Karyatari ini bertipe studi yang artinya memfokuskan pada gerak berbatas danspesifik karena tari studi menekankan pada terwujudnya sebuah kompleksitasgerak yang khas. Penari pada karya ini, penata menggunakan 3 penari lakilakidan 3 penari perempuan dengan jumlah keseluruhan 6 penari dalambentuk koreografi kelompok. Alasan perbedaan jenis kelamin untuk karya inipenata membuat inovasi yang sedikit berbeda dari tari hiburan pada biasanya. Yogyakarta, FSP ISI Yogyakarta xii + 126 hal.; ilus.: 30 cm ST.PCT/Tri/k/2018 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Nyidok, Ngedok, Studi, Koreografi Kelompok ST.PCT/Tri/k/2018 |
spellingShingle |
Nyidok, Ngedok, Studi, Koreografi Kelompok ST.PCT/Tri/k/2018 TRIYANI, Nabila Kibas Rumbai |
description |
Kibas Rumbai merupakan judul dari karya tari ini. Kibas adalahgerakan yang dilakukan oleh penari dengan mengayun-ayunkan beberapaanggota tubuh seperti kepala, badan, tangan, dan kaki yang digerakan secarabergantian tetapi tidak dilakukan berurutan. Sedangkan Rumbai ialah kostumyang pada tarian aslinya terbuat dari daun pisang yang dipotong kurang lebihdua atau tiga jari tangan. Namun pada karya ini penata menggunakan daunGajeh sebagai bahan kostum yang penata kembangkan.Judul karya tari di atas merupakan ide yang berasal dari tari HudoqKayoq oleh masyarakat suku Dayak Bahau di Kalimantan Timur yangmenjadi sumber inspirasi penata. Tari Hudoq Kayoq ini bertujuan memintaperlindungan Tuhan Yang Maha Esa agar tanaman padi mereka terlindungdari serangan binatang yang dianggap sebagai hama berbahaya sepertiMonyet, Babi, Tikus serta binatang perusak lainnya. Tari Hudoq biasanyadigelar dilapangan atau sawah yang akan ditanami padi. Tari inimenggunakan ritme musik cukup tinggi dengan para penari Hudoqmelakukan gerakan Nyidok dan Ngedok.Pada karya tari ini, Nyidok dan Ngedok menjadi sumber dasar gerakyang penata gunakan sebagai langkah awal ekplorasi menemukan gerakgerakyang kemudian dikembangkan melalui ruang,waktu, dan tenaga. Karyatari ini bertipe studi yang artinya memfokuskan pada gerak berbatas danspesifik karena tari studi menekankan pada terwujudnya sebuah kompleksitasgerak yang khas. Penari pada karya ini, penata menggunakan 3 penari lakilakidan 3 penari perempuan dengan jumlah keseluruhan 6 penari dalambentuk koreografi kelompok. Alasan perbedaan jenis kelamin untuk karya inipenata membuat inovasi yang sedikit berbeda dari tari hiburan pada biasanya. |
format |
Tugas Akhir |
author |
TRIYANI, Nabila |
author_facet |
TRIYANI, Nabila |
author_sort |
TRIYANI, Nabila |
title |
Kibas Rumbai |
title_short |
Kibas Rumbai |
title_full |
Kibas Rumbai |
title_fullStr |
Kibas Rumbai |
title_full_unstemmed |
Kibas Rumbai |
title_sort |
kibas rumbai |
publisher |
Prodi Tari Jurusan Tari FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39486 |
_version_ |
1741201098071343104 |