Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela
Provinsi Maluku sebagai salah satu daerah di Indonesia memiliki suatu kesenian musik yang khas. Apresiasi terhadap kesenian musik khas daerah merupakan sikap positif dan konstruktif. Apresiasi tersebut ditunjukan oleh salah satu putra daerah Maluku yaitu Christian Izaac Tamaela dengan menggali dan m...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39528 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-39528 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-395282019-01-29T10:27:49Z Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela TAMAELA, Hennils tradisi Maluku Seni Musik komposisi FSP ISI Yk. 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39528 MS/Tam/e/2018 Provinsi Maluku sebagai salah satu daerah di Indonesia memiliki suatu kesenian musik yang khas. Apresiasi terhadap kesenian musik khas daerah merupakan sikap positif dan konstruktif. Apresiasi tersebut ditunjukan oleh salah satu putra daerah Maluku yaitu Christian Izaac Tamaela dengan menggali dan mengolah unsur-unsur khas pada musik Maluku. Kemudian diwujudkan dalam sebuah komposisi untuk paduan suara, salah satunya lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya. Penelitan ini bertujuan untuk mencari cara komposer menciptakan lagunya, latar belakang komposer dan analisis bentuk. Berdasarkan analisis yang dilakukan melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, ditemukan berbagai unsur yang merupakakan bagian dari ciri khas kedaerahan yang dimuat dalam lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa komposer menggunakan gaya bernyanyi silabis, neumatic, melismatic. Dalam lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya terdapat kata taka dan dong. Kata taka dan dong merupakan kata abstrak yang tidak memiliki arti, yang disebut dengan istilah nonlexical syllables. Kata taka dan dong didapatkan oleh komposer melalui proses peniruan bunyi (onomatope) dari alat musik tradisional Maluku, yaitu tifa dan gong totobuang. Pola ritmis dan ekspresi tepuk tangan diadopsi dari tradisi musik dan konteks budaya Maluku. Dalam karya tulis ini disimpulkan bahwa Christian Izaac Tamaela menciptakan lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya dalam kerangka musik Barat berdasarkan konteks unsur-unsur musik tradisi Maluku. Yogyakarta x, 68 hal.: not., lamp.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
tradisi Maluku Seni Musik komposisi NONE |
spellingShingle |
tradisi Maluku Seni Musik komposisi NONE TAMAELA, Hennils Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela |
description |
Provinsi Maluku sebagai salah satu daerah di Indonesia memiliki suatu kesenian musik yang khas. Apresiasi terhadap kesenian musik khas daerah merupakan sikap positif dan konstruktif. Apresiasi tersebut ditunjukan oleh salah satu putra daerah Maluku yaitu Christian Izaac Tamaela dengan menggali dan mengolah unsur-unsur khas pada musik Maluku. Kemudian diwujudkan dalam sebuah komposisi untuk paduan suara, salah satunya lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya. Penelitan ini bertujuan untuk mencari cara komposer menciptakan lagunya, latar belakang komposer dan analisis bentuk. Berdasarkan analisis yang dilakukan melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, ditemukan berbagai unsur yang merupakakan bagian dari ciri khas kedaerahan yang dimuat dalam lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa komposer menggunakan gaya bernyanyi silabis, neumatic, melismatic. Dalam lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya terdapat kata taka dan dong. Kata taka dan dong merupakan kata abstrak yang tidak memiliki arti, yang disebut dengan istilah nonlexical syllables. Kata taka dan dong didapatkan oleh komposer melalui proses peniruan bunyi (onomatope) dari alat musik tradisional Maluku, yaitu tifa dan gong totobuang. Pola ritmis dan ekspresi tepuk tangan diadopsi dari tradisi musik dan konteks budaya Maluku. Dalam karya tulis ini disimpulkan bahwa Christian Izaac Tamaela menciptakan lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya dalam kerangka musik Barat berdasarkan konteks unsur-unsur musik tradisi Maluku. |
format |
Tugas Akhir |
author |
TAMAELA, Hennils |
author_facet |
TAMAELA, Hennils |
author_sort |
TAMAELA, Hennils |
title |
Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela |
title_short |
Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela |
title_full |
Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela |
title_fullStr |
Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela |
title_full_unstemmed |
Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela |
title_sort |
ekspresi musik etnis maluku pada lagu toki gong sambil menari, haleluyakarya christian izaac tamaela |
publisher |
FSP ISI Yk. |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39528 |
_version_ |
1741201106071977984 |