“Peresean”

Karya ini merupakan pengalaman penulis yang terinspirasi dari tradisi turun temurun suku Sasak yakni Peresean. Peresean sendiri merupakan pertarungan antara dua petarung (pepadu) yang bersenjatakan sebilah rotan (penjalin) dan kulit yang tebal sebagai perisai (ende) dengan dipimpin oleh tiga orang w...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSANTO, Edi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39540
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-39540
record_format oai_dc
spelling isilib-395402019-01-29T15:07:57Z “Peresean” SUSANTO, Edi ekplorasi bunyi Etnomusikologi komposisi musik etnis FSP ISI Yk. 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39540 EG/Sus/p/2018 Karya ini merupakan pengalaman penulis yang terinspirasi dari tradisi turun temurun suku Sasak yakni Peresean. Peresean sendiri merupakan pertarungan antara dua petarung (pepadu) yang bersenjatakan sebilah rotan (penjalin) dan kulit yang tebal sebagai perisai (ende) dengan dipimpin oleh tiga orang wasit (pekembar). Dalam prosesi pertempuran Peresean sendiri banyak bunyi-bunyi unik yang tidak beraturan keluar dari suara ende dan penjalin, bunyi tersebut diekplorasi ke dalam komposisi musik etnis disatu sisi Peresean memiliki musik gamelan kodeq yang berfungsi sebagai musik pengiring. Tujuan dari karya ini untuk mengetahui bagaimana bentuk komposisi musik etnis dalam tradisi Peresean. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya ini adalah pertama melalui tahapan rangsangan awal kemudian pemunculan ide, eksplorasi, improvisasi,kreatifitas, bentuk, pembentukan Peresean dalam komposisi musik dan penyajian. Bentuk musik dalam komposisi Peresean termasuk dalam golongan sekar gendhing. Sebuah gendhing terdiri dari beberapa kalimat lagu, dan setiap kalimat lagu diambil dari cerita-cerita rakyat tekait tradisi Peresean. Karya Peresean terdiri dari tujuh orang pemain yang diantara berfungsi sebagai vocal. Yogyakarta xi, 61 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic ekplorasi bunyi
Etnomusikologi
komposisi musik etnis
NONE
spellingShingle ekplorasi bunyi
Etnomusikologi
komposisi musik etnis
NONE
SUSANTO, Edi
“Peresean”
description Karya ini merupakan pengalaman penulis yang terinspirasi dari tradisi turun temurun suku Sasak yakni Peresean. Peresean sendiri merupakan pertarungan antara dua petarung (pepadu) yang bersenjatakan sebilah rotan (penjalin) dan kulit yang tebal sebagai perisai (ende) dengan dipimpin oleh tiga orang wasit (pekembar). Dalam prosesi pertempuran Peresean sendiri banyak bunyi-bunyi unik yang tidak beraturan keluar dari suara ende dan penjalin, bunyi tersebut diekplorasi ke dalam komposisi musik etnis disatu sisi Peresean memiliki musik gamelan kodeq yang berfungsi sebagai musik pengiring. Tujuan dari karya ini untuk mengetahui bagaimana bentuk komposisi musik etnis dalam tradisi Peresean. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya ini adalah pertama melalui tahapan rangsangan awal kemudian pemunculan ide, eksplorasi, improvisasi,kreatifitas, bentuk, pembentukan Peresean dalam komposisi musik dan penyajian. Bentuk musik dalam komposisi Peresean termasuk dalam golongan sekar gendhing. Sebuah gendhing terdiri dari beberapa kalimat lagu, dan setiap kalimat lagu diambil dari cerita-cerita rakyat tekait tradisi Peresean. Karya Peresean terdiri dari tujuh orang pemain yang diantara berfungsi sebagai vocal.
format Tugas Akhir
author SUSANTO, Edi
author_facet SUSANTO, Edi
author_sort SUSANTO, Edi
title “Peresean”
title_short “Peresean”
title_full “Peresean”
title_fullStr “Peresean”
title_full_unstemmed “Peresean”
title_sort “peresean”
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39540
_version_ 1741201108146061312