Obah Mosik
Istilah kata obah mosik sebagai judul, memiliki makna yang sama dengan perubahan. Di dalam karya tari yang diciptakan, perubahan yang dimaksud terdapat pada gerak lampah macak yang ada pada Reog Prajuritan. Reog Prajuritan tersebut mengimitasi gerak lampah macak yang ada pada sepuluh prajurit kraton...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39521 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Istilah kata obah mosik sebagai judul, memiliki makna yang sama dengan perubahan. Di dalam karya tari yang diciptakan, perubahan yang dimaksud terdapat pada gerak lampah macak yang ada pada Reog Prajuritan. Reog Prajuritan tersebut mengimitasi gerak lampah macak yang ada pada sepuluh prajurit kraton, seperti Prajurit Nyutro, Prajurit Wirobrojo, Prajurit Dhaeng, Prajurit Patangpuluh, Prajurit Jogokaryo, Prajurit Prawirotomo, Prajurit Ketanggung, Prajurit Mantrijero, Prajurit Bugis, dan Prajurit Surokarso. Ada perbedaan antara gerak lampah macak yang ada pada Reog Prajuritan dan gerak lampah macak yang ada pada sepuluh prajurit kraton. Perubahan ini disebabkan karena orang-orang yang berada di luar kerajaan ini mengimitasi gerak lampah macak prajurit kraton dengan kemampuan yang mereka miliki, sehingga gerak yang muncul menjadi berbeda dengan gerak lampah macak yang dimiliki sepuluh prajurit kraton. Tari Reog Prajuritan sebagai inspirasi karya tari yang diciptakan, berawal dari ketertarikan saat melihat Reog Prajuritan di Gunungkidul, di dalam tari Reog Prajuritan ada empat bagian yaitu kolosal (semua penari Reog Prajuritan menari bersama), jaranan, prajuritan, bregada dan memiliki beberapa properti yang digunakan seperti tombak, pedang, jaran kepang, dan payung. Dalam setiap bagian selalu dominan dengan gerak lampah macak yang sederhana kemudian gerakan itu dilakukan secara berulang-ulang atau disebut monoton, namun motif gerak tersebut sangat menarik untuk dikembangkan. Pada karya tari Obah Mosik yang diciptakan digarap dengan koreografi kelompok dengan enam penari laki-laki, lampah macak menjadi sumber utama untuk menciptakan gerak dan pengembangannya, di dalam lampah macak juga terdapat beberapa esensi, yaitu gerak pengulangan dan ayunan, pengembangan dan esensi ini divisualisasikan kedalam tubuh penari menjadi empat bagian, yaitu kepala, badan, tangan, dan kaki. Dalam karya tari yang diciptakan ini tidak memakai properti. MelaluI karya yang diciptakan ini diharapkan muncul generasi-generasi muda untuk dapat melestarikan kesenian rakyat dan terus berkarya. |
---|