Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela

Provinsi Maluku sebagai salah satu daerah di Indonesia memiliki suatu kesenian musik yang khas. Apresiasi terhadap kesenian musik khas daerah merupakan sikap positif dan konstruktif. Apresiasi tersebut ditunjukan oleh salah satu putra daerah Maluku yaitu Christian Izaac Tamaela dengan menggali dan m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: TAMAELA, Hennils
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39528
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-39528
record_format oai_dc
spelling isilib-395282019-01-29T10:27:49Z Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela TAMAELA, Hennils tradisi Maluku Seni Musik komposisi FSP ISI Yk. 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39528 MS/Tam/e/2018 Provinsi Maluku sebagai salah satu daerah di Indonesia memiliki suatu kesenian musik yang khas. Apresiasi terhadap kesenian musik khas daerah merupakan sikap positif dan konstruktif. Apresiasi tersebut ditunjukan oleh salah satu putra daerah Maluku yaitu Christian Izaac Tamaela dengan menggali dan mengolah unsur-unsur khas pada musik Maluku. Kemudian diwujudkan dalam sebuah komposisi untuk paduan suara, salah satunya lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya. Penelitan ini bertujuan untuk mencari cara komposer menciptakan lagunya, latar belakang komposer dan analisis bentuk. Berdasarkan analisis yang dilakukan melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, ditemukan berbagai unsur yang merupakakan bagian dari ciri khas kedaerahan yang dimuat dalam lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa komposer menggunakan gaya bernyanyi silabis, neumatic, melismatic. Dalam lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya terdapat kata taka dan dong. Kata taka dan dong merupakan kata abstrak yang tidak memiliki arti, yang disebut dengan istilah nonlexical syllables. Kata taka dan dong didapatkan oleh komposer melalui proses peniruan bunyi (onomatope) dari alat musik tradisional Maluku, yaitu tifa dan gong totobuang. Pola ritmis dan ekspresi tepuk tangan diadopsi dari tradisi musik dan konteks budaya Maluku. Dalam karya tulis ini disimpulkan bahwa Christian Izaac Tamaela menciptakan lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya dalam kerangka musik Barat berdasarkan konteks unsur-unsur musik tradisi Maluku. Yogyakarta x, 68 hal.: not., lamp.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic tradisi Maluku
Seni Musik
komposisi
NONE
spellingShingle tradisi Maluku
Seni Musik
komposisi
NONE
TAMAELA, Hennils
Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela
description Provinsi Maluku sebagai salah satu daerah di Indonesia memiliki suatu kesenian musik yang khas. Apresiasi terhadap kesenian musik khas daerah merupakan sikap positif dan konstruktif. Apresiasi tersebut ditunjukan oleh salah satu putra daerah Maluku yaitu Christian Izaac Tamaela dengan menggali dan mengolah unsur-unsur khas pada musik Maluku. Kemudian diwujudkan dalam sebuah komposisi untuk paduan suara, salah satunya lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya. Penelitan ini bertujuan untuk mencari cara komposer menciptakan lagunya, latar belakang komposer dan analisis bentuk. Berdasarkan analisis yang dilakukan melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, ditemukan berbagai unsur yang merupakakan bagian dari ciri khas kedaerahan yang dimuat dalam lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa komposer menggunakan gaya bernyanyi silabis, neumatic, melismatic. Dalam lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya terdapat kata taka dan dong. Kata taka dan dong merupakan kata abstrak yang tidak memiliki arti, yang disebut dengan istilah nonlexical syllables. Kata taka dan dong didapatkan oleh komposer melalui proses peniruan bunyi (onomatope) dari alat musik tradisional Maluku, yaitu tifa dan gong totobuang. Pola ritmis dan ekspresi tepuk tangan diadopsi dari tradisi musik dan konteks budaya Maluku. Dalam karya tulis ini disimpulkan bahwa Christian Izaac Tamaela menciptakan lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluya dalam kerangka musik Barat berdasarkan konteks unsur-unsur musik tradisi Maluku.
format Tugas Akhir
author TAMAELA, Hennils
author_facet TAMAELA, Hennils
author_sort TAMAELA, Hennils
title Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela
title_short Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela
title_full Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela
title_fullStr Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela
title_full_unstemmed Ekspresi Musik Etnis Maluku Pada Lagu Toki Gong Sambil Menari, Haleluyakarya Christian Izaac Tamaela
title_sort ekspresi musik etnis maluku pada lagu toki gong sambil menari, haleluyakarya christian izaac tamaela
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39528
_version_ 1741201106071977984